10 Spot Foto Instagramable di Solo yang Wajib Dikunjungi

Kental dengan kebudayaan, di Solo juga banyak spot foto yang bisa kamu kunjungi lho!

13 November 2021

10 Spot Foto Instagramable Solo Wajib Dikunjungi
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki segalanya untuk menarik wisatawan. Karena kota ini masih kental dengan budaya adat Jawa, dan sangat memegang teguh tradisi keraton Surakarta.

Inilah yang membuat Solo memiliki potensi wisata alam, budaya, kuliner dan sejarah yang patut kamu dan keluarga kunjungi ketika berlibur ke Solo. Karena beragamnya tempat wisata di sini, membuat Solo juga memiliki spot-spot foto yang instagramable.

Jika kamu tertarik berkunjung ke Solo, penting untuk mengetahui spot foto mana saja yang paling tepat untuk memotret momen yang menjadi kenang-kenangan.

Berikut ini Popmama.com akan membahas 10 spot foto instagramable di Solo yang wajib dikunjungi. Yuk simak daftarnya!

1. Bendungan Colo

1. Bendungan Colo
klaseman-sukoharjo.desa.id

Ketika mendengar tentang bendungan, tentu kamu tak akan mengira bahwa ada bendungan yang instagramable, bukan?

Namun jangan salah, Bendungan Colo di Sukoharjo ini memiliki perbedaan yang membuatmu perlu datang ke sini, yaitu susunan beton-beton pemecah arus yang simetris dan tertata amat rapi.

Saat hujan dan air melimpah di Sungai Bengawan Solo, beton pemecah arus ini berfungsi efektif untuk menahan dan memecah derasnya arus sehingga tidak terlalu berbahaya. Namun saat musim kering, beton-beton tersebut menjadi spot yang keren untuk dijadikan tempat berfoto.

Bendungan Colo ini juga menawarkan pemandangan yang alami. Bahkan di dekat bendungan terdapat taman dengan pohon-pohon rindang yang bisa digunakan untuk bersantai. 

Lokasi Bendungan Colo ini terletak di, Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. 

2. Benteng Vastenburg

2. Benteng Vastenburg
wisatasoloraya.com

Jika kamu suka mengumpulkan foto-foto bergaya old school maka tak ada salahnya mengunjungi Benteng Vastenburg untuk mengambil foto di bangunan yang bergaya vintage ini. Spot foto di Solo ini bisa dimasukkan dalam daftar rekomendasi tempat wisata sejarah yang klasik.

Karena pohon-pohon yang rimbun di sekitar benteng yang dibangun sejak tahun 1745 ini juga bisa memberikan kesan asri. Berfoto sambil belajar sejarah bangsa Indonesia, menarik bukan?

Lokasi Benteng Vastenburg ini terletak di Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

3. Keraton Surakarta Hadiningrat

3. Keraton Surakarta Hadiningrat
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Kemegahan Keraton Surakarta Hadiningrat membuatmu dan keluarga harus sesekali berfoto di lokasi ini. Tempat ini menjanjikan spot foto di Solo yang kental dengan budaya dan sejarah Jawa. 

Di sini kamu juga bisa juga memakai baju adat Jawa yang khas dan berfoto seperti anak-anak raja di depan Keraton Surakarta. Bahkan, tempat satu ini menjadi favorit para calon pasangan pengantin melakukan sesi pemotretan prewedding lho.

Lokasi Keraton Surakarta Hadiningrat terletak di Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144.

4. Koridor Singosaren atau Koridor Gatsu

4. Koridor Singosaren atau Koridor Gatsu
surakarta.go.id

Mural menjadi salah satu spot foto yang banyak dicari anak-anak remaja, karena gambarnya yang colorful membuat potret menjadi lebih instagramable. Jika kamu dan teman-teman sedang mencari tempat wisata yang bernuansa mural, kunjungilah Koridor Singosaren atau Koridor Gatsu.

Di sini kamu akan menemukan beragam mural yang dikerjakan oleh para seniman asal Solo dan Jogja untuk mengekspresikan diri mereka. Ada juga berbagai tema dari yang modern hingga modern.

Tak hanya itu saja, di malam hari saat toko-toko mulai tutup, suasana lokasi ini bisa langsung berubah layaknya pameran karya seni. Di mana ada pertunjukan musik jalanan seperti musik tradisional, campursari, hingga musik-musik kekinian. 

Lokasi Koridor Singosaren atau Koridor Gatsu ini terletak di Jl. Gatot Subroto, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151

Editors' Picks

5. Monumen Pers Nasional

5. Monumen Pers Nasional
Id.wikipedia.org

Ada satu monumen yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Solo, yaitu Monumen Pers Nasional. Di sini kamu bisa melihat bagaimana jejak sejarah pers di Indonesia.

Selain bisa menambah wawasanmu seputar perjuangan pers nasional di tempat wisata satu ini, kamu bisa memiliki foto kenang-kenangan terbaik karena tempat ini memiliki desain arsitektur yang cukup unik.

Monumen Pers Nasional memiliki desain arsitektur perpaduan peninggalan Hindu Buddha serta masa kolonial di Indonesia.

Lokasi Monumen Pers Nasional ini terletak di Jl. Gajahmada No.59, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

6. Ndalem Gondosuli

6. Ndalem Gondosuli
highend-magazine.okezone.com

Ingin mencari tempat wisata yang mencakup tempat makan, tempat foto-foto, hingga mengenal kebudayaan batik? Maka kunjungilah Ndalem Gondosuli, ketika kamu sedang pergi ke Kota Solo bersama keluarga atau teman-teman.

Di sini kamu akan melihat bentuk luar bangunan peninggalan tahun 1921 yang megah dengan sentuhan arsitektur Jawa, Cina, Islam, dan Eropa. Sehingga membuatnya sangat instagramable untuk diabadikan. 

Tak hanya bisa berkenalan lebih dekat dengan seni batik lewat museum batik, di sini kamu juga bisa mengikuti workshop membatik, belanja batik, mencicipi aneka kuliner langka khas Solo di kafenya, atau sekedar bersantai di kedai kopi Saudagar Coffee and Lounge yang hits.

Lokasi Ndalem Gondosuli ini terletak di Jl. Gondosuli No.125, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57146

7. The Heritage Palace

7. The Heritage Palace
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Mungkin kamu belum tahu bahwa ada "Eropa" di Kota Solo yang identik dengan tradisi Jawa. Yup, The Heritage Palace merupakan salah satu wahana wisata yang tergolong baru di Solo, tepatnya dibuka pada pertengahan 2018 lalu.

Kamu bisa mendapatkan selfie yang instagramable sepuasnya di sini, karena hampir setiap sudut lokasi ini kental dengan nuansa Eropa klasik. Menariknya, kamu bahkan bisa menyewa kostum lho. 

Selain itu, ada berbagai area yang bisa dikunjungi di sini, seperti Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, Museum Transportasi, Museum Industri, Garden Retro Paradise, Kids Town, dan tak ketinggalan Food Street.

Lokasi The Heritage Palace ini terletak di jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169

8. Titik Nol Solo

8. Titik Nol Solo
idntrip.com

Tak hanya kota Yogjakarta saja yang memiliki titik nol kilometer, karena Solo juga memiliki titik nol kilometer yang juga tidak kalah keren lho!

Titik Nol Solo merupakan spot foto yang layak masuk di daftar rute liburanmu bersama keluarga. Di sini ada Tugu Pemandengan yang dibangun di tengah jalan dan dihiasi 4 buah lampu gantung.

Spot foto di Solo satu ini cukup populer dikalangan fotografer dan wisatawan, karena memiliki daya tarik saat malam hari tiba. 

Lokasi Titik Nol Solo ini terletak di Jl. Jend. Sudirman, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133

9. Tumurun Private Museum

9. Tumurun Private Museum
tumurunmuseum.com

Museum yang satu ini seringkali jadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Nama “tumurun” sendiri berarti “turun-temurun”, karena museum pribadi ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan kepada mendiang sang ayah yang merupakan kolektor karya seni.

Ada dua lantai yang bisa dieksplor di sini, masing-masing terbagi dalam koleksi karya seni kontemporer dan modern. Setelah mengikuti tur museum ini, setiap pengunjung akan diberikan waktu selama 15 menit untuk berfoto, namun dilarang menggunakan flash.

Untuk mengunjungi museum ini memang tidak dikenai biaya masuk, namun kamu harus reservasi terlebih dahulu lewat website resminya. Karena jumlah pengunjung/reservasi dalam satu hari dibatasi. 

Lokasi Tumurun Private Museum ini terletak di Jl. Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57141

10. Vihara Dhamma Sundara

10. Vihara Dhamma Sundara
kel-pucangsawit.surakarta.go.id

Bukan hal yang mengerankan lagi jika Solo menjadi salah satu kota di Indonesia yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Jika kamu pergi ke Solo bersama keluarga, maka jangan heran ketika kamu merasakan bagaimana keberagaman umat beragama di sini.

Sebagai salah satu buktinya yang sekaligus bisa dijadikan rekomendasi spot foto di Solo adalah, Vihara Dhamma Sundara. Vihara ini tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha saja, namun juga menjadi tempat wisata lho!

Ketika berkunjung ke sini, kamu wajib berfoto di depan candi yang dominan putih dengan hiasan stupa Gajah. Foto di sini membuatmu tampak seperti liburan di Thailand.

Lokasi Vihara Dhamma Sundara ini terletak di Jl. Ir. Juanda No.223B, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128

Nah itulah beberapa spot foto instagramable di Solo yang harus dikunjungi. Kental dengan kebudayaan dapat membuatmu lebih mengenal budaya Indonesia dan semakin semangat untuk melestarikannya.

Dari 10 rekomendasi di atas, mana yang paling ingin kamu segera kunjungi?

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.