Peran Orangtua dalam Mendidik Anak

Peran Mama dan Papa sangat penting dalam pendidikan dan pembentukan karakter anak

31 Oktober 2021

Peran Orangtua dalam Mendidik Anak
Freepik/senivpetro

Pendidikan anak bukan pertama kali dimulai saat ia masuk PAUD atau TK, tetapi pendidikan pertamanya dimulai dari rumah. Orangtua juga merupakan guru pertama yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak. 

Orangtua dan keluarga di rumah memiliki dampak langsung dan sangat berpengaruh pada pembelajaran anak-anak, serta memainkan peran penting dalam mendukung pendidikan mereka.

Menurut penelitian oleh seorang Profesor Pendidikan Universitas California, Jacquelynne S Eccles, menunjukkan bahwa orangtua memegang peran penting dalam prestasi anak di bidang akademik.

Ketika orangtua terlibat dalam pendidikan anak-anak, mereka akan lebih terlibat dengan kegiatan sekolah mereka, serta mencapai hasil belajar yang lebih baik. 

Oleh karena itu, peran Mama dan Papa sangatlah penting untuk mendidik anak. Nah, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai apa saja peran orangtua dalam mendidik anak. Langsung saja disimak yuk, Ma!

1. Menjadi panutan yang baik

1. Menjadi panutan baik
freepik/prostooleh

Pada umumnya, anak-anak sangat mudah mencontohkan perilaku orangtuanya. Setiap kali orangtua mengatakan sesuatu, mengambil tindakan atau bereaksi terhadap seseorang atau sesuatu, anak akan mengamati perilaku orangtuanya.

Hal itulah yang membuat orangtua menjadi role model bagi anak. Sebagai contoh, dari apa yang ia amati saat orangtuanya berbicara, anak akan memperoleh keterampilan bahasa dan akhirnya belajar berbicara. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk bisa menjadi panutan yang baik untuk anak-anaknya. Inilah yang menjadi tantangan bagi orangtua untuk selalu memberikan contoh yang positif pada anak.

2. Mengawasi aktivitas anak

2. Mengawasi aktivitas anak
Freepik/pch.vector

Sebagai orangtua, penting bagi Mama dan Papa untuk mengawasi kegiatan yang dilakukan anak. Anak-anak secara alami memiliki rasa ingin tahu dan ingin mengeksplorasi dunia di sekitar mereka. Di sinilah peran orangtua untuk mengawasi dan mendampingi anak untuk menjaganya dari bahaya. 

Mama dan Papa bisa melibatkan diri untuk mengawasi anak dalam bentuk memberikan parental controlling pada setiap gadget yang diberikan. Selain itu, Mama juga bisa memasang permainan-permainan yang bersifat edukasi untuk anak. Dengan begitu, orangtua akan tahu aktivitas apa saja yang dilakukan anak saat bermain gadget.

Editors' Picks

3. Memberikan suasana yang menyenangkan

3. Memberikan suasana menyenangkan
Freepik/shurkin_son

Anak-anak mungkin menghadapi berbagai masalah di sekolah atau di luar rumah. Orangtua di rumah merupakan harapan anak untuk mendapatkan tempat bernaung dan beristirahat yang damai, menyenangkan dan membuat betah untuk tinggal di rumah.

Maka dari itu, Mama dan Papa harus memastikan bahwa anak-anak merasakan suasana yang damai dan menyenangkan di rumah. Sebaiknya hindari membahas permasalahan keluarga di dekat anak dan jangan membuat kekacauan di rumah dengan pertengkaran yang tidak perlu.

4. Membagikan pengalaman pribadi yang bisa menginspirasi anak

4. Membagikan pengalaman pribadi bisa menginspirasi anak
Freepik/gpointstudio

Mama dan Papa pasti memiliki pengalaman yang panjang mengenai kehidupan sekolah maupun pengalaman lainnya yang bisa menjadi pelajaran. Di waktu luang, Mama dan Papa bisa bercerita mengenai pengalaman tersebut pada anak untuk menjadi inspirasi dan pelajaran yang sifatnya membangun karakter anak. 

Mama bisa membagikan pengalaman positif pada anak agar ia bisa mencontoh dan terinspirasi. Namun, tak hanya yang positif, Mama juga bisa menceritakan pengalaman negatif untuk membantu mereka memahami pentingnya belajar. Cara ini juga bisa mengajari mereka tentang pentingnya kerja keras dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik di masa yang akan datang.

5. Menjadi teman bicara anak

5. Menjadi teman bicara anak
Freepik/shurkin_son

Sesibuk apapun orangtua, alangkah baiknya jika meluangkan waktu untuk menjadi teman bicara anak. Luangkan cukup waktu setiap hari untuk mendengarkan cerita dan keluh kesah anak. Beri mereka ruang untuk berbagi apa pun yang terlintas dalam pikiran mereka dan terbuka dengan perasaan mereka.

Menjadi teman bicara yang baik untuk anak memungkinkan Mama untuk bisa mengetahui kekhawatiran serta permasalahan yang dialami anak. Selain itu, anak juga bisa lebih terbuka dan merasa dekat dengan orangtuanya, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Manfaat keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak

Manfaat keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak
Freepik/prostooleh

Beberapa kemampuan kognitif anak berkembang saat masa pra-sekolah. Oleh karena itu, peran orangtua sangat penting dalam proses pendidikan anak usia dini untuk memastikan bahwa anak mendapat dukungan yang mereka butuhkan untuk mendukung perkembangannya.

Peran orangtua dapat menciptakan pengalaman yang lebih positif bagi anak-anak dan membantu anak-anak untuk memiliki potensi yang lebih baik ketika mereka berada di sekolah. Keterlibatan orangtua juga dapat memperluas pengalaman yang dimiliki anak karena adanya pengalaman nyata yang terjadi di rumah.

Nah, itulah informasi terkait peran orangtua dalam pendidikan anak. Peran orangtua memang sangat penting dalam pendidikan anak untuk membantu meningkatkan hasil belajar anak dengan memastikan bahwa mereka mendapat dukungan yang mereka butuhkan. Jadi, luangkan waktu untuk turut dalam perkembangan dan proses belajar anak yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk