TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Buah Bit untuk Anak, Bantu Kurangi Anemia

Buah bit mengandung segudang manfaat yang baik bagi kesehatan anak

6 Oktober 2022

7 Manfaat Buah Bit Anak, Bantu Kurangi Anemia
Unsplash/Monika Grabkowska

Selama masa tumbuh kembang, Mama tentu perlu memperhatikan asupan makanan anak mama. Asupan bisa diperoleh dari berbagai makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh anak. Maka dari itu, mengonsumsi buah dan sayur merupakan sebuah kewajiban.

Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi anak adalah buah bit. Buah bit adalah buah yang mempunyai bentuk seperti kentang dan berwarna ungu kemerahan. Buah ini mengandung begitu banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan.

Nah, berikut ini manfaat buat bit untuk anak yang perlu Mama ketahui yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. Disimak ya, Ma.

1. Bantu kurangi anemia

1. Bantu kurangi anemia
Pexels/Polina Tankilevitch

Buah bit yang identik memiliki warna kemerahan kerap kali dihubungkan dengan warna darah, sehingga buah bit ini juga sering dikonsumsi untuk mengatasi masalah anemia.

Mengonsumsi buah bit dalam bentuk jus bisa membantu regenerasi sel darah merah dan mengaktifkan kembali sel darah merah serta memasok oksigen segar ke tubuh. Zat besi dalam buah bit paling mudah diserap ke dalam aliran darah, sehingga baik bagi anak mama yang memiliki hemoglobin darah rendah dan anemia.

2. Memperlancar sistem pencernaan

2. Memperlancar sistem pencernaan
Pexels/Polina Tankilevitch

Buah bit dapat membantu memperlancar sistem pencernaan anak mama. Buah ini merupakan sumber serat yang baik. Hal ini karena dalam 100 gram buah bit mengandung 2,8 serat.

Buah bit mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan membuat pencernaan anak mama tetap teratur serta mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, penyakit radang usus, dan lainnya.

Editors' Picks

3. Baik untuk kecerdasan otak

3. Baik kecerdasan otak
Pinterest.com/Apothékary

Otak memiliki peran penting salama masa pertumbuhan anak. Oleh karena itu, buah bit sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Melansir dari Health Line, fungsi mental dan kognitif secara alami bisa menurun seiring bertambahnya usia anak, sehingga dapat meningkatkan risiko gangguan neurodegeneratif seperti demensia. Nah, kandungan nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aliran darah ke otak lho, Ma.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pinterest.com/BOA FORMA

Seorang anak tentu mempunyai keinginan untuk bereksplorasi di lingkungan sekitarnya. Kegiatan tersebut membuat anak mendatangi tempat-tempat kotor yang berisi kuman dan bakteri. Oleh karena itu, anak perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi buah bit. Buah bit mengandung segudang antioksidan alami dan vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan anak mama.

5. Mengatasi obesitas

5. Mengatasi obesitas
Pinterest.com/My Dominican Kitchen

Mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas pada anak. Maka dari itu, Mama bisa mencegah serta mengatasi obesitas anak dengan cara memberikan anak nutrisi yang seimbang, salah satunya yakni mengonsumsi buah bit.

Dengan buah bit, anak mama akan lebih bisa mengatur makanan yang masuk ke tubuh. Sebab, kandungan serat dalam buah bisa mampu mengatasi pencernaan yang terlalu cepat lapar.

6. Menangkal radikal bebas

6. Menangkal radikal bebas
Pinterest.com/Playful Cooking

Radikal bebas dapat memicu penyakit serius pada anak mama, seperti kanker, penyakit jantung, dan juga kerusakan pada paru-paru. Tentu Mama tidak ingin anak mama terkenal penyakit seperti itu bukan? Oleh karena itu beri anak buah bit yang mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah bit mengandung antioksidan yang didapatkan dari zat yang bernama betalain. Zat ini juga berfungsi sebagai antiinflamasi. Selain itu, senyawa betalain dalam buah ini diyakini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker kolon (usus besar).

7. Menjaga kesehatan mata

7. Menjaga kesehatan mata
Pinterest.com/Den

Untuk menjaga kesehatan mata anak mama, selain dari buah wortel Mama ternyata juga bisa mencoba memberikan buah bit pada anak. Kandungan lutein atau zeaxanthin dalam buah bit mampu menjaga kesehatan makula dan retina pada mata.

Selain itu, buah bit juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga tingkat kelembapan serta mencerahkan penglihatan.

Bagi anak mama yang mempunyai risiko katarak, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi buah bit. Sebab kandungan vitamin A dalam buah bit juga sangat dibutuhkan dalam berbagai fungsi vital tubuh, termasuk mata.

Nah itulah tadi informasi yang berisi manfaat buat bit untuk anak. Semoga informasi di atas dapat meyakinkan Mama yang ragu untuk memberikan buah bit pada anak. Selalu jaga kesehatan keluarga ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk