Tahu Tidak, Ada 7 Manfaat Musik Klasik bagi Anak

Menderngarkan musik klasik membantu anak lebih kreatif lho!

22 Mei 2022

Tahu Tidak, Ada 7 Manfaat Musik Klasik bagi Anak
Freepik

Dari banyaknya jenis musik yang ada di dunia ini, musik klasik terkenal sebagai salah satu yang memiliki manfaat khusus. 

Musik yang tumbuh dari budaya budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825 ini masih mengakar kuat di masyarakat ini. Mungkin Mama dapat mengenalinya dari penggunaan alat musik yang khas, seperti piano, biola, cello, kontrabass, dan lainnya. 

Kekuatan dan pengaruh jenis musik yang satu ini sangatlah kuat. Sampai banyak penelitian yang dilakukan dan menemukan fakta bahwa musik klasik dapat memberikan manfaat bagi anak-anak, mulai dari meningkatkan kecerdasan hingga membuat si Kecil lebih rileks. 

Faktanya itu baru sebagian kecil dari apa yang anak mama peroleh dari musik klasik. Yuk temukan manfaat musik klasik bagi anak mama di Popmama.com!

1. Meningkatkan kecerdasan anak

1. Meningkatkan kecerdasan anak
Freepik/creativeart

Mungkin Mama sudah tidak asing dengan manfaat satu ini. Sebenarnya ini adalah hal yang keliru. Perlu diingat, mendengarkan musik saja tidak membantu membuat si Kecil lebih pintar. Namun, belajar bermain musik bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Ketika bermain musik klasik, meski kedengarannya memenangkan, membaca setiap not agar selaras dengan pergerakan tangan yang tepat mengasah kerja otak. 

Bermain musik juga membutuhkan kerja motorik yang baik, yang mana pusat motorik berada di dalam otak. Itulah mengapa, belajar bermain musik klasik dapat meningkatkan volume corpus callosum yang merupakan jembatan dari dua belahan otak.

Ini akan memungkinkan otak si Kecil mampu menyampaikan pesan ke otak lebih cepat dan melalui rute yang beragam. Membantu anak mengatasi masalah dengan lebih efisien dan kreatif. 

2. Mengasah fokus dan konsentarsi

2. Mengasah fokus konsentarsi
Freepik

Dikutip dari classicfm.com, para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi anak. 

Penelitian ini dikepalai oleh Apollo Music Projects (AMP) pada tahun 2018 sampai 2019 dengan memberikan anak pengalaman mendengarkan musik klasik secara langsung. Kebanyakan dari anak yang ikut merasa tenang dan konsentrasi ketika musik dimulai. 

Konsentrasi ini akan sangat berguna bagi anak-anak, khususnya ketika mereka memasuki bangku sekolah nantinya dan mulai perlu membiasakan diri belajar dengan serius. 

Editors' Picks

3. Memberikan perasaan tenang

3. Memberikan perasaan tenang
nutritiouslife.com

Mendengarkan musik klasik memberikan perasaan tenang. Mendengarkan musik dapat membantu anak menenangkan diri. 

Tidak heran jika banyak dokter yang merekomendasikan musik klasik sebagai cara menenangkan diri yang positif. Ini dapat Mama gunakan untuk membantu anak lebih tenang ketika belajar sekaligus mengasah fokus dan meningkatkan memori. 

4. Menahan tingkat stres pada anak

4. Menahan tingkat stres anak
Freepik.com/user18526052

Efek tenang yang dihasilkan musik klasik dapat dimanfaatkan untuk menekan tingkat stres pada anak-anak. Banyak berita telah membuktikan bahwa tempo musik klasik mirip dengan detak jantung manusia. Bunyi yang sama ini membantu mengurangi rasa cemas. 

Bukan hanya itu, musik klasik juga dapat membantu mencegah depresi terjadi pada anak-anak. Musik klasik dapat membantu mengeluarkan dopamine yang mana dapat meningkatkan mood pendengarnya. 

5. Memperbaiki pola tidur anak

5. Memperbaiki pola tidur anak
Freepik/Pvproduction

Kita semua tahu, salah satu cara tercepat untuk membantu anak mama terlelap ialah dengan memutarkan lagu tidur. Temponya yang pelan dan lembut ternyata mirip dengan musik klasik lho ma. 

Studi terbaru menyatakan bahwa anak-anak yang sulit tidur dapat meningkatkan kualitas tidur mereka dengan mendengarkan musik klasik sekitar 48 menit sebelum tidur. Efek menenangkan dan relaksasi yang dihasilkannya membantu si Kecil tertidur pulas dan cepat. 

6. Meningkatkan kemampuan mendengar anak

6. Meningkatkan kemampuan mendengar anak
Freepik/Zinkevych

Seperti yang Mama ketahui sebelumnya, musik klasik dapat membantu fokus dan konsentrasi anak. Ini bukan hanya berlaku ketika mereka beraktivitas atau belajar, tetapi juga ketika anak-anak mama mendengarkan. 

Anak dikatakan memilki kemampuan mendengar yang baik ketika mereka konsentrasi dan berhasil menangkap apa yang diinformasikan. Beberapa musik klasik bahkan membantu anak meningkatkan disiplin diri lho, Ma!

7. Anak jadi lebih kreatif

7. Anak jadi lebih kreatif
Freepik/Master1305

Secara umum, musik klasik sangat menginsipirasi. Bukan hanya memberikan anak pikiran yang lebih jernih dan tenang tetapi juga membantunya memberikan ide-ide baru. 

Apalagi ketika anak mama juga belajar memainkan musik klasik. Itu akan membantu mengasah otak berpikir dan menemukan cara-cara baru yang seru, dan tentunya berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah. 

Perkenalkan anak dengan dunia musik klasik sedari dini yuk, Ma! Siapa tahu hal ini juga menumbuhkan keinginan anak menjadi musisi hebat kelak. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk