Kandungan Penting dan Manfaat Minum Susu bagi Anak-Anak

Susu kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang anak

15 Oktober 2020

Kandungan Penting Manfaat Minum Susu bagi Anak-Anak
Unsplash/Robin Worrall

Anak-anak telah familiar dengan susu karena sejak lahir mereka telah mengonsumsi ASI. Menginjak usia 1-3 tahun, anak telah bisa mengonsumsi makanan padat. Namun, tak berarti anak berhenti minum susu. 

Meskipun bukan ASI, anak sebaiknya tetap mengonsumsi susu. Hal ini karena susu diperkaya dengan beragam nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak, Ma. 

Susu mengandung lemak dan karbohidrat sehingga dapat memberikan energi, protein untuk pertumbuhan, kalsium dan fosfor mendukung perkembangan tulang dan gigi, serta vitamin membantu melawan infeksi. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan manfaat minum susu untuk anak-anak. 

1. Kandungan nutrisi pada susu

1. Kandungan nutrisi susu
Unsplash/Robert Hrovat

Susu merupakan minuman yang padat nutrisi sehingga baik untuk tumbuh kembang anak. Berikut kandungan nutrisi dalam susu dikutip dari laman parentingfirstcry:

  • fosfor, yang penting dalam menjaga kekuatan tulang, memberikan energi untuk reaksi metabolisme, serta berperan dalam pencernaan, ekskresi, dan fungsi otak,
  • vitamin D atau vitamin sinar matahari, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan untuk sirkulasi darah.
  • vitamin A, yang berperan dalam membantu perkembangan penglihatan, memelihara kesehatan kulit, serta memperkuat tubuh melawan infeksi,
  • vitamin B2, berperan dalam membantu mengubah makanan kompleks menjadi glukosa, yang dapat dengan mudah dipecah untuk menyediakan energi,
  • cyanocobalamin, yang digunakan dalam produksi selubung mielin, zat penting dalam perkembangan saraf. Kandungan ini juga penting dalam produksi sel darah merah,
  • niacin, membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga mencegah kondisi seperti radang sendi dengan meningkatkan mobilitas sendi,
  • kalsium, mineral penting yang digunakan untuk membangun gigi dan tulang. Kalsium juga diperlukan untuk berfungsinya sistem peredaran darah dan sistem saraf, perkembangan otak, otot dan fungsi kardiovaskular.

Editors' Picks

2. Susu memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil

2. Susu memenuhi kebutuhan kalsium si Kecil
Unsplash/Robin Worrall

Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang dapat dikonsumsi anak Mama. Kalsium akan membuat tulang anak sehat, kuat, serta mencegah keropos tulang.

Melansir momjunction, kalsium dapat bantu mencegah sakit kepala hingga serangan migrain yang dialami anak-anak jika kekurangan kalsium. Kalsium juga mencegah obesitas pada anak.

Mengonsumsi susu akan membantu anak melawan timbunan lemak karena kalsium dapat mengurangi lemak yang tidak diinginkan dari tubuh.

Kalsium pada susu akan memenuhi kebutuhan kalsium harian sehingga dapat membantu pembekuan darah dan sinyal saraf. 

Kalsium juga bantu melepaskan hormon dan bahan kimia lainnya dari tubuh anak, serta membantu meremas dan mengendurkan otot sehingga tubuh anak lebih rileks, Ma.  

3. Bantu meningkatkan kesehatan gigi buah hati

3. Bantu meningkatkan kesehatan gigi buah hati
Unsplash/MI PHAM

Mengonsumsi susu dapat meningkatkan kesehatan gigi anak. Susu kaya akan kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk perkembangan serta kesehatan gigi anak. 

Selain itu, susu juga mengandung protein, yaitu kasein. Kasein membantu untuk membentuk lapisan tipis pada permukaan enamel gigi anak sehingga dapat menjaga kalsium dan fosfat. 

Banyak dokter gigi yang merekomendasikan agar anak hanya minum susu di antara waktu makan. Jadi, selain minum air, anak bisa mengonsumsi susu setelahnya. Waktu minum susu yang tepat ini tidak akan menyebabkan kerusakan gigi, Ma. 

4. Susu menjaga kesehatan jantung anak

4. Susu menjaga kesehatan jantung anak
Unsplash/Anna Kolosyuk

Tahukah Mama bahwa susu dapat menjaga kesehatan jantung si Kecil? Hal ini karena susu diperkaya dengan kalsium. Jumlah kalsium yang tepat akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada anak-anak.

Bahkan, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi susu setiap hari mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung, Ma. 

Magnesium dan potasium yang ada dalam susu berfungsi sebagai vasodilator yang mengatur suplai darah ke organ vital. Selain itu, susu juga dapat mengurangi tekanan darah sehingga berperan dalam mencegah hipertensi. 

5. Diperkaya dengan protein yang baik untuk tumbuh kembang

5. Diperkaya protein baik tumbuh kembang
Unsplash/Bady Baddas

Melansir laman asknestle, susu adalah sumber protein berkualitas yang kaya. Satu cangkir susu mengandung 8 gram protein yang baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ada 2 jenis protein yang ada dalam susu, yaitu kasein dan protein whey. Kedua kandungan tersebut dianggap sebagai protein berkualitas tinggi. Hal ini karena protein susu mengandung 9 asam amino yang diperlukan untuk fungsi tubuh optimal.

Selain protein, susu juga kaya akan lemak jenuh. Protein membantu membangun dan menumbuhkan otot, sementara itu lemak jenuhnya mencegah massa otot digunakan untuk energi.

Dengan demikian, tubuh anak Mama dapat mempertahankan jumlah otot yang sehat. Jadi, nutrisi pada susu dapat memberikan kekuatan otot dan mendukung metabolisme yang sehat, Ma. 

Itulah beberapa informasi penting mengenai kandungan nutrisi dalam susu dan manfaat mengonsumsinya bagi anak-anak. Semoga Mama mengetahui kebutuhan sehari-hari untuk si Kecil dan lebih memahami manfaat susu untuk anak ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.