7 Doa Arwah Katolik, Ajari Anak Doa untuk Orang Meninggal

Mendoakan keluarga atau teman yang telah meninggal agar terbebaskan dari api penyucian

4 Agustus 2022

7 Doa Arwah Katolik, Ajari Anak Doa Orang Meninggal
Pexels/Cottonbro

Konsep kematian seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar anak-anak. Namun di sini Mama dapat menjelaskan bahwa dalam Ajaran Katolik, mengajarkan bahwa kematian merupakan pintu menuju kehidupan baru, yaitu persatuan dengan Kristus.

Karenanya, umat Katolik harus selalu mendoakan para arwah orang yang sudah meninggal. 

Umat Katolik juga melakukan peringatan arwah semua orang beriman setiap 2 November. Di hari tersebut, orang-orang mengunjungi makam untuk mendoakan para arwah. 

Mendoakan para arwah bertujuan agar jiwa-jiwa mereka mendapat pengampunan dari Tuhan dan dibebaskan dari api penyucian, sehingga dapat masuk surga. 

Ingin mengajarkan anak doa arwah Katolik? Kali ini Popmama.com telah merangkum doa arwah Katolik yang dapat anak pelajari untuk mendoakan keluarga atau teman yang telah meninggal. Yuk simak!

1. Doa arwah Katolik yang pertama

1. Doa arwah Katolik pertama
Freepik/Sewcream

Doa arwah Katolik ini mendoakan agar keluarga atau teman yang telah tiada, dihapuskan dosa-dosanya agar terlepas dari segala hukuman. Berikut doa arwah Katolik yang pertama:    

Demi Nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Allah Bapa Maharahim, kami sungguh percaya akan kasih-Mu yang tiada batas.

Hari ini, bersama dengan seluruh Gereja-Mu, kami mohon agar Engkau berkenan melepaskan (sebutkan nama orang yang didoakan) dari segala hukuman karena dosa-dosanya.

Semoga Engkau memperkenankan dia/mereka memasuki hidup abadi di surga dan memandang kemuliaan cahaya wajah-Mu.

Semua ini kami mohon kepada-Mu dalam nama Yesus Kristus, Putra-Mu dan Tuhan kami, kini dan sepanjang masa.

Amin.

2. Doa arwah Katolik yang kedua

2. Doa arwah Katolik kedua
Freepik

Selanjutnya, doa dapat diikuti dengan doa rosario bagi jiwa-jiwa di api penyucian, yaitu sebagai berikut:

Yesusku, demi kebajikan dari semua keringat darah-Mu di Taman Getsemani, kasihanilah jiwa saudara-saudaraku terkasih yang menderita di Api Penyucian.

Bapa Kami (1x) Salam Maria (10x).

Berikanlah istirahat kekal kepada (sebutkan nama orang yang didoakan), ya Tuhan.

Semoga terang abadi menyinari mereka sehingga mereka beristirahat dalam damai. Semoga jiwa para beriman beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.

Yesusku, demi kebajikan dan penghinaan dan ejekan yang Engkau derita di pengadilan, pada waktu Engkau diperlakukan sebagai orang gila dan ditukarkan dengan seorang penjahat, kasihanilah jiwa-jiwa di Api Penyucian yang menanti dimuliakan dalam Kerajaan Kudus-Mu.

Bapa Kami (1x) Salam Maria (10x).

Berikanlah istirahat kekal kepada (sebutkan nama orang yang didoakan), ya Tuhan.

Semoga terang abadi menyinari mereka sehingga mereka beristirahat dalam damai. Semoga jiwa para beriman beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.

Yesusku, demi kebajikan dari mahkota duri yang menusuk Kepala Suci-Mu, kasihanilah jiwa-jiwa yang paling terbuang dan terlupakan dan yang paling jauh dari pembebasan penderitaan di Api Penyucian.

Bapa Kami (1x) Salam Maria (10x).

Berikanlah istirahat kekal kepada (sebutkan nama orang yang didoakan), ya Tuhan.

Semoga terang abadi menyinari mereka sehingga mereka beristirahat dalam damai.

Semoga jiwa para beriman beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin

Yesusku, demi kebajikan dari langkah-Mu yang sangat menyakitkan yang Kau alami sambil memanggul kayu salib di bahu-Mu, kasihanilah jiwa-jiwa yang mendekati pembebasan Api Penyucian.

Demi kebajikan dari semua penderitaan yang Kau rasakan bersama Bunda Kudus-Mu saat Engkau bertemu dengannya di jalan menuju Kalvari, bebaskanlah jiwa-jiwa yang berdevosi pada Bunda Terkasih-Mu terhadap siksaan Api Penyucian.

Bapa Kami (1x) Salam Maria (10x).

Berikanlah istirahat kekal kepada (sebutkan nama orang yang didoakan), ya Tuhan.

Semoga terang abadi menyinari mereka sehingga mereka beristirahat dalam damai.

Semoga jiwa para beriman beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.

Yesusku, demi kebajikan dari tubuh kudus-Mu yang tergantung di kayu salib, dari kaki dan tangan suci-Mu yang ditusuk paku, dari kematian-Mu yang kejam dan dari tusukan di lambung-Mu, kasihanlah dan berilah kerahiman-Mu pada jiwa-jiwa malang dan ijinkanlah mereka untuk bersatu dengan-Mu di surga.

Bapa Kami (1x) Salam Maria (10x).

Berikanlah istirahat kekal kepada (sebutkan nama orang yang didoakan), ya Tuhan.

Semoga terang abadi menyinari mereka sehingga mereka beristirahat dalam damai.

Semoga jiwa para beriman beristirahat dalam ketentraman karena kerahiman Tuhan. Amin.

Dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus,

Amin.

Editors' Picks

3. Doa arwah Katolik yang ketiga

3. Doa arwah Katolik ketiga
Freepik/Wirestock

Dari doa arwah Katolik, Mama dapat mengajarkan anak bahwa doa tak hanya diberikan kepada mereka yang masih hidup. Namun, kita tetap harus mendoakan mereka yang sudah meninggal. Berikut adalah doa arwah Katolik yang ketiga:

Allah, pangkal kehidupan semua insan, Engkau telah memanggil (sebutkan nama orang yang didoakan) dari tengah-tengah kami untuk kembali kehadiratMu.

Dia sekarang berada di pangkuanMu. Tetapi, kami tetap merasa bersatu dengan dia. Sebab kami semua adalah putraMu, kami sama-sama anggota tubuh Kristus yang satu, warga persekutuan kaum beriman dahulu, kini dan yang akan datang.

Kami yakin bahwa hidupnya hanyalah diubah, bukannya dilenyapkan, dan bahwa suatu kediaman abadi kini tersedia baginya di surga.

Didasari oleh keyakinan ini, semoga dalam menghadapi maut yang terelakkan kami tidak lagi merasa takut, karena sungguh-sungguh didukung oleh harapan akan hidup abadi yang Kau janjikan kepada kami.

Bapa, ampunilah segala dosanya, dan terimalah dia dalam pangkuan kasihMu. Ia telah mati seperti Kristus, maka perkenankanlah ia pun bangkit seperti Kristus.

Kami berdoa pula bagi semua orang yang telah Kau panggil mendahului kami. Karena belas kasih dan kerahimanMu, semoga mereka memperoleh kebahagiaan bersama pada kudusMu.

Ya Bapa, semua harapan ini kami haturkan kepadaMu dengan pengantaraan Yesus Kristus, dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.

Amin.

4. Doa arwah Katolik yang keempat

4. Doa arwah Katolik keempat
Pexels/Barbara Olsen

Ditinggalkan orang yang terkasih, tentu adalah hal yang menyedihkan dan menimbulkan rasa kehilangan yang dalam bagi anak-anak. Jika anak ingin mengingat dan mendoakan keluarga atau teman yang telah meninggal dunia, Mama dapat mengajarkannya doa arwah Katolik yang keempat:

Tuhan yang berkuasa atas jiwa-jiwa, pandanglah kami yang berkumpul di sini untuk memohon kedamaian bagi arwah-arwah, yang telah pergi dari sisi kami, ketempat yang tidak terjangkau bagi kami, kecuali olehMu.

Kumpulkanlah mereka di bawah naungan sayapMu, diantara orang-orang saleh, yang telah dimakamkan disini dan dipersatukan dalam lingkungan jiwa-jiwa yang berbahagia untuk selama-lamanya.

Puaskan mereka dengan kenikmatan kekal yang berlimpah dan kebahagiaan; gembirakan mereka dalam taman Eden dengan kemuliaanMu. Biarlah mereka memandang keagunganMu, di antara orang-orang kudus dan murni, yang bersinar seperti surga tanpa awan.

Biarlah mereka tinggal dengan tenang dalam ketentraman dan kedamaian, agar mereka bersinar dalam cahaya abadi.

Angkatlah tanduknya dengan hormat bersama jiwa-jiwa yang saleh, yang duduk di tangga tahtaMu. Tuntunlah mereka ke tengah-tengah di antara mereka yang berdiri dihadapanMu.

Kami berdoa dalam namaMu, kami imani dan bersandar dengan janji-jani yang telah Engkau ucapkan kepada kami.

Amin.

5. Doa arwah Katolik yang kelima

5. Doa arwah Katolik kelima
Freepik/Wirestock

Berdoa bagi seseorang yang telah meninggal merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari tradisi iman gereja, yang diwariskan secara turun temurun dan berakar dari perjanjian lama didukung katekismus liturgi gereja Katolik. Berikut doa arwah Katolik yang kelima: 

Allah Bapa yang maha kuasa. Pencipta langit dan bumi. Dengarkanlah doa-doa kami, terutama untuk keluarga kami, untuk saudara-saudari kami yang saat ini telah mendahului kami dan sangat memohon belas kasih-Mu. 

Kiranya Engkau memberikan cahaya kebahagiaan dan kedamaian. Aku memohon dengan kerendahan hati, supaya Tuhan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, supaya mereka beroleh kehidupan kekal dan bisa berhimpun menjadi satu dengan orang-orang kudusmu.

Seperti halnya yang telah Engkau janjikan kepada Abraham dan semua keturunannya dalam iman. 

Lindungi mereka dari segala bahaya saat hari kebangkitan. Angkatlah segala kesedihan mereka, hapuskan air matanya. Berikanlah mereka kebahagiaan abadi dan penghiburan yang kekal.

Semua doa-doa ini kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus Juru selamat kami.

Amin

6. Doa arwah Katolik yang keenam

6. Doa arwah Katolik keenam
Pexels/Cottonbro

Sebagai orang yang masih hidup, tugas Mama adalah mengenalkan anak pada doa arwah. Tujuannya untuk mengajarkan anak mendoakan mereka yang telah meninggal dunia kepada Tuhan Yesus, agar Tuhan menolong mereka sehingga dapat selamat hingga ke surga. Berikut doa arwah Katolik yang keenam:

Tuhan Allah yang bertahta di kerajaan surga. Melalui doa permohonan ini, kami mempercayakan saudara-saudari kami yang telah berpulang kepada-Mu.

Kami sangat mencintai mereka selama mereka masih hidup, dan kini mereka telah berpulang. Ijinkanlah mereka memperoleh kebagahagiaan abadi. Dimana tidak akan ada lagi kesedihan, tidak ada lagi tangisan dan air mata.

Ampunilah segala dosa-dosanya. Ijinkanlah mereka untuk hidup dengan kekal, bersama para kudusMu dan para malaikat suci. Sehingga mereka tetap bisa memuliakan nama-Mu di surga.

Dengan bantuan perawan Maria dan orang kudus. Kami berdoa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, juru selamat kami.

Amin.

7. Doa arwah Katolik yang ketujuh

7. Doa arwah Katolik ketujuh
Freepik/Rawpixel-com

Pembacaan doa arwah Katolik juga meliputi ucapan rasa terimakasih kepada Tuhan, karena telah mempertemukan kita dengan orang yang baru meninggal dan permohonan agar segala dosa dan kesalahannya diampuni. Berikut adalah doa arwah Katolik yang ketujuh:

Allah Bapa, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami percaya akan belas kasih-Mu dan kerahiman-Mu yang tanpa batas.

Dengan kerendahan hati, hari ini kami memohon dengan sangat, lepaskanlah arwah mereka yang telah mendahului kami. Saudara, rekan, arwah leluhur kami masing-masing.

Dari segala dosa-dosa yang masih mengikatnya, ijinkanlah mereka untuk memasuki kehidupan kekal, kehidupan yang telah Engkau janjikan kepada Abraham dan keturunannya, dan bagi semua orang yang percaya akan kemurahan hatiMu.

Perkenankanlah mereka memandang kemuliaan  cahaya wajah-Mu dan memuliakan nama-Mu di surga. Ini semua kami mohon dalam Kristus, putra-Mu, dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa.

Amin

Itulah beberapa doa arwah Katolik atau doa bagi orang yang telah meninggal. Doa ini bisa anak ucapkan baik itu secara pribadi, maupun secara bersamaan dengan orangtua dan keluarga.

Semoga dengan mendoakan keluarga atau teman yang sudah tiada, mereka akan ditempatkan di sisi terbaik kerajaan surga. Amin!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk