Riset: Perhatian Orang Lain Mampu Atasi Stres, Remaja Wajib Tahu!

Ini menandakan pentingnya dukungan sosial utuk bisa mengatasi stres berlebih

23 Juni 2022

Riset Perhatian Orang Lain Mampu Atasi Stres, Remaja Wajib Tahu
Freepik/Rawpixel-com

Stres menjadi permasalahan yang acap kali dialami banyak orang, termasuk pula anak-anak dan remaja. Meski sering kali diremehkan, namun anak remaja juga bisa mengalami stres, Ma.

Masalahnya pun beragam. Mulai dari kesulitan bergabung dengan lingkungan sekitarnya, masalah pendidikan di sekolah, hingga masalah internal dengan teman mainnya.

Banyaknya masalah yang anak hadapi tak jarang membuat para remaja ini tak mengetahui bagaimana mengatasi. Alhasil, rasa stres yang berkepanjangan pun bisa mengganggu aktivitas mereka.

Untuk mencegah stres agar tak memengaruhi kesehatan fisik dan aktivitas anak, ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan. Salah satunya memberikan perhatian. Berikut Popmama.com rangkumkan informasi selengkapnya terkait perhatian orang lain yang mampu mengatasi rasa stres.

1. Stres bisa membahayakan kesehatan

1. Stres bisa membahayakan kesehatan
Freepik/freepik

Sudah bukan rahasia umum lagi jika orang yang mengalami stres juga bisa berdampak pada kesehatan mereka. Tak hanya itu, Riza Arief Putranto, PhD, seorang scientist yang kerap berbagi pengetahuan melalui Instagram-nya juga menjelaskan bahwa stres dapat memngerahui semua orang dan membahayakan kesehatan.

Baik membahayakan kesehatan secara mental, mau un fisik. Dampaknya, ini bisa ditunjukkan dengan adanya perubahan fungsi gen meski memang tidak mengubah urutan DNA orang tersebut.

Editors' Picks

2. Mengubah perilaku gen dalam DNA

2. Mengubah perilaku gen dalam DNA
Freepik/DCStudio

Lebih lannjut, Riza juga menjelaskan bahwa kondisi stres yang terus menerus atau disebut kronis bisa mengubah perilaku gen dalam DNA seseorang. Padahal, gen tertentu tidak seharusnya aktif, namun menjadi aktif karena stres yang dialami. Misalnya terkait kematian sel di tubuh orang yang mengalaminya.

Untuk itu, agar tak mengganggu kesehatan mental dan fisik anak, orangtua bisa melakukan berbagai upaya dalam mengatasi stres berlebih pada anaknya. Salah satunya memberikan perhatian dan dukungan.

Hal ini juga sudah terbukti dalam berbagai riset bahwa perhatian atau dukungan dari orang lain menjadi hal yang sangat dibutuhkan, serta mampu mengatasi stres berlebih.

3. Dukungan sosial sangat berpengaruh

3. Dukungan sosial sangat berpengaruh
Freepik/prostooleh

Lebih lanjut, dalam unggahannya beberapa waktu lalu, Riza Putranto juga menjabarkan hasil penelitian yang ditemukannya terkait perhatian seseorang terhadap permasalahan stres yang dihadapi orang lain.

Dikutip olehnya melalui Riset Current Opinion in Psychiatry 2008, hasilnya menunjukkan bahwa pentingnya dukungan sosial untuk kesehatan mental. Ada pun dukungan sosial tersebut utamanya bisa datang dari perhatian yang Mama dan Papa berikan, dari keluarga, teman, hewan peliharaan, serta dokter spesialis.

4. Adanya efek positif dari dukungan yang diberikan

4. Ada efek positif dari dukungan diberikan
Freepik/romeo22

Tak hanya satu riset, riset lainnya yang ditemukan oleh Riza juga ia bagikan kepada para pengikutnya untuk lebih aware terhadap orang-orang disekitar yang membutuhkan mereka.

Riset Journal of Psychiatric Research 2022 baru-baru ini menunjukkan adanya efek positif dari perhatian orang lain yang diberikan saat sedang mengalami stres. Untuk pertama kalinya, para ilmuwan ini melihat imbas perhatian dengan ketahanan terhadap stres pada level DNA.

Riset yang baru ditemukannya di tahun 2022 ini menjadi wawasan baru bagi semua orang, tak terkceuali anak remaja untuk mengetahui bagaimana manusia mengahdapi stres.

Misalnya saat teman mereka sedang stres, lalu anak datang dan memberikan dukungan, biasanya temannya tersebut akan langsung menangis, bukan? Dengan adanya perhatian atau dukungan tersebut, ternyata ini sangat membantu orang lain, lho.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk