5 Manfaat Clover Honey untuk Kesehatan Balita

Clover Honey dikenal sebagai sumber energi terbaik kedua setelah ASI

15 November 2020

5 Manfaat Clover Honey Kesehatan Balita
Freepik/Elenayakimova

Clover honey adalah madu yang berasal dari sari bunga atau nektar tanaman semanggi, yang dimakan lebah penghasil madu. Sehingga, madu yang satu ini memiliki aroma yang unik yaitu aromanya yang seperti bunga.

Tak hanya dari aromanya saja yang unik, namun juga dari segi warnanya. Clover honey memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan madu-madu lainnya.

Sehingga tidak heran jika banyak yang mencari madu ini untuk konsumsi sehari-hari.

Mama pasti telah mengetahui berbagai manfaat madu bagi tubuh si Kecil, namun berbeda dengan manfaat clover honey yang satu ini. Karena tekstur dan rasa madu ini juga lebih ringan, clover honey lebih disukai anak yang berusia 1-3 tahun.

Kali ini Popmama.com akan membahas tentang 5 manfaat clover honey untuk balita secara lengkap. Yuk simak informasi di bawah ini!

1. Terbebas dari bakteri Clostridium Botulinum yang menyerang pencernaan

1. Terbebas dari bakteri Clostridium Botulinum menyerang pencernaan
Pexels/Alexander Dummer

Clover honey telah diuji melalui uji laboratorim dan terbukti hasilnya negatif bakteri Clostridium Botulinum. Botulisme merupakan penyakit yang terjadi jika si Kecil menelan bakteri, yang kemudian memproduksi racun di dalam tubuhnya.

Apabila anak terkena paparan spora Clostridium Botulinum, dan menyebabkan bakteri dari spora berkembang biak di ususnya, maka bisa timbul racun yang sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Sehingga clover honey ini aman diberikan untuk anak berusia satu tahun ke atas. Meski sistem kekebalan tubuh dan pencernaannya yang masih lemah, balita boleh mengonsumsinya.

Editors' Picks

2. Meningkatkan daya tahan tubuh balita tanpa efek samping

2. Meningkatkan daya tahan tubuh balita tanpa efek samping
Freepik/wayhomestudio

Saat masih dalam usia pertumbuhan si Kecil cenderung rentan sakit karena metabolismenya yang belum sempurna. Untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, Mama bisa memberikannya madu.

Clover honey mengandung protein asam amino, vitamin, mineral, enzim dan asam fenolat.

Kandungan di atas membuat madu ini bersifat antioksidan, antibakteri dan antivirus yang bisa menjaga sistem imunitas balita agar tetap terjaga kesehatannya.

Ketika sistem imunitas balita kuat, maka tubuhnya akan lebih kuat melawan zat asing atau potensi infeksi di seluruh tubuh.

3. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak

3. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak
Freepik/Maria-sbytova

Sembelit atau diare merupakan penyakit yang sering menyerang anak di bawah usia 5 tahun. Namun diare bisa dicegah dengan pemberian madu ini, Ma.

Kandungan gula pada madu ini berperan sebagai prebiotik, yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik serta melancarkan saluran cerna.

Dengan pemberian 1-2 sendok teh madu clover honey, dapat membantu proses penyembuhan gangguan pencernaan si Kecil, seperti meredakan sembelit, susah buang air besar, dan diare.

4. Menjadi sumber energi terbaik kedua setelah ASI

4. Menjadi sumber energi terbaik kedua setelah ASI
Freepik/wayhomestudio

Clover honey juga dikenal sebagai sumber energi terbaik kedua setelah ASI. Hal ini disebabkan karena clover honey mengandung beberapa jenis gula alami. Seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, dan laktosa, keempat gula alami ini lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh anak.

Tidak seperti gula pada umumnya, kandungan dalam madu dapat diserap lebih lambat oleh si Kecil, sehingga anak tidak akan merasakan energi yang berlebih setelah mengonsumsi clover honey. Dengan pemberian secara rutin, dapat meningkatkan energi si Kecil pada masa pertumbuhannya.

5. Meredakan gejala sakit flu, batuk, serta sakit tenggorokan

5. Meredakan gejala sakit flu, batuk, serta sakit tenggorokan
Freepik/Kay4yk

Saat si Kecil terkena flu, batuk, dan sakit tenggorokan bisa terjadi akibat cuaca, makanan manis, atau penularan virus.

Untuk mengatasinya, Mama dapat memberikan clover honey karena memiliki kandungan antivirus untuk membantu mengencerkan dahak serta meringankan batuk dan flu.

Cukup berikan sekitar 1-2 sendok dalam sehari agar gejala menjadi berkurang. Manfaat ini berkat kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang ada di dalam clover honey untuk memperkuat daya tahan tubuh anak.

Nah itulah 5 manfaat clover honey bagi kesehatan balita atau anak di atas 1 tahun, maka jangan ragu untuk memberikannya pada si Kecil ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.