Si Paling Tangguh, 7 Karakteristik Remaja dengan Shio Ular

Paling tangguh dan cepat bangkit dalam menghadapi kegagalan

26 September 2021

Si Paling Tangguh, 7 Karakteristik Remaja Shio Ular
Freepik

Ular menempati posisi keenam dalam zodiak Cina atau Shio. Setiap tahunnya kita terkait dengan hewan zodiak Cina yang memiliki siklus 12 tahun, dan tahun Ular termasuk, 1917, 1929, 1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001, 2013, 2025, dst.

Dalam budaya Cina, Ular adalah hewan paling misterius di antara 12 hewan zodiak. Remaja yang lahir di tahun Ular dianggap memiliki karakteristik yang paling intuitif.

Tak hanya itu, ada beberapa karakteristik remaja dengan Shio Ular lainnya yang bisa Mama ketahui. Apa saja karakteristiknya?

Yuk simak informasi kepribadian dan karakter Shio Ular yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini ya!

Karakteristik Shio Ular Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Ular Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam teori elemen Cina, setiap tanda zodiak dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen, seperti Emas (Logam), Kayu, Air, Api, dan Tanah. Misalnya, Ular Kayu datang sekali dalam jangka periode 60 tahun.

Diteorikan bahwa karakteristik seseorang dapat ditentukan oleh tanda dan elemen Shio tahun kelahiran mereka. Jadi ada lima jenis Shio Ular yang masing-masing dengan karakteristik yang berbeda. Berikut adalah karakteristik remaja dengan Shio Ular berdasarkan lima elemennya:

Jenis ElemenTahun kelahiranKarakteristik
Ular Api18 Februari 1977 – 6 Februari 1978Cerdas, berwawasan luas, komunikatif, aktif, dan menyukai pusat perhatian
Ular Tanah6 Februari 1989 – 26 Januari 1990Tenang, pengendalian diri yang kuat, tidak sabaran, dan cukup rajin dalam bekerja
Ular Logam24 Januari 2001 – 11 Februari 2002Bertekad, berani, percaya diri, mampu, dan terlahir sebagai pemimpin
Ular Air10 Februari 2013 – 30 Januari 2014Pintar, kreatif, lincah, dan komunikatif, dan sentimental
Ular Kayu29 Januari 2025 – 16 Februari 2026Tertib, cerdas, menghargai orang lain, dan memiliki selera yang halus

Setelah mengetahui karakteristik anak berdasarkan lima elemen shionya, sekarang lihat lebih mendalam yuk bagaimana karakteristik anak remaja dengan Shio Ular secara umum di bawah ini!

1. Cepat bangkit dari kegagalan

1. Cepat bangkit dari kegagalan
Freepik/Cookie-studio

Seperti yang Mama ketahui, hewan ular melewati umur panjang dan akan mendapatkan kehidupan baru setiap kali berganti kulit. Kualitas khusus semacam ini adalah simbol dari regenerasi yang kuat dari remaja yang lahir di Tahun Ular, dan ia dapat dengan cepat bangkit kembali setelah setiap kegagalan.

Secara tradisional, masyarakat Tiongkok percaya bahwa mereka yang lahir di musim semi dan musim panas adalah yang terbaik, sementara mereka yang lahir di musim dingin relatif tenang dan patuh karena musim dingin adalah waktu hibernasi ular.

Sehingga, remaja perempuan yang menawan dan pria yang berpikiran kuat lahir di tahun ular.

2. Memiliki sifat yang berbeda dari yang biasanya terlihat

2. Memiliki sifat berbeda dari biasa terlihat
Freepik/Drobotdean

Remaja dengan Shio Ular mungkin terlihat tegas, tetapi sebenarnya ia memiliki hati yang paling lembut. Selain itu, anak memilih untuk terlihat tegas dan garang hanya sebagai caranya untuk melindungi diri sendiri.

Tak hanya itu saja, anak seringkali menunjukkan dirinya yang tampak sangat kuat, tetapi sebenarnya ia yang paling rentan. Anak seringkali menunjukkan kekonyolannya hingga mungkin dianggap bodoh, tetapi sebenarnya adalah seseorang yang sangat bijaksana.

Selain itu, dibalik sikapnya yang pemarah, remaja bershio Ular sangat berhati-hati.

Editors' Picks

3. Pemikirannya terhadap seseorang dan sesuatu sangat kuat

3. Pemikiran terhadap seseorang sesuatu sangat kuat
Pexels/Max Fischer

Anak yang lahir di Tahun Ular lebih suka bertindak berdasarkan penilaiannya untuk berkomunikasi secara terbuka dengan orang lain. Secara alami, anak mudah curiga. Namun ia menyembunyikan kecurigaan dan rahasianya jauh di lubuk hati paling dalam. 

Pemikirannya terhadap seseorang atau sesuatu sangatlah kuat, dan bisa bertahan sampai dewasa nanti. Inilah yang membuatnya lebih suka percaya pada pemikirannya sendiri daripada menerima nasihat orang lain.

Selain itu, ketika anak bertekad untuk melakukan sesuatu, ia tidak akan ragu.

4. Punya kebaikan yang tersimpan, namun jarang ditunjukkan

4. Pu kebaikan tersimpan, namun jarang ditunjukkan
Pexels/Katerina Holmes

Kualitas anak yang paling positif terletak pada kebaikannya. Umumnya, anak dengan Shio Ular sangat baik, tetapi tidak pernah menunjukkan kebaikannya dengan mudah.

Hal ini juga sesuai dengan sikapnya yang mungkin tampak tidak ramah, namun sebenarnya ia humoris dan mampu membuat dirinya sendiri bahagia meskipun hanya memiliki beberapa teman di sekitar.

Karakteristiknya tersebut membuat orang lain merasa bahwa anak bershio Ular kuat secara "mental". Tetapi selera humornya juga yang membuat anak mendapatkan cinta dari orang lain.

5. Memiliki tanggung jawab yang kuat dan tujuan yang jelas

5. Memiliki tanggung jawab kuat tujuan jelas
Freepik

Ketika menghadapi gangguan dan kesulitan, remaja dengan Shio Ular sering berperan sebagai tulang punggung, yang artinya ia dapat bertanggung jawab dengan tenang dalam mengatasi setiap kegagalan.

Anak memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan tujuan yang jelas. Cita-cita luhur dan keunggulan alami dari dalam diri memungkinkannya mencapai puncak karir di masa depan.

Berdasarkan karakteristik ini, anak bisa menjadi seorang filsuf, teolog, peneliti, politisi, atau pemikir yang paling mendalam.

6. Tangguh saat melewati masa-masa sulit

6. Tangguh saat melewati masa-masa sulit
Pexels/Julia M Cameron

Dari semua hewan dalam Zodiak Cina, remaja yang lahir di Tahun Ular adalah yang paling intuitif, meskipun ia tetap paling tertutup dan pendiam. Menariknya, anak memiliki karakteristik yang tangguh saat melewati masa kesulitannya, karena ia memilih untuk menyelesaikannya sendiri.

Sayangnya, sifat ini seringkali membuat anak membutuhkan waktu berhari-hari untuk pulih dari peristiwa traumatis. Jika anak mama tampak stres luar biasa, yang terbaik adalah memberinya ruang dan waktu sendiri untuk kembali normal.

7. Selalu ingin terlihat kuat, sehingga segan untuk meminta bantuan orang lain

7. Selalu ingin terlihat kuat, sehingga segan meminta bantuan orang lain
Pexels/Max Fischer

Poin terberat dari remaja dengan Shio Ular adalah ketidakkonsistenannya, dan ia selalu menjaga hati yang waspada di balik penampilan yang tenang.

Ia selalu ingin tampil kuat sehingga berusaha untuk tidak meminta bantuan orang lain.

Oleh karena itu, sulit bagi anak untuk mempertahankan persahabatan untuk waktu yang lama, dan membuka hatinya untuk orang lain.

Selain itu, beberapa anak yang lahir di tahun ini juga seringkali bertindak lambat atau malas, tetapi ini tidak mencerminkan pemikiran deduktif dan tindakannya yang cepat.

Itulah beberapa karakteristik remaja dengan Shio Ular yang perlu Mama ketahui. Namun tak lupa juga bahwa karakteristik seorang anak tidak hanya ditentukan dari tahun kelahirannya saja, tapi juga dari bimbingan orangtua, nilai moral dan budaya yang ditanamkan, lingkungan, dan sekolah.

Sehingga jadikanlah karakteristik dari Shio ini hanya sebagai referensi untuk mengenal kepribadian anak lebih dalam, atau untuk menambah pengetahuan Mama tentang Shio Ular. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.