Mengapa Banyak Remaja Sangat Tertarik dengan Hal Berbau Korea?

Fenomena Korean wafe yang memengaruhi gaya hidup remaja saat ini

11 Oktober 2021

Mengapa Banyak Remaja Sangat Tertarik Hal Berbau Korea
Pexels/Katerina Holmes

Remaja sangat mudah tertarik pada hal yang berkaitan dengan Korea. Tak hanya Kpop atau drama Korea saja. Remaja juga memiliki minat yang tinggi pada beragam produk dan budaya Korea. 

Dijumpai dalam acara virtual perayaan iStyle.id ke-4 pada Kamis (7/11/2021), “Tren Korean wave ini ikut memengaruhi preferensi produk masyarakat dan menjadi inspirasi bagi mereka untuk menjalani kehidupan sehari-hari, dan ini terlihat dari bagaimana produk-produk Korea menjadi yang paling banyak diminati oleh pelanggan,” ungkap Steven Calvin Victory, CEO iStyle.id. 

Ardi Sudarto, CMO iStyle.id juga menjelaskan bahwa Korean wafe memengaruhi minat beli produk Korea. Berdasarkan data, 1 dari 2 orang di Indonesia menyukai hal-hal berbau Korea."

Itulah faktanya hari ini, budaya Korea berkembang sangat cepat dan mudah diterima oleh berbagai kalangan. Fenomena ini juga ditemui pada remaja di Indonesia. 

Minat yang besar pada hal berbau Korea ternyata juga terjadi pada kalangan remaja. Lalu mengapa remaja sangat tertarik dengan hal ini, berikut Popmama.com telah merangkumnya.

Editors' Picks

1. Hal terkait Korea yang banyak diminati

1. Hal terkait Korea banyak diminati
Dok. iStyle.id

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bukan hanya musik dan drama saja yang diminati banyak orang dari Korea, akan tetapi juga makanan, gaya hidup, produk fashion dan kecantikan, bahkan gaya hidup sampai bahasa Korea, itu semua sangat membuat banyak orang penasaran.

Banyak brand besar Korea yang akhirnya menarik perhatian remaja di Indonesia. Bermula mungkin karena melihatnya di serial drama, atau bahkan dari media sosial. Namun akhirnya menimbulkan ketertarikan dan menjadi pembicaraan.

2. Mengapa remaja bisa sangat tertarik dengan hal berbau Korea?

2. Mengapa remaja bisa sangat tertarik hal berbau Korea
herworld.com
Ilustrasi

Setelah terpapar dengan berita atau hiburan dari negara Korea, mungkin para remaja jadi mulai memerhatikan lebih lanjut. Ini kemudian jadi sering masuk ke dalam perbincangan sehari-hari.

Misal saja antara remaja yang satu dengan yang lainnya membicarakan salah satu girl band Korea atau artis yang memerankan Kdrama, kemudian mereka mulai memerhatikan apa saja yang digunakan oleh idol tersebut. 

Akhirnya mereka mulai mencari tahu barang-barang tersebut melalu internet.

3. Minat remaja terhadap produk dan budaya Korea

3. Minat remaja terhadap produk budaya Korea
Dok. iStyle.id
Steven Calvin Victory, CEO iStyle.id

Ardi mengakui bahwa minat yang besar di Indonesia terhadap hal berbau Korea dianggapnya sebagai peluang yang baik. Ia melihat produk Korea menjadi yang paling diminati oleh pelanggan.

Ardi mengungkapkan, “Melalui kampanye #iStyleBaruKorea, kami ingin pelanggan merasa terhibur dan mendapatkan pengalaman menyenangkan, dari beragam fasilitas yang kami sediakan. Pelanggan pun dapat menjadi tokoh utama dalam hidupnya, seperti tokoh-tokoh di drama Korea yang selama ini menginspirasi mereka.” 

Ia juga menjelaskan mengenai empat pilar produk Korea, antara lain K-Beauty dengan kampanye tahunan Korean Beauty Fair, K-Food dengan hadirnya K-Point yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Korea, K-Lifestyle lewat content platform K-Hub yang menyajikan sumber informasi tren dan inspirasi tentang Korea, serta K-Fashion yang bekerjasama dengan berbagai brand fashion Korea, salah satunya yaitu Marhen J.

Popmama.com juga sempat menanyakan bagaimana minat remaja terhadap pembelian produk Korea selama 2 tahun belakangan ini. 

Ardi menjelaskan bahwa pengguna remaja juga meningkat bahkan mereka tertarik untuk mencoba berbagai produk baru yang disediakan di aplikasi. 

Selain itu, aplikasi belanja online ini pada tahun ini menjadi digital platform resmi gelaran Korea Festival 2021, sebuah acara kebudayaan Korea tahunan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. 

Steven juga menambahkan, "Setiap tahunnya banyak sekali barang atau produk Korea baru yang masuk ke Indonesia melalui aplikasi kami dan remaja banyak mencobanya, saya rasa ini bagus sekali ya."

Dirasa seperti para remaja ini menemukan wadah yang aman untuk mencari produk atau informasi gaya hidup berbau Korea. Mama juga jadi lebih tenang jika anak sudah mengetahui hal yang terpercaya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.