Ma, Yuk Jadikan 6 Minuman Sehat Ini Sebagai Penambah Gizi Anak

Daripada jajan minuman yang buat anak batuk, penuhi minuman ini untuk gizi anak ya Ma

8 Oktober 2018

Ma, Yuk Jadikan 6 Minuman Sehat Ini Sebagai Penambah Gizi Anak
tqn.com

Setiap orangtua pastinya memberikan asupan bergizi untuk anak-anaknya. Begitu juga dengan cemilan si Kecil, sebab di usianya sedang masa pertumbuhan dan memerlukan banyak vitamin maupun mineral.

Keduanya berperan besar dalam pemenuhan nutrisi mereka. Namun sayangnya anak-anak lebih menyukai cokelat dan keripik sebagai camilan. Sehingga tidak sedikit anak yang terkena obesitas. 

Sedangkan anak-anak sangat membutuhkan zat gizi yang komplet untuk membangun otot  yang kuat dan memperkuat tulang serta giginya.

Mama pun harus memberikan mereka cemilan yang tepat, yaitu memilih minuman sehat yang mengandung kalsium dan protein.

Nah, berbicara mengenai minuman sehat berikut penghilang dahaga yang bisa Mama berikan untuk si Kecil: 

1. Air putih

1. Air putih
Pexels/Rawpixel

Air putih merupakan minuman paling menyehatkan. Sebaiknya Mama membiasakan si Kecil untuk selalu mengonsumsi air putih.

Jika anak terbiasa minum air putih tentu ia tidak akan kelebihan kadar gula sehingga giginya tidak mudah rusak. Air putih juga dapat menghilangkan dehidrasi hingga mengatur suhu tubuh.

2. Jus buah

2. Jus buah
Pexels/Element5 Digital

Jus buah juga bisa sebagai minuman sehat yang Mama berikan. Pastikan jus yang diberikan terdiri dari 100 persen buah asli dan dapat memberinya sebanyak 120-180 mililiter/hari.

Kandungan vitamin yang terdapat dari jus buah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seratnya yang tinggi juga baik untuk pencernaannya. 

Editors' Picks

3. Air kelapa

3. Air kelapa
Pexels/Pixabay

Air kelapa tak hanya memiliki rasa yang segar. Namun air kelapa dapat Mama berikan sebagai minuman alami untuk si Kecil sebagai penghilang dahaga.

Air kelapa yang kaya akan elektrolit, kalium, dan antioksidan sangat baik dikonsumsi si Kecil. Air kelapa juga dapat menghilangkan bakteri pada tubuh dan melawan virus yang menyebabkan demam, infeksi, dan lain-lain. 

4. Susu

4. Susu
Pexels/samer daboul

Susu salah satu minuman penting yang Mama harus berikan untuk si Kecil. Susu yang kaya akan kalsium serta vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi yang kuat.

Pada usia mereka membutuhkan asupan kalsium sekitar 700 mg dalam memenuhi pertumbuhan serta serta perkembangan anak secara keseluruhan. 

5. Teh chamomile

5. Teh chamomile
Unsplash/carlijeen

Teh juga bisa menjadi pilihan sebagai minuman sehat untuk si Kecil. Mama bisa berikan ia teh chamomile.

Sebagai pemanis alami, Mama bisa tambahkan madu ke dalam segelas air teh chamomile. Jika anak meminum teh chamomile ia akan tidur lebih nyenyak dari biasanya. 

6. Yogurt

6. Yogurt
Pexels/Pixabay

Yogurt merupakan susu yang telah difermentasi dengan temperatur yang terkontrol. Dalam yogurt terdapat banyak protein, vitamin B, dan mineral.

Yogurt sangat baik untuk dikonsumsi untuk anak-anak. Yogurt dapat mencegah osteoporosis untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh si Kecil. 

Tidak dapat dipungkiri jika anak-anak bergerak lebih cepat dengan setumpuk aktivitas yang menguras energi. Maka dari itu Mama bisa memberikan minuman sehat di atas untuk kebutuhan gizi si Kecil. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.