Hidung Anak Tersumbat, Lakukan 8 Cara Ini untuk Mengatasinya

Cara-cara sederhana yang efektif meredakan hidung tersumbat si Kecil di malam hari.

25 Oktober 2020

Hidung Anak Tersumbat, Lakukan 8 Cara Ini Mengatasinya
Freepik

Coba Mama bayangkan ketika malam tiba dan si Kecil hendak tidur, tiba-tiba saja hidungnya tersumbat dan ia merasa terganggu. Ini akan menjadi salah satu masalah menyebalkan yang perlu Mama hadapi.

Hidung tersumbat terjadi ketika saluran pernapasan anak terganggu. Lebih lanjutnya, ini disebabkan akibat jaringan yang terletak dekat pembuluh darah membengkak karena cairan lerlebih. Kondisi ini membuat si Kecil sulit menghidup udara bebas. 

Ada beberapa penyebab lainnya, seperti berbagai gangguan pada tubuh, contohnya sinus, flu, sakit tenggorokkan, juga kebanyakan lendir. Selain itu, gerakan dan posisi tubuh yang tidak sesuai dan dapat mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan hidung tersumbat atau sesak napas di malam hari. 

Perlu Mama ketahui kalau mengatasi hidung tersumbat tidaklah sesulit itu. Popmama.com akan membahas berbagai cara sederhana dan mudah dilakukan untuk mengatasinya. Simak dengan baik, ya!

1. Kompres menggunakan air hangat

1. Kompres menggunakan air hangat
today.com

Cara pertama yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi hidung si Kecil yang tersumbat, ialah dengan mengopresnya menggunakan air hangat. 

Siapkan handuk kecil bersih lalu rendam dalam air hangat. Kemudian peras hingga handuk menjadi lembab. Setelah selesai, Mama dapat meletakkan handuk lembap tersebut pada wajah Si Kecil selama beberapa saat.

Mama dapat melakukan cara ini beberapa kali hingga hidung tersumbatnya mulai terasa lega. Pastikan Mama mengompresnya ketika malam hari. Sebaiknya kamu juga tidak membiarkannya terlalu lama karena dapat menganggu proses pernapasannya. 

2. Gunakan minyak kayu putih

2. Gunakan minyak kayu putih
cookist.com

Minyak kayu putih umumnya sering digunakan karena dikenal mampu menghangatkan tubuh si Kecil. Biasanya ini digunakan ketika masuk angin ataupun pilek. 

Minyak kayu putih juga dapat Mama pakai ketika si Kecil mengalami hidung tersumbat. Mama dapat mengoleskan minyak kayu putih ke sekitar hidung anak. Aroma hangat dan pedas pada kayu putih dapat melegakan hidung yang tersumbat. 

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuhnya

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuhnya
Freepik

Ketika mengalami hidung tersumbat, dehidrasi dapat menjadi masalah yang memperburuk kondisi kesehatannya. Itulah mengapa kebutuhan cairan tubuh si Kceil perlu dijaga dengan baik. 

Ketika anak-anak terhidrasi dengan baik, kandungan air akan membantu mengencerkan sekresi hidung dan mengurangi hidung tersumbat. Mama dapat memenuhi kebutuhan cairannya dengan minuman tanpa gula pada siang hari. 

Ada banyak pilihan minuman dan makanan yang dapat mencegah dehidrasi. Mama dapat memberikan air putih, air kelapa, susu, buah-buahan, atau bahkan makanan berkuah. 

Editors' Picks

4. Menghirupkan uap

4. Menghirupkan uap
shishuworld.com

Ruangan dengan udara lembap dan beruap membantu si Kecil melegakkan hidung yang tersumbat. Kondisi yang beruap sebenarnya dapat mengencerkan lendir yang kental juga memudahkan anak bernapas.

Mama dapat mencoba memandikan si Kecil dengan air hangat sebelum ia tidur. Mandi air hangat di kamar mandi beruap akan memiliki efek dekongestan pada anak. Cara ini juga akan membuatnya merasa nyaman dan lebih baik.

Selain itu, Mama juga dapat menyediakan air hangat dalam ember atau wadah kecil. Pasanglah handuk di atas kepalasi Kecil, lalu taruh wadah tersebut di hadapannya. Biarkan ia menghirupnya untuk beberapa saat. 

Ketika membiarkan si Kecil menghirup uap hangat, pastikan ruangan tidak terlalu panas, karena dapat menganggu pernapasannya. 

5. Humidifier

5. Humidifier
thespruce.com

Humidifier merupakan alat yang membantu melembabkan udara dalam ruangan. Alat satu ini dapat membantu mengurangi batuk kering, bahkan hidung tersumbat anak pada malam hari. 

Pada humidifier juga terdapat kandungan zat aromatik. Zat ini dapat menciptakan aroma alami yang membantu mengurangi pilek dan hidung tersumbat. Menghirup zat aromatik sendiri memudahkan si Kecil mengeluarkan semua lendir penyebab hidung tersumbat.

Mama dapat memasang alat ini pada kamar anak. Namun pastikan untuk selalu membersikannya secara berkala, karena jamur dapat tumbuh ketika alat ini tidak terawat dengan baik. 

6. Konsumsi jahe atau kencur

6. Konsumsi jahe atau kencur
Unsplash/Dominik Martin

Jahe dan kencur pada dasarnya merupakan obat tradisional yang telah terpercaya mengobati berbagai penyakit. Kedua bahan alami ini sangatlah efektif dalam mengatasi penyakit penyebab hidung tersumbat seperti demam dan flu. 

Zat dalam jahe dan kunyit dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Efek hangatnya juga dapat membantu si Kecil untuk lebih tenang.

Menyajikan kedua obat alami ini sangatlah mudah, Mama hanya perlu menyeduhnya dengan air hangat. 

7. Istirahat dengan baik

7. Istirahat baik
Freepik

Tidur merupakan cara terbaik bagi tubuh dengan sendirinya memulihkan penyakit dan gangguan di dalamnya. Ketika mengalami hidung tersumbat, tubuh si Kecil tidaklah seenergik biasanya. Energi dalam tubuhnya digunakan secara maksimal untuk memulihkan kondisi kesehatan tubuh. 

Ketika tidur, energi pada tubuh anak dapat bekerja penuh untuk pemulihannya. Biarkan anak mama tidur di tempat yang nyaman dengan posisi yang baik.

Posisi tidur anak juga berpengaruh dalam kesembuhannya. Tidur dengan posisi yang baik dapat memperlancar sinus untuk mengalir. Menempatkan kepala anak pada posisi yang lebih tinggi dengan bantuan bantal dapat membantunya meredakan gejala hidung tersumbat.

8. Mengonsumsi Sup ayam

8. Mengonsumsi Sup ayam
Pixabay/RitaE

Bukan saja makanan yang hangat dan enak, sup ayam ternyata merupakan salah satu obat hidung tersumbat, pilek, bahkan demam. 

Sup ayam mampu menyembuhkan masalah hidung tersumbat si Kecil dengan merurangi peradangan dalam tubuhnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa makanan ini dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas, yang berarti dapat mengurangi gejala hidung tersumbat.

Sebagai tambahan, sup ayam dapat menjaga tubuh si Kecil tetap terhidrasi dengan baik dan membuat mereka tetap mau makan meski merasa sakit.

9. Konsultasikan ke dokter

9. Konsultasikan ke dokter
Freepik/pressfoto

Pada umumnya, cara-cara di atas sebenarnya ampuh mengatasi hidung tersumbuat pada anak. Namun dalam beberapa kondisi, jika cara tersebut tidak mampu menyembuhkan si Kecil, Mama dapat membawanya menemui dokter. 

Perhatikan, anak mama perlu menemui dokter jika 

  • Si Kecil tak kunjung sembuh setelah 5 hari mendapat mengobatan dari rumah.
  • Hidung tersumbat disertai demam yang tinggi.
  • Anak merasa lesu dan pusing.

Jika Mama menemukan si Kecil termasuk salah satunya, segera konsultasikan masalahnya pada dokter atau tenaga medis yang terpercaya. Karena ada kemungkinan anak  mengalami infeksi sinus atau bahkan pneumini.

Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.