Ini Lho, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut Anak

Selain anak menggunakan samponya, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker rambut lho!

9 Mei 2021

Ini, 7 Manfaat Lidah Buaya Kesehatan Rambut Anak
Freepik

Lidah buaya seringkali digunakan untuk menghiasi taman, teras, atau meja kopi di rumah. Namun apakah Mama tahu? Lidah buaya dikemas dengan nutrisi dan manfaat lho! itulah mengapa lidah buaya telah digunakan di zaman kuno sebagai bagian dari perawatan tubuh dan penyembuhan.

Lidah buaya diketahui dapat membantu dalam mengobati luka bakar, melembabkan kulit, dan menghilangkan rasa gatal. Tapi pernahkah Mama mendengar tentang manfaat lidah buaya untuk rambut?

Yup! selain baik untuk kulit anak, lidah buaya juga dapat membantu membuat rambutnya menjadi lebih sehat. Apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut anak? Dan bagaimana cara menggunakannya?

Yuk simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Freepik

Menurut peneliti Universitas Hawaii, lidah buaya telah digunakan untuk rambut rontok sejak pada jaman Mesir kuno. Faktanya, lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Enzim proteolitik ini mampu membasmi sel kulit mati di kulit kepala yang dapat menyumbat folikel rambut, yang mengurangi penyerapan nutrisi sehat ke dalam rambut.Kondisi seperti seborrhea pada anak menyebabkan penumpukan sebum di kulit kepala, hal ini bisa menyebabkan kebotakan parsial. Manfaat keratolitik Aloe Vera juga mampu memecah sebum dan sel kulit kepala mati, memungkinkan pertumbuhan rambut lebih lanjut.

Selain itu, sifat alkali Aloe Vera dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih tepat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, sekaligus membantu rambut anak agar mempertahankan air dan kelembapan.

2. Meredakan gatal

2. Meredakan gatal
Freepik/Kwanchaichaiudom

Lidah buaya memiliki khasiat antipruritic yang dapat meredakan gatal dan kekeringan. Penyakit pruritus termasuk masalah kulit dan kulit kepala yang mengganggu, seperti psoriasis pada anak.

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan produksi sel kulit yang berlebihan. Ingat, sifat enzimatik lidah buaya memungkinkannya untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan, sekaligus mengkondisikan kulit dan kulit kepala.

Karena produksi sel kulit berlebih adalah inti dari keberadaan Psoriasis, Mama dapat melihat mengapa lidah buaya dapat membantu anak dalam menghilangkan masalah ini.

Lidah buaya juga dapat mengurangi kemerahan, bersisik, gatal, dan radang psoriasis kulit kepala, yang juga membuat anak lebih nyaman.

Dalam sebuah penelitian yang dilaporkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis yang diobati dengan Aloe Vera menunjukkan peningkatan.

3. Menenangkan peradangan

3. Menenangkan peradangan
Freepik/Olyakomarova

Secara historis, salah satu kegunaan utama lidah buaya adalah untuk mengurangi kemerahan dan peradangan, baik secara internal maupun eksternal.

Namun dilansir dari simplyorganicbeauty.com, faktanya, lidah buaya telah lama digunakan pada luka bakar dan luka luar sebagai antiseptik untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan bakteri.

Bahan yang bertanggung jawab atas sifat menenangkan ini adalah Bradykinase, dan enzim anti-inflamasi analgesik, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa mirip aspirin dengan sifat anti-inflamasi, analgesik, dan antibakteri.

4. Mengurangi Ketombe

4. Mengurangi Ketombe
Freepik/Kwanchaichaiudom

Karena pemecahan enzimatis sel kulit mati dari lidah buaya, tanaman ini juga telah digunakan untuk pengobatan ketombe. Dari banyak penyebab ketombe, beberapa dokter mengaitkan kemunculannya dengan malassezia, jamur pemakan lemak yang dapat hidup di kulit kepala.

Beruntungnya, selain mengurai sel kulit mati, lidah buaya juga memiliki khasiat antijamur. Ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang asam, dan sifat alkalisasi dari lidah buaya melawan lingkungan jamur yang proaktif, sehingga mengurangi pertumbuhan dan penumpukan lebih lanjut.

Untuk mencegah bakteri dan jamur berkembang biak pada rambut anak, Mama dapat mengingatkan anak untuk selalu rutin cuci rambut dan kulit kepala secara teratur dengan sampo, terlebih lagi dengan sampo yang diformulasikan dengan kandungan Aloe Vera.

Editors' Picks

5. Mengkondisi kesehatan rambut dan kulit kepala

5. Mengkondisi kesehatan rambut kulit kepala
Freepik

Selain menenangkan dan memberantas masalah kulit dan kulit kepala, manfaat lidah buaya untuk rambut sebagai agen pengkondisi dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan  kuat.

Zat seperti gel dari daun Aloe barbadensis memberikannya komposisi kimiawi keratin yang serupa, protein alami dalam sel rambut. Kesamaan struktural ini memungkinkan penyerapan yang lebih mudah di sepanjang batang rambut.

Hal ini karena kandungan lignin yang ditemukan di Aloe Vera, bahan struktural utama dari kandungan selulosa, yang membantu kulit untuk menyerap manfaat lidah buaya hingga kedalaman 7 lapis.

6. Ini bertindak sebagai perlindungan dari matahari.

6. Ini bertindak sebagai perlindungan dari matahari.
Freepik/Lookstudio

Di masa kecilnya, anak cenderung senang bermain di area terbuka, di mana sering terpapar sinar UV matahari. Seperti yang Mama tahu, sinar matahari yang berlebihan dan berkepanjangan dapat merusak rambut anak, dengan menyebabkan kerapuhan, kekasaran, perubahan warna, dan kusam.

Namun dilansir dari allthingshair.com, penelitian menunjukkan bahwa saat rambut dirawat dengan jus lidah buaya, kerusakannya akibat terpapar sinar matahari tidak sebanyak rambut yang tidak dirawat.

7. Membantu rambut anak mejadi lebih halus dan berkilau

7. Membantu rambut anak mejadi lebih halus berkilau
Freepik/Bilanol

Sebagai orangtua, tentunya Mama ingin memiliki anak dengan rambut yang sehat hingga berkilau. Jika mencari pelembab alami untuk membuat rambut anak lebih halus dan berkilau, tanaman hijau ini bisa menjadi solusinya.

Lidah buaya mengandung Vitamin C dan E, yang merupakan antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut dan struktur rambut. Ini mewujudkan rambut si Anak yang lebih halus, berkilau, dan tampak sehat.

Cara Menggunakan Lidah Buaya pada Rambut Anak

Selain memberikan sampo dengan lidah buaya untuk anak, Mama juga dapat menerapkan perawatan alami dan murah ini untuk rambutnya, yaitu dengan membuat masker lidah buaya buatan sendiri. Tentunya, masker ini menggunakan bahan-bahan umum yang dapat ditemukan di dapur.

Berikut beberapa masker lidah buaya yang bisa digunakan untuk merawat rambut anak dan juga untuk rambut Mama:

1. Lidah buaya dan yogurt untuk rambut berkilau

1. Lidah buaya yogurt rambut berkilau
Freepik/Racool_studio

Campuran lidah buaya dengan yogurt ini tidak hanya untuk mengembalikan kilau tapi juga untuk menghilangkan ketombe.

Bahan yang diperlukan:

  • 3 sdt lidah buaya segar
  • 2 sdt yogurt
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt minyak zaitun

Cara menggunakan:

  1. Campur bahan dalam mangkuk dan oleskan pada rambut dan kulit kepala anak.
  2. Pastikan untuk memijat campuran tersebut di kulit kepalanya selama 10 menit untuk meningkatkan sirkulasi yang baik.
  3. Biarkan masker menempel di rambut anak selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

2. Lidah buaya dan minyak kelapa untuk rambut lembut

2. Lidah buaya minyak kelapa rambut lembut
Freepik

Suka melihat rambut anak yang kusut dan susah diatur Ma? Jika iya, gunakan masker lidah buaya dan minyak kelapa untuk membuat rambut anak menjadi lebih lembut.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 sdt gel lidah buaya segar
  • 1 sdt madu
  • 3 sdt minyak kelapa

Cara menggunakan:

  1. Campurkan bahan-bahan dalam mangkuk dan aduk rata.
  2. Kemudian, aplikasikan pada rambut anak dengan sapuan pijatan lembut.
  3. Biarkan masker bertahan selama 30 menit agar manfaat lidah buaya menyerap ke rambut.
  4. Sambil mendiamkan masker, minta anak untuk merasakan sensasi sejuk dan rileks lidah buaya.
  5. Bilas dengan air dan keramas rambutnya seperti biasa. Kemudian, biarkan rambut anak mengering secara alami dan lihatlah rambutnya yang lembut dan berkilau.

3. Lidah buaya dan telur untuk rambut kering

3. Lidah buaya telur rambut kering
Freepik/azerbaijan_stockers

Beraktifitas di luar ruangan dapat membuat rambut anak menjadi lebih kering dan kusam. Oleh karena itu gunakan masker lidah buaya dan telur untuk mengembalikan kelembutan rambut anak. 

Bahan yang diperlukan:

  • 3 sdt gel lidah buaya
  • 1 telur

Cara menggunakan:

  1. Campur gel lidah buaya dan telur dalam mangkuk dan aduk sampai membuat campuran seperti pasta.
  2. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala anak
  3. Tutupi dengan shower cap selama 30 menit. Kalau tidak ada shower cap, Mama juga bisa menggunakan handuk hangat untuk menutupi rambutnya.
  4. Kemudian, minta anak untuk membilas dan keramas seperti biasa.

Nahi itulah beberapa manfaat dan cara menggunakan lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut anak. Lidah buaya tidak akan pernah kehabisan kegunaan untuk merawat serta menyembuhkan beberapa kondisi kulit anak.

Yuk segera coba manfaat lidah buaya pada rambut anak!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.