Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan saat Ramadan, Anti Pusing!

Belajar mudah dan murah, coba lakukan cara ini di rumah bersama anak-anak mama

28 April 2022

Tips Belajar Bahasa Asing Menyenangkan saat Ramadan, Anti Pusing
Freepik/user18526052

Saat Ramadan, setiap orang berlomba melakukan hal-hal baik. Mulai dari tadarus Alquran, sedekah, zikir, hingga salat sunnah. 

Selain itu, ternyata tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang memanfaatkan waktu senggang saat Ramadan untuk mengembangkan diri menambah ilmu bahasa, Ma. 

Berdasarkan data harian pengguna aktif Duolingo (DAU), ada peningkatan 61% dari awal Ramadhan hingga 10 April 2022, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021. Selain itu, data tersebut juga menunjukkan pengguna aplikasi ini biasanya belajar setelah selesai sahur dan jam makan siang. 

Data-data tersebut bernar-benar menunjukkan antusias masyarakat Indonesia untuk menguasai bahasa asing. 

Apakah kini Mama jadi berminat mengajak anak belajar bahasa juga? Jika "Iya", Mama bisa mengikuti tips belajar bahasa asing yang mudah dan menyenangkan dari Popmama.com berikut ini.

Simak dan coba bersama anak yuk, Ma! 

Editors' Picks

1. Gunakan aplikasi belajar

1. Gunakan aplikasi belajar
Dok. Duolingo

Saat ini, belajar bahasa sangat mudah. Mama dan anak-anak bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja dengan panduan sumber ilmu yang terpercaya seperti buku dan video belajar di YouTube.

Namun, sebenarnya belajar bahasa pun bisa menggunakan aplikasi yang sangat praktis yakni Duolingo. Melalui aplikasi ini, Mama dan si Anak bisa belajar bahasa dari level terendah.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi belajar ini, Mama dan anak-anak bisa mempelajari lebih dari satu bahasa lho! Keren banget kan? 

Aplikasi ini menawarkan 41 bahasa asing yang berbeda, mulai dari Inggris, Korea, Jepang, Pranjis, Spanyol dan masih banyak lainnya. 

Berdasarkan data, bahasa yang paling banyak dipelajari dalam aplikasi ini adalah bahasa Inggris, Korea, dan Jepang. 

Jika Mama yang berminat untuk mencoba belajar menggunakan aplikasi ini, langsung saja download aplikasinya di Play Store atau App Store. Selain itu, Mama juga bisa langsung mengunjungi situs resminya

2. Pilih aplikasi belajar yang menyenangkan

2. Pilih aplikasi belajar menyenangkan
Dok. Duolingo

Selain tersedia banyak bahasa, aplikasi ini juga dibuat dengan pendekatan yang untuk sehingga sangat membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa baru. 

Di dalam aplikasi, terdapat sesi-sesi kecil yang harus dikerjakan. Namun, bukan seperti tugas, sesi ini malah berisi seperti game tebak-tebakan. Ada banyak animasi yang menggemaskan untuk menghibur anak mama ketika belajar. 

Masing-masing sesi yang disajikan tersebut memiliki topik pembahasan yang berbeda-beda, mulai dari keluarga, karier, hobi, hingga makanan. 

3. Gunakan aplikasi gratis

3. Gunakan aplikasi gratis
Freepik

Walaupun memiliki banyak fitur keren dan berkualitas, aplikasi ini bisa bisa diakses gratis oleh Mama dan anak-anak. Hal ini sehubungan dengan misinya yakni memberikan akses pendidikan secara universal bagi semua orang di dunia. 

Yuk langsung download dan mulai belajar bahasa bersama anak, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk