Ketahui Manfaat Vitamin K untuk Anak-Anak, Ma

Berperan dalam proses pembekuan darah dan pertumbuhan tulang!

8 Januari 2021

Ketahui Manfaat Vitamin K Anak-Anak, Ma
Pexels/Ketut Subiyanto

Meski mungkin jarang terdengar, tetapi vitamin K perlu dipenuhi setiap harinya, Ma. Terlebih bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Anak-anak mungkin dapat memeroleh asupan vitamin K secara alami, melalui makanan yang dikonsumsinya. Mulai dari sayuran, daging, buah, kacang-kacangan, atau sumber lainnya. 

Mengutip laman Bundoo, Recommended Dietary Allowance (RDA) menunjukkan takaran vitamin yang diperlukan untuk berbagai kelompok usia.

Menurut Dewan Makanan dan Nutrisi di Institute of Medicine, RDA vitamin K yang direkomendasikan untuk anak-anak, yaitu :

  • Usia 1–3 tahun sebanyak 30 mikrogram/hari,
  • Usia 4–8 tahun sebanyak 55 mikrogram/hari, dan
  • Usia 9–13 tahun sebanyak 60 mikrogram/hari. 

Vitamin K cukup penting bagi tubuh. Hal ini karena vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah sehingga mencegah pendarahan berlebih ketika anak mengalami luka. Vitamin K juga dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com berikan penjelasan selengkapnya mengenai manfaat vitamin K untuk anak-anak. Dikutip dari berbagai sumber. 

Jenis vitamin K

Jenis vitamin K
Pexels/Jill Wellington

Sebenarnya, terdapat banyak jenis vitamin K, tetapi hanya ada 2 yang paling sering ditemukan dalam tubuh, yaitu vitamin K1 dan vitamin K2. Berikut penjelasannya dilansir dari Healthline:

  • Vitamin K1

Vitamin K1 atau yang disebut dengan phylloquinone, banyak ditemukan dalam makanan nabati, seperti sayuran berdaun hijau. Berdasarkan penelitian, vitamin K1 cenderung tidak diserap oleh tubuh dengan maksimal dan hanya bertahan selama beberapa jam saja di dalam darah. 

  • Vitamin K2

Vitamin K2 ini ditemukan pada makanan fermentasi, produk hewani, dan diproduksi juga oleh bakteri di dalam usus. Vitamin K2 cenderung mudah diserap oleh tubuh karena biasanya terdapat di dalam makanan berlemak. Selain itu, jenis vitamin ini dapat bertahan selama berhari-hari di dalam darah. 

Meskipun keduanya memiliki cukup perbedaan yang signifikan, tetapi fungsi secara umumnya sama. Keduanya termasuk dalam satu kesatuan, yaitu vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah, menjaga kesehatan jantung, dan juga tulang. 

Editors' Picks

1. Bantu proses pembekuan darah

1. Bantu proses pembekuan darah
Pexels/Luna Lovegood

Tubuh manusia diciptakan begitu unik nan canggih. Mereka dapat mencegah pendarahan berlebih yang bisa menyebabkan cedera hingga kematian.

Namun, prosesnya dibantu oleh peran vitamin K. Hal ini karena beberapa protein yang terlibat dalam pembekuan darah bergantung pada vitamin K untuk menyelesaikan tugasnya. 

Jika asupan vitamin K dalam tubuh terpenuhi, pendarahan anak mama akan lebih mudah terhenti saat mengalami peradangan atau luka. Jadi, perhatikan dengan baik kebutuhan vitamin Knya ya, Ma. 

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

2. Mengurangi risiko penyakit jantung
Pexels/Sharefaith

Salah satu manfaat luar biasa dari vitamin K, yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Vitamin K berfungsi untuk mengaktifkan protein yang dapat mencegah penumpukan kalsium di arteri.

Hal ini karena endapan kalsium tersebut bisa saja mengeras sehingga memicu plak yang menghambat aliran darah dan dapat menyebabkan penyakit jantung. 

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 di American Journal of Clinical Nutrition dengan 388 peserta berusia 60–80 tahun, menemukan bahwa vitamin K dapat memperlambat perkembangan kalsifikasi arteri koroner (KAK), penumpukan kalsium di arteri yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Walaupun penelitian tersebut mengacu pada orang-orang lanjut usia, tidak ada salahnya bagi para orangtua untuk melakukan pencegahan. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin K sejak dini pada anak-anaknya. 

Cara seperti ini juga mungkin dapat menumbuhkan kebiasaan anak untuk memerhatikan asupan vitamin K hingga hari tuanya nanti. Jadi, risiko penyakit jantung pun dapat dihindari. 

3. Baik untuk kesehatan tulang

3. Baik kesehatan tulang
Pexels/RUN 4 FFWPU

Penting bagi Mama dan Papa untuk memerhatikan pertumbuhan tulang. Hal ini karena tulang yang sehat dan kuat memungkinkan anak untuk lebih mudah dalam bergerak serta beraktivitas. 

Selain aktivitas fisik yang seimbang, kesehatan tulang juga dapat didukung dengan asupan vitamin K, Ma. Kebutuhan vitamin K yang cukup dapat mencegah risiko patah tulang sehingga tulang anak mama pun lebih padat, kuat, dan sehat. 

Itulah beberapa informasi penting mengenai manfaat vitamin K untuk anak. Yuk, penuhi kebutuhannya. Jangan sampai si Kecil mengalami defisiensi vitamin K, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.