Tips Belajar Bahasa Mandarin dengan Mudah dan Menyenangkan untuk Anak

Dijamin anak mama have fun dalam belajar dan jadi jago bahasa Mandarin!

28 Februari 2022

Tips Belajar Bahasa Mandarin Mudah Menyenangkan Anak
Dok. Happy Learning Mandarin Centre

Globalisasi menuntut individu untuk mampu berbahasa asing, baik lisan maupun tulis. Terutama bahasa asing yang telah ditetapkan sebagai bahasa Internasional. 

Sejauh ini bahasa Internasional yang banyak diketahui masyarakat Indonesia hanya bahasa Inggris saja. Padahal, bahasa Mandarin pun telah ditetapkan sebagai bahasa Internasional, lho. 

Maka dari itu, tak ada salahnya jika anak mama belajar bahasa Mandarin. 

"Mandarin merupakan bahasa internasional kedua. Dengan fasih berbahasa Mandarin, bisa mempermudah dalam berkarir dan besar kesempatan mendapatkan beasiswa di luar negeri," ungkap Sherren Chen, Founder Happy Learning Mandarin Centre.  

Namun sayangnya, belajar bahasa Mandarin tergolong tak mudah karena struktur hanzi atau tatabahasa yang dipakai. Belum lagi pelafalan nada dalam bahasa Mandarin yang tak sesuai akan membuat artinya berbeda, meski tulisan sekilas sama.

Untuk itu, berikut ini Popmama.com akan memberikan tips belajar bahasa Mandarin dengan mudah.

Simak dan ajak anak belajar bahasa Mandarin yuk,Ma! 

Editors' Picks

1. Buat suasana belajar yang menyenangkan

1. Buat suasana belajar menyenangkan
Dok. Happy Learning Mandarin Centre

Struktur hanzi atau tatabahasa dan pengucapan bahasa Mandarin yang cukup sulit membuat anak-anak memerlukan metode khusus dalam belajar yakni cara yang menyenangkan. 

Sherren menuturkan, lembaga kursus miliknya mempelajari bahasa Mandarin menggunakan metode happy learning sehingga membuat anak senang dalam belajar. 

"Kalau di sini, kami menggunakan metode khusus yakni happy learning. Tujuannya supaya materi bisa tersampaikan dan diserap dengan baik, namun peserta kursus tetap enjoy. Tidak membosankan," jelas Sherren. 

"Metode happy learning ini mengutamakan komunikasi dan interaksi dalam pembelajaran," imbuhnya. 

Tak cuma itu, proses belajar bahasa Mandarin di lembaga ini ditunjang dengan game, kuis, serta kultural yang berhubungan dengan Mandarin.

Menurut Sherren, metode pembelajaran tersebut mampu membuat siswa aktif dan suka dalam belajar. Selain itu, interaksi yang terbangun selama proses belajar akan membuat materi bisa diserap dengan baik.

2. Belajar dengan tutor profesional

2. Belajar tutor profesional
Dok. Happy Learning Mandarin Centre

Cara lainnya yang membantu anak mudah mempelajari bahasa Mandarin yakni berguru dengan tutor ahli dan profesional.

"Supaya tidak buang waktu dan belajar dengan metode yang tepat. Kalau lembaga kursus dan tutornya profesional, bisa lebih tersistem," papar Sherren dengan jelas.

“Cari yang sudah berpengalaman di bidangnya dan mengetahui kebutuhan pasar bidang Mandarin di Indonesia. Belajarlah mandarin bersama pakarnya  Mandarin yang memiliki jam terbang dan profesional di bidangnya. Jadi bisa one stop service to learn Mandarin. Seperti yang diterapkan di sini," lanjutnya.

3. Daftarkan anak pada lembaga kursus Mandarin 

3. Daftarkan anak lembaga kursus Mandarin 
Dok. Happy Learning Mandarin Centre

Dalam hal ini Mama tidak boleh sembarangan dalam memilih tempat tutor Mandarin untuk si Anak. 

Pilihlah lembaga tutor yang memiliki dua hal penting di atas, belajar yang menyenangkan dengan tutor profesional.

Walau demikian, Mama tak usah bingung dalam menentukan lembaga tutor. Sebab Mama bisa memilih tempat yang sesuai dengan kebutuhan si Kecil. 

"Kami juga ada program sekolah ke China dan Taiwan, mulai dari study tour, study ke China dan Taiwan serta program beasiswa,  Kami bertahun tahun hanya fokus di Bahasa mandarin dan negara tujuan Mandarin. Itulah kenapa kami expert di bidang ini. Kami juga ada layanan company training ke perusahaan atau instansi untuk pelatihan Bahasa, program penerjemahan dan juru Bahasa. Ada pula pelatihan guru-guru Mandarin dan seminar pendidikan Mandarin," jelas Sherren.

Anak-anak usia dini bisa mulai mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin mulai dari usia 4 tahun sampai dewasa. Setiap kelas akan dibedakan sesuai golongan umur dan level mandarinnya dan masing masing memiliki jenjang level berstandar Internasional.  

Nah, itulah beberapa tips belajar bahasa Mandarin dengan mudah dan menyenangkan untuk Anak.

Perlu diingat, dalam belajar bahasa Mandarin tak bisa diburu-buru dan dihafal dalam waktu sekejap. Butuh pembiasaan supaya kosa kata melekat. 

Jadi, jangan lupa selalu berikan semangat untuk anak-anak selama mereka belajar bahasa Mandarin ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk