Cegah Virus Corona, Begini 3 Tips Hidup Sehat untuk Anak saat Bermain

Di tengah serangan virus mengganas, Mama harus memastikan anak tetap ceria dan sehat

13 Maret 2020

Cegah Virus Corona, Begini 3 Tips Hidup Sehat Anak saat Bermain
Pixabay/RyanMcGuire

Virus corona (Covid-19) telah menyebar dengan sangat cepat sejak dimulai pada akhir 2019 lalu. Penyebaran jumlah kasus Covid-19 masih membuat seluruh dunia ramai, bahkan World Health Organization (WHO) menganggap wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional.

Penyebaran kasus Covid-19 memang sudah semakin diwaspadai, orangtua juga perlu menjaga kesehatan anak-anak saat sedang bermain. Apalagi beberapa sekolah bertaraf internasional (SBI) di Jakarta mulai meniadakan kegiatan belajar mengajarnya. 

Terkait beberapa sekolah yang mulai meniadakan kegiatan belajar mengajarnya karena penyebaran virus corona, kali ini Popmama.com telah merangkum aktivitas menyenangkan agar anak-anak dapat bermain dengan sehat sekaligus bisa terus belajar di masa libur darurat ini.

Editors' Picks

1. Berusaha untuk tetap aktif dan sehat 

1. Berusaha tetap aktif sehat 
Dok. Toys Kingdom

Walau sedang libur dan hanya berada di sekitar rumah, Mama dan anak-anak masih bisa menciptakan momen berkualitas bersama. 

Demi menjaga kesehatan anak-anak agar terhindar dari berbagai penularan virus, ajaklah mereka untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga secara teratur. Cari aktivitas atau permainan yang menyenangkan serta tak membosankan agar anak memiliki ketertarikan untuk bergerak.

Ketika anak-anak aktif bergerak, maka akan menguatkan 3 otot utama mulai dari postur, ketahanan dan koordinasi tubuh anak. 

Selain aktif bergerak dengan melakukan kegiatan luar ruang bersama keluarga, tetaplah untuk minum air putih cukup dan memperbanyak asupan gizi anak termasuk sayuran serta buah. 

Dengan banyak bergerak memang bisa lebih sehat, namun pastikan kalau si Anak memiliki waktu untuk tetap istirahat. 

Jika ingin aktif bergerak, tanpa perlu jauh keluar rumah, Mama bisa menyediakan peralatan permainan yang mengharuskan anak aktif bergerak, misalnya trampolin, bag toss games, atau scooter. Semua alat-alat permainan itu bisa dipilih sesuai usia anak dan dibeli di Toys Kingdom.

2. Ciptakan kegiatan yang menyenangkan bersama dengan anak 

2. Ciptakan kegiatan menyenangkan bersama anak 
Freepik/bearfotos

Waktu bermain untuk anak-anak begitu sangat penting. Jika anak mama termasuk suka melakukan aktivitas di rumah, maka ada baiknya untuk memberikan fasilitas yang tetap menyenangkan agar si Anak tidak mudah bosan. 

Disarankan orangtua juga perlu menyempatkan waktu luang untuk menemani anak-anak bermain, misalnya bermain monopoli, ular tangga, atau permainan papan lainnya. 

Keterlibatan Mama saat anak-anak bermain tentu dapat memberikan manfaat untuknya. Bantuan kecil yang sederhana bisa dilakukan orangtua agar waktu bermain anak menjadi lebih menyenangkan.

Manfaat positif yang bisa didapatkan ketika orangtua memiliki keterlibatan saat sedang bermain, seperti: 

  • Membantu daya imajinasi anak.
  • Mencontohkan cara bermain yang benar.
  • Meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak. 
  • Menjadi tempat ketika anak bertanya saat mengalami kesulitan. 

Mulai ikut dan meluangkan waktu bermain bersama anak yuk!

3. Terlibat dalam imajinasi anak ketika sedang bermain bersama

3. Terlibat dalam imajinasi anak ketika sedang bermain bersama
Dok. Toys Kingdom

Anak laki-laki biasanya suka menonton seri kartun tertentu, sehingga memiliki karakter favorit tersendiri. Tak jarang, anak-anak pun bisa saja berimajinasi sendiri dengan mainan dengan karakter tersebut. 

Perlu Mama ketahui bahwa proses bermain imajinasi menggunakan suatu mainan dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang penting bagi perkembangan si Anak. 

Jarang disadari, permainan imajinasi yang dilakukan oleh anak-anak dengan karakter tertentu dapat meningkatkan beberapa aspek antara lain aspek kognitif, kemampuan motorik halus, kemampuan berbahasa serta kemampuan anak mengoptimalkan aspek sosial emosional pada dirinya walau masih kecil. 

Bentuk permainan seperti ini mendorong si Anak untuk belajar bagaimana caranya berinteraksi secara sosial dan mengembangkan isyarat sosial dengan bereksperimen dengan kontak mata menggunakan nada serta emosi yang mungkin akan berbeda-beda.

Dalam rangka membuat weekend yang menyenangkan untuk anak mama, Toys Kingdom menggelar program "Play Safe, Play More!" yaitu program diskon mainan yang menyehatkan, mencerdaskan, dan menyatukan keluarga di masa sulit ini.  

Semoga beberapa informasi di atas membantu perkembangan anak-anak tetap sehat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.