Paling Kekinian, 10 Rekomendasi Spot Foto Instagramable di Jakarta

Berfoto sambil refreshing di tengah padatnya ibu kota

6 November 2021

Paling Kekinian, 10 Rekomendasi Spot Foto Instagramable Jakarta
Unsplash/Syahril Fadillah

Berburu lokasi foto adalah salah satu kegiatan populer bagi para remaja di Jakarta. Selain sebagai hobi, mengambil foto sekarang digunakan sebagai ajang unjuk penampilan di media sosial agar tampil kekinian.

Di Jakarta, kamu juga bisa menemukan spot foto yang bernuansa kebudayaan hingga modern. Tak hanya untuk foto OOTD, mencari spot foto yang instagramable juga biasanya dibutuhkan untuk kegiatan khusus, seperti foto kelulusan, foto keluarga, foto untuk kompetisi, dan lain-lain.

Kalau kamu sedang  mencari lokasi menarik untuk berfoto di Jakarta, berikut ini Popmama.com akan memberikan 10 rekomendasi spot foto instagramable di Jakarta.Yuk simak!

1. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno

1. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno
Pinterest.com/xoxo, sнαя

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Gelora Bung Karno yang satu ini.

Karena jembatan ini tak hanya berfungsi sebagai jembatan saja lho, melainkan juga bisa menjadi spot foto berkonsep city landscape yang menarik. Salah satu jembatan termewah di Jakarta ini akan membuatmu merasa sedang memasuki lorong waktu ke masa depan.

Desain jembatan memiliki tema urban futuristik dengan hiasan lampu warna-warni. Jika kamu dan keluarga atau teman-teman ingin mengabadikan foto keren di lokasi ini, kamu dapat mengunjunginya pada malam hari ketika lampu jembatan mulai menyala. 

Jika kamu tertarik untuk berfoto di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Gelora Bung Karno, kunjungi Jl. Jend. Sudirman No.52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

2. Kali Besar Timur

2. Kali Besar Timur
hipwee.com

Kawasan Kota Tua banyak menyimpan spot foto yang bisa kamu coba bersama keluarga. Selain di Museum Fatahillah, kamu dapat mengunjungi area Kali Besar Timur di Taman Fatahillah, Kota Tua yang bisa menjadi lokasi foto menarik dan natural.

Tak hanya berfoto di pinggiran kali dan jembatan, bagian tengah kali terdapat spot yang bisa dijadikan latar foto yang memperlihatkan keindahan Kota Tua. Di sini kamu bisa mengambil foto OOTD kasual atau street photography yang menarik. 

Jika kamu tertarik untuk berfoto di Kali Besar Timur, kunjungi Kawasan Kota Tua yang terdapat di Jalan Pintu Besar Utara Nomer 27, RT 07/ RW 07, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta

3. Lapangan Banteng

3. Lapangan Banteng
kfmap.asia

Bagi kamu yang sedang mencari spot foto yang menonjolkan pemandangan kota Jakarta yang modern, taman Lapangan Banteng bisa menjadi lokasi yang tepat untuk dipilih.

Taman kota satu ini merupakan salah satu yang terbesar di Jakarta dengan berbagai spot yang bagus sebagai latar foto bernuansa urban.

Mulai dari lapangan beton yang luas, area monumen, hingga air mancur yang indah di malam hari. Lokasi ini bisa menjadi tempat foto yang sempurna jika dilakukan saat weekday karena cenderung sedang sepi dan minim pengunjung. 

Jika kamu tertarik untuk berfoto di Lapangan Banteng, kunjungi Jl. Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta 10710, Indonesia

4. MoJA Museum

4. MoJA Museum
idxchannel.com

Jika kamu ingin berfoto sambil bermain sepatu roda, kunjungi lokasi spot foto ini dengan tema retro dan futuristik yaitu MoJA museum.

Spot foto yang juga merupakan lintasan sepatu roda ini memiliki berbagai instalasi yang beraneka ragam. Mulai dari ruangan yang dipenuhi dengan lampu neon, ruangan pelangi, ruangan yang dibentuk seperti dapur colorful, dan masih banyak lagi. 

Selain bermain sepatu roda di MoJA museum, kamu juga mengunjungi MoJA by Feelings yang merupakan museum instalasi foto dengan berbagai tema. Kamu dan keluarga atau teman-teman bisa hunting foto dengan berbagai pose sepuasnya di Museum MoJA.

Setelah puas mengambil foto, ada toko souvenir yang bisa kamu kunjungi untuk belanja. 

Jika kamu tertarik untuk berfoto di MoJA museum, kunjungi Gelora Bung Karno Sports Complex, Main Stadium, Jl. Gerbang Pemuda No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

Editors' Picks

5. Pantai Pasir Putih PIK 2

5. Pantai Pasir Putih PIK 2
pantainesia.com

Tahukah kamu ada pantai baru di Jakarta yang bisa menjadi spot foto instagramable? Yup, Pantai Pasir Putih PIK 2 yang terletak Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, dapat kamu kunjungi sambil refreshing.

Semenjak dibuka pada tahun 2020, pantai ini menjadi salah satu pilihan tempat berlibur dan bersantai untuk wisatawan. Walaupun di sini kamu tidak bisa berenang di pantainya, kamu bisa menikmati berfoto a la piknik di pasir putihnya yang bersih.

Tak hanya itu saja, di pinggir pantai juga tersedia wisata kuliner yang menyediakan beragam pilihan makanan. Selain itu kawasan ini juga dilengkapi dengan sejumlah sarana pelengkap seperti area parkir, musala, toilet umum, dan live music.

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

6. Pelabuhan Sunda Kelapa
translogtoday.com

Jika kamu dan teman-teman ingin berfoto dengan mengusung tema vintage, kamu bisa mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang sudah beroprasi sejak masa kerajaan Tarumanegara.

Di lokasi ini banyak deretan kapal phinisi yang sedang diparkir, sehingga bisa jadi spot foto yang instagramable. Selain itu, datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa ini juga tidak dipungut biaya sepeserpun lho, alias gratis.

Jika kamu tertarik untuk berfoto di Pelabuhan Sunda Kelapa, kunjungi Jalan Maritim Raya no.8 Jakarta Utara 14430

7. Rumah Akar

7. Rumah Akar
Pegipegi.com

Rumah Akar adalah salah satu spot foto di Jakarta yang terkenal sebagai lokasi foto untuk prewedding dan photoshoot bertemakan konsep vintage hingga gothic yang kelam. 

Sesuai dengan namanya, rumah kuno bergaya kolonial ini memiliki arsitektur alami yang natural, dan memiliki akar yang tumbuh sampai menyelimuti hampir sebagian besar tembok dalam rumah. Rumah Akar ini berlokasi di Kota Tua, yang dikenal memiliki banyak spot foto menarik bernuansa kuno.

Dari luar, penampakan akarnya tidak akan terlihat, namun, ketika kamu memasuki rumah, akar memenuhi bagian tembok dan memberikan kesan artistik.

Jika kamu tertarik untuk berfoto di Rumah Akar, kunjungi Jl. Kali Besar Timur 4 No.36, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

    8. Stasiun MRT

    8. Stasiun MRT
    Coconuts.co

    Stasiun MRT menjadi salah satu spot foto yang terbilang baru di Jakarta. Ketika kamu mengunjungi Stasiun MRT yang berlokasi di kawasan Sudirman-MH Thamrin ini bersama keluarga atau teman-teman untuk berfoto, kamu akan merasakan layaknya berfoto di luar negeri.

    Stasiun MRT ini bisa menjadi tempat foto yang menarik sambil menunggu kereta MRT datang. Mengambil foto saat berada di dalam MRT juga bisa memberikan latar foto yang natural dengan konsep candid yang keren.

    Foto yang diambil akan tampak seperti di luar negeri jika diambil waktu stasiun sedang sepi. 

    Jika kamu tertarik untuk berfoto di Stasiun MRT, kunjungi Kebon Melati, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta

    9. Taman Impian Jaya Ancol

    9. Taman Impian Jaya Ancol
    Unsplash/Syahril Fadillah

    Mungkin kamu dan keluarga atau teman-teman sudah tak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, bukan? Yup, Taman Impian Jaya Ancol atau Ancol Dreamland ini terletak di kawasan Jakarta Utara. Tempat ini menawarkan obyek-obyek hiburan menarik.

    Dilengkapi dengan lapangan golf,taman hiburan,hotel, fasilitas rekreasi lainnya yang layak untuk dikunjungi. Ancol ini tak hanya terkenal akan berbagai wahananya saja yang menarik, tetapi juga memiliki banyak spot foto yang instagramable.

    Seperti di jembatan cinta ancol, di Dunia Fantasi, atau di pantainya yang terdapat secara terpisah. 

    Jika kamu tertarik untuk berfoto di Kali Besar Timur, kunjungi  Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

    10. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

    10. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk
    tripadvisor.co.id

    Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk yang berada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara ini cocok jadi tempat spot foto dan refreshing sejenak dari sibuknya aktivitas ibu kota.

    Ada banyak hal menarik yang bisa kamu dan keluarga atau teman-teman dijelajahi di Taman Wisata Alam ini, mulai dari jembatan gantung di tengah hutan bakau, jembatan pantau, wisata air, hingga pondok kemah yang disediakan untuk wisatawan yang hendak bermalam. 

    Jika kamu tertarik untuk berfoto di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, kunjungi Jl. Garden House No.4, RT.8/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470.

    Nah itulah beberapa rekomendasi spot foto instagramable di Jakarta. Sebelum menentukan lokasi, ada baiknya kamu dan keluarga atau teman-teman memilih konsep foto yang diinginkan. Kemudian pilih lokasi yang sesuai dengan konsep fotonya deh!

    Selamat mencoba!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk