Ma, Ketahui Perkembangan Umum Anak 1 Tahun, Yuk!

Seperti apa perkembangan umum fisik dan psikis anak umur 1 tahun? Simak selengkapnya, di sini.

11 Juni 2019

Ma, Ketahui Perkembangan Umum Anak 1 Tahun, Yuk
Pixabay/Mariwa-zu

Di usia 1 tahun, secara umum anak mulai percaya diri untuk melangkahkan kakinya. Diawali dengan tertatih-tatih, lambat laun kakinya mulai kuat untuk berdiri dan melangkah sendiri, merangkak naik turun tangga, menendang bola hingga mulai berlari jelang usia 24 bulan.

Kemampuan berbahasanya semakin berkembang dan mulai memahami kata-kata dari orang di sekitarnya. Di usia 18 bulan, anak bisa berbicara satu-dua kata dan menjelang usia 24 bulan, anak bisa menggunakan kata dalam kalimat pendek.

Di usia ini merupakan saat yang tepat bagi orangtua menstimulasi perkembangan bahasa anak dengan banyak membacakannya dongeng atau mengajaknya berbicara dalam obrolan sehari-hari. 

Anak usia 1 tahun mulai dapat mengidentifikasi bentuk dan warna. Tak heran jika ia senang dengan warna-warni krayon, tertarik dengan benda-benda berwarna terang dan kegiatan mengisi-menumpahkan mainan dari wadahnya.

Cermati Kemampuan Berjalan Anak Usia 1 Tahun

Cermati Kemampuan Berjalan Anak Usia 1 Tahun
Freepik/rawpixel.com

Namun, tiap anak memiliki tahapannya masing-masing dalam berjalan dan hal ini normal hingga ia mencapai usia 15 atau 16 bulan.

Mama bisa menstimulasi langkah pertamanya dengan memberinya kesempatan melangkah tanpa bantuan. Biarkan ia belajar melangkah di sekitar rumah dengan berpegangan pada dinding atau mendorong kursi yang ringan.

Penting diingat, pada tahapan ini pastikan area rumah bebas dari benda-benda berbahaya karena si Kecil masih belum bisa mengendalikan arah dan langkahnya, serta meraih apapun yang ada di sekitarnya untuk berpegangan.  

Editors' Picks

Memantau Perkembangan Anak secara Umum

Memantau Perkembangan Anak secara Umum
Pixabay/timkraaijvanger

Beberapa pertanyaan ini dapat membantu Mama mengantisipasi tumbuh-kembang si Kecil di tahun pertamanya:

  • Waktu tidur: Bagaimana siklus tidur anak saat siang dan malam hari?
  • Makanan: Makanan padat apa saja yang sudah dikonsumsi anak di tahun pertamanya? Bagaimana dengan selera makannya? Apakah ia menikmati kegiatan makannya?
  • Gigi: Berapa banyak giginya yang sudah dan akan tumbuh? Bagaimana kondisinya?
  • Perkembangan fisik umum: Apakah si Kecil dapat merangkak dengan baik? Mampukah ia bangkit berdiri sendiri? Bagaimana dengan kemampuan berjalannya? Bagaimana dengan kontak mata dan responnya terhadap stimulasi sekitar?
  • Penglihatan: Apakah si Kecil sering menggosok matanya? Apakah ia bisa menggenggam mainan dan buku lalu mendekatkan pandangannya?
  • Pendengarannya: Bagaimana reaksi si Kecil terhadap suara?
  • Bicara: Apakah si Kecil dapat menirukan suara, bergumam atau mengatakan kata-kata sederhana?

Tiap anak memiliki waktunya masing-masing untuk bertumbuh. Namun Mama perlu memberikan perhatian khusus jika ia menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

  • Tidak menunjukkan keinginan untuk melangkah hingga usia 18 bulan
  • Tidak memahami penggunaan obyek sehari-hari
  • Belum bisa berbicara sedikitnya enam kata hingga usia 18 bulan atau dua kalimat di usia 24 bulan
  • Tidak menirukan suara atau pun menirukan gerakan
  • Tidak dapat mengikuti instruksi sederhana
  • Kehilangan kemampuan yang sebelumnya dapat dilakukan

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!