10 Nama Anak Artis Indonesia yang Unik dan Populer, Maknanya Bagus!

Ada yang kejawa-jawaan hingga keinggris-inggrisan, siapa saja ya mereka?

30 Maret 2022

10 Nama Anak Artis Indonesia Unik Populer, Makna Bagus
Instagram.com/airrumiakbar1453 & samuel_zylgwyn

Para orangtua akan memberikan nama terbaik untuk anak-anaknya, termasuk para artis. Bahkan, beberapa dari mereka memilih nama yang unik hingga tak ada yang menyamainya. Hal ini membuat nama si Anak menjadi populer dan sering diperbincangkan. 

Banyak sekali warganet yang memuji keindahan dari nama tersebut, namun tak sedikit yang kesulitan untuk mengingat dan mengucapkannya. 

Selain itu, di samping nama yang bagus, para artis juga tak melupakan makna dan arti yang baik dari nama si Kecil. Sebab, nama merupakan doa dan harapan yang diberikan oleh orangtua pada si anak. Nggak mungkin dong demi nama yang terlihat unik orangtua rela memberi si Anak nama yang buruk?

Nah, kira-kira siapa ya anak artis yang memiliki nama unik dan populer? Cobalah simak rangkuman Popmama.com berikut ini terkait 10 anak artis yang memiliki nama unik dan populer

1. Aiko Phoenix Dactylifera

1. Aiko Phoenix Dactylifera
Instagram.com/audiekaukiaiko

Pada Juni 2021, komedian Wendy Cagur dan Ayu Natasya dikaruniai anak ketiga yang berjenis kelamin perempuan. Putri kecilnya ini diberi nama unik yakni Aiko Phoenix Dactylifera. Di balik nama ini ada arti dan makna yang begitu indah lho, Ma.

Nama ‘Aiko’ merupakan gabungan dari Ayu dan Armoko (Nama belakang Wendy). Di samping itu, dalam Bahasa Jepang Aiko berarti anak yang penuh kasih sayang.

Sedangkan dua nama terakhir, ‘Phoenix Dactylifera’ merupakan bahasa latin pohon kurma. Wendy memberikan nama ini karena pohon kurma sangat bermanfaat untuk manusia, dari daun hingga buahnya. Ia pun ingin Aiko bisa menjadi seseorang seperti filosofi pohon kurma tersebut. 

Jadi, secara keseluruhan Aiko Phoenix Dactylifera berarti anak apa Wendy dan Mama Ayu yang penuh kasih sayang dan bermanfaat untuk orang sekitar.

2. Zylvechia Ecclesie Heckenbucker

2. Zylvechia Ecclesie Heckenbucker
Instagram.com/samuel_zylgwyn

Putri dari pasangan artis Samuel Zylgwyn dan Franda lahir pada 29 April 2018, ia diberi nama Zylvechia Ecclesie Heckenbucker. Namanya unik ya, Ma.

Nama indah ‘Zylvechia’ ternyata diambil dari kata ‘Zyl’ dari nama Papa Samuel yakni Zylgwyn dan ‘Ecclesia’ yang artinya gereja, umat pilihan Tuhan.

Kemudian, untuk nama tengah ‘Ecclesie’ berasal dari ayat khotbah ‘Ecclesiastes’. Sementara nama terakhirnya yakni ‘Heckenbucker’ diambil dari  nama belakang Papa Samuel.

3. Badha Banyugeni

3. Badha Banyugeni
Instagram.com/peonyandherself

Kunto Aji resmi menikah dengan Dewi Syariati pada 6 Desember 2015. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 9 November 2016, keduanya memiliki seorang anak lelaki yang diberi nama Badha Banyugeni.

Nama terakhir sang anak yang sangat unik ini sempat menjadi perbincangan netizen. Ternyata, nama ‘Banyugeni’ merupakan gabungan dua kata yang berasal dari Bahasa Jawa, yaitu ‘banyu’ dan ‘geni’ yang artinya air dan api.

Melalui nama tersebut, Kunto Aji dan Dewi berharap putranya bisa menjadi elemen penting dalam kehidupan manusia.

4. Kinasih Menyusuri Bumi

4. Kinasih Menyusuri Bumi
Instagram.com/fiersabesari

Satu tahun yang lalu, penyanyi top Indonesia Fiersa Bestari dan sang istri, Aqia Nurfadla baru saja memiliki momongan. Pada 16 Februari 2021 keduanya mengumumkan memiliki anak perempuan yang diberi nama Kinasih Menyusuri Bumi.

Sejak pengumuman tersebut, nama anak Fiersa dan Aqia ini sangat mencuri perhatian masyarakat. Sebab, sangat unik, kental akan tema Indonesia dan indie. 

Berdasarkan penuturan Fiersa, ‘Kinasih’ diambil dari rumah yang bertuliskan 'Kinasih' yang berada di Jl. Pelanduk, Bandung. Saat pertama kali sang istri melihatnya, ia langsung menyukai nama tersebut.

Kemudian, ia mencari arti nama tersebut dan menjadi semakin suka. Alhasil keduanya memutuskan untuk menggunakan nama tersebut untuk putri sulungnya. 

Sedangkan Fiersa sendiri ingin sekali anaknya memiliki nama 'Suri'. Akhirnya terpilihlah Menyusuri dan  diakhiri dengan ‘Bumi’ karena kedua pasangan ini suka sekali traveling. 

Nama yang bertema keindonesiaan ini ternyata benar-benar Indonesia banget lho, Ma. Sebab, semua nama tersebut ada dalam KBBI. 

Jika dibedah, kata 'Kinasih' berarti sangat dikasihi, sementara 'Menyusuri' berarti menelusuri atau mengikuti (jejak, kehidupan, dan sebagainya). Sedangkan 'Bumi' berarti tempat manusia hidup, jagat.

Editors' Picks

5. Air Rumi Akbar 1453

5. Air Rumi Akbar 1453
Instagram.com/airrumiakbar1453

Anak Irish Bella dan Ammar Zoni, Air Rumi Akbar 1453 sering kali menarik perhatian publik karena sangat menggemaskan. Selain itu, ia pun memiliki nama unik dengan angka dibelakangnya. Hal ini bukanlah sesuatu yang dipilih secara asal oleh kedua pasangan selebriti ini.

Dijelaskan oleh Ammar Zoni, nama 'Air' diberikan agar kelak sang Anak bisa menjadi sumber kehidupan bagi semua orang layaknya keberadaan air. Lalu, nama 'Rumi' berasal dari tokoh yang diidolakan Ammar Zoni karena syair-syair indahnya, ia adalah Sufi Jalaluddin Rumi. 

Sedangkan 'Akbar' diambil dari Bahasa Arab yang artinya maha besar dan angka '1453' di paling belakang adalah tahun di mana Muhammad Al-Fatih menaklukkan Kota Konstantinopel yang saat ini dikenal dengan negara Turki.

6. Anaku Aksara Biru dan Anaku Tarisma Jingga

6. Anaku Aksara Biru Anaku Tarisma Jingga
Instagram.com/andienaisyah

Penyanyi Indonesia Andini Aisyah Haryadi atau yang lebih dikenal dengan Andien kini telah memiliki dua orang anak. Kedua anaknya memiliki nama yang unik lho, Ma. Mereka adalah Anaku Aksara Biru dan Anaku Tarisma Jingga. 

Nama 'Anaku' berasal dari kata dalam bela diri karate yang artinya cahaya atau kedamaian dari Selatan. Dengan nama ini, Andien ingin kedua anaknya menjadi sumber kebahagiaan untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

Kemudian, kata 'Aksara' diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya cahaya dan 'Biru' diambil dari warna chakra di tenggorokan yang memiliki arti selalu berbicara jujur dan benar.

Sementara anak keduanya memiliki nama tengah 'Tarisma' yang merupakan gabungan dari dua nama yakni Talisman dan Karisma. Talisman merupakan bahasa Inggris yang artinya kekuatan yang membawa keberuntungan dan Karisma berasal dari bahasa Yunani yang berarti karunia.

Di akhir nama, anak kedua Andien pun diberi nama warna yakni 'Jingga', warna chakra yang melambangkan emosional, sensualitas, dan kreativitas.

7. Alinea Ava Nasution dan Aksara Asa Nasution

7. Alinea Ava Nasution Aksara Asa Nasution
Instagram.com/anissaaziza

Raditya Dika dan Annisa Aziza kini telah memiliki dua anak, satu perempuan dan satu laki-laki. Kedua anaknya tersebut memiliki inisial nama yang sama yakni 'AAN', diawali dengan huruf A, dilanjut dengan huruf A, dan diakhiri dengan huruf N. 

Sebagai seorang penulis, Papa Radit menamai putri pertamanya Alinea Ava Nasution. Nama 'Alinea' dalam KBBI berarti paragraf, kumpulan tulisan yang menyatakan gagasan, ide, atau buah pikiran seseorang.

Kemudian, nama tengah 'Ava' diambil dari Bahasa Yunani yang artinya perempuan pertama. Sementara 'Nasution' merupakan marga keluarga dari Papa Raditya Dika yang berdarah Batak.

Sedangkan anak kedua Papa Radit dan Mama Annisa diberi nama  Aksara Asa Nasution. Secara harfiah 'Aksara' bermakna huruf, sedangkan dalam istilah Linguistik 'Aksara' juga berarti sistem yang digunakan manusia untuk berkomunikasi.

Sementara 'Asa' dalam bahasa Indonesia berarti harapan atau semangat dan 'Nasution' di akhir nama adalah marga dari pihak Papa Radit.

8. Surinala Caroline Jarumilind

8. Surinala Caroline Jarumilind
Instagram.com/chicco.jerikho

Aktor Chicco Jerikho dan Putri Marino resmi menjadi orangtua pada 24 September 2018 lalu. Saat itu keduanya dikaruniai seorang putri bernama Surinala Caroline Jarumilind. Namanya unik dan indah ya, Ma. Namun artinya tak kalah bermakna lho. 

Kata 'Suri' dalam bahasa Persia memiliki arti bunga mawar merah atau putri dan 'Nala' dalam bahasa Jawa berarti Jantung Hati (Heart). Jika digabung, Surinala berarti anak perempuan yang memiliki hati seindah bunga mawar. 

Sementara 'Carolina' merupakan Bahasa Portugis yang artinya tumbuh dewasa, sedangkan dalam Bahasa Perancis, 'Carolina' berarti lagu kebahagiaan. Terakhir, 'Jarumilind' adalah nama keluarga dari pihak papa Chicco Jerikho.

9. Dia Sekala Bumi

9. Dia Sekala Bumi
Instagram.com/ayudiac

Putra semata wayang Ditto Percussion dan Ayudia memiliki nama unik yakni Dia Sekala Bumi. Untaian nama yang indah ini ternyata memiliki makna yang sangat mendalam.

Berawal dari kata 'Dia' yang merupakan gabungan dari nama ‘Ditto-Ayudia’, kemudian kata 'Sekala Bumi' yang berarti selalu membumi. Secara keseluruhan, lelaki yang akrab disapa Sekala ini memiliki nama bermakna anak Ditto dan Ayu yang terus berjalan dan selalu membumi.

10. Sky Tierra Solana dan Snow Auror Arashi

10. Sky Tierra Solana Snow Auror Arashi
Instagram.com/ernestprakasa

Komika, penulis dan sutradara film ternama Ernest Prakasa dan sang istri Meira Anastasia telah memiliki dua orang anak. Kedua anaknya memiliki nama unik yakni Sky Tierra Solana dan Snow Auror Arashi.

Ernest menuturkan nama putri pertamanya Sky Tierra Solana memiliki arti Langit, Bumi, Matahari. Ketiganya diambil dari bahasa berbagai negara. 

'Sky' yang berasal dari bahasa Inggris berarti langit, 'Tierra' dalam bahasa Spanyol artinya bumi, dan 'Salona' pun berasal dari bahasa Spanyol artinya cahaya matahari. Ketiga kata tersebut dipilih oleh Ernest tanpa alasan tertentu. 

Sedangkan nama anak keduanya yakni Snow Auror Arashi. Kata 'Snow' dalam bahasa Inggris berarti salju, di mana Ernest sangat memimpikan hal itu sedari dulu dan baru terwujud ketika usianya 31 tahun. Jadi, Ernest ingin anak keduanya sebagai pengingat bahwa mewujudkan mimpi tidaklah mustahil.

Sementara nama ‘Auror’ dipilih karena Papa Ernest dan Mama Meira adalah pengagum Harry Potter dan dunianya. Di Hogwarts, Auror adalah para penyihir yang melindungi manusia dari pasukan jahat. Maka, keduanya ingin sang Anak menjadi cahaya yang menerangi kegelapan.

Kemudian, diakhiri dengan nama 'Arashi' yang diambil dalam bahasa Jepang berarti badai. Papa Ernest dan Mama Meira ingin anaknya kuat laksana amukan angin.

Nah itulah nama-nama anak artis Indonesia yang unik, populer, dan memiliki makna indah. Kira-kira nama anak artis siapa nih yang paling Mama suka?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk