Mengajarkan Anak Bersyukur, Ini 5 Doa Katolik Sebelum Tidur

Biasakan si Kecil berdoa di malam hari sebelum tidur ya Ma.

8 September 2020

Mengajarkan Anak Bersyukur, Ini 5 Doa Katolik Sebelum Tidur
spiritualray.com

Waktu malam, si Kecil pastinya bersiap-siap untuk tidur dan beristirahat. Sebelum itu, pastikan ia sudah menggosok giginya, cuci muka, dan yang paling penting berdoa sebelum tidur.

Berdoa sebelum tidur perlu Mama ajarkan pada anak sejak dini. Sebab sebagai umat Katolik, berdoa merupakan bentuk rasa syukur atas anugerah dan berkat dari Tuhan. Sudah sepantasnya kita berterimakasih atas kebaikan Tuhan sepanjang hari. 

Pada dasarnya doa malam tidak perlu dikatakan dengan panjang, apalagi penuh permintaan. Tuhan tidak menilai kesempurnaan, namun hanya ketulusannya. 

Pada kesempatan kali ini, Popmama.com akan memberikan 5 contoh doa sebelum tidur katolik yang sederhana bagi si Kecil. Yuk mulai biasakan anak mama berdoa sebelum tidur!

1. Doa spotan singkat sebelum tidur

1. Doa spotan singkat sebelum tidur
Freepik/Rawpixel-com

Terkadang si Kecil menganggap doa haruslah panjang. Ini membuat mereka malas untuk berdoa sebelum tidur. 

Mama perlu memberitahukan padanya bahwa doa yang baik tidaklah perlu diucapkan dengan panjang. Doa spontan dan singkat juga baik asalkan dilakukan dengan hati yang tulus dan sungguh-sungguh.

"Selamat malam Bapa, Tuhan kita Yesus Kristus. Malam ini saya akan beristirahat. Saya mohon berkat-Mu di malam hari ini. Semoga hari esok saya bangun pagi-pagi untuk kembali memuliakan nama-Mu. Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin."

Editors' Picks

2. Doa malam sebagai kebiasaan yang baik

2. Doa malam sebagai kebiasaan baik
Freepik/Sewcream

Meskipun masilah kecil, anak-anak perlu dibiasakan untuk berdoa malam sebelum tidur. Agar mereka semakin mengenal dan merasakan kasih Tuhan Yesus. 

Usahakan mereka berdoa malam setiap hari. Ajarilah mereka untuk menyukai kegiatan ini sebagai sesuatu yang menyenangkan. 

Inilah doa katolik sebelum tidur untuk anak yang mudah dihafal.

"Ya Yesus yang Maha baik, sebentar kami anak-anak-Mu mau tidur. Berkatilah kami agar bisa bangun besok pagi dengan tubuh yang segar untuk menjalankan aktivitas kami dengan baik. Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin."

3. Doa sebagai bentuk ungkapan syukur

3. Doa sebagai bentuk ungkapan syukur
Freepik/jcomp

Doa merupakan bentuk ungkapan syukur. Apalagi kita telah menerima berkat dan kasih Tuhan yang begitu luar biasa sepanjang hari. 

Ada begitu banyak hal yang Tuhan berikan dan perlu syukuri. Ini merupakan bentuk ucapan terimakasih sederhana yang boleh kita sampaikan pada Tuhan yang telah menebus dosa-dosa kita.

"Selamat malam Yesus Maha Baik. Aku mau bersyukur atas segala berkat karunia-Mu yang  sudah dicurahkan kepada kami sepanjang hari-hariku ini. Juga atas pengorbanan-Mu yang begitu besar dan tak mampu kami balas. Kini, aku akan istirahat tidur ya Tuhan. Semoga tubuh dan jiwaku dapat terbangun dengan segar di pagi hari. Sehingga bisa beraktivitas dan memuliakan nama-Mu. Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin."

4. Doa malam lengkap dengan permohonan

4. Doa malam lengkap permohonan
Freepik/Sewcream

Tidak ada kata salah dalam berdoa. Si Kecil dapat melakukannya secara spontan, ataupun lengkap dan panjang. 

Memohon sesuatu dalam doa malam merupakan hal yang baik. Ini bentuk penyerahan diri kepada Tuhan atas ketidakmampuan menghadapi beragam hal yang membuat kita resah. Dengan memohon tandanya kita percaya akan pertolongan dan campur tangan Tuhan. 

"Tuhan Yesus yang Maha Murah, Kami adalah anak-anakmu yang jauh dari sempurna. Bantulah kami agar mau selalu memuliakan nama-Mu. Mengikuti perintah-Mu dan menjauh dari apa yang Kau larang. Sebelum tidur, kami mau berdoa mengucap syukur kepada-Mu. Karena sudah menurunkan Roh Kudus untuk mendampingi kami sepanjang hari. Pada kesempatan ini, kami juga mau memohon kemurahan hati-Mu untuk ... (disispi doa permohonan) . Terimakasih Tuhan. Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus. Amin."

5. Doa sebelum tidur disertai dengan permintaan maaf

5. Doa sebelum tidur disertai permintaan maaf
Freepik/Jiboom

Setiap manusia pastinya selalu melakukan kesalahan, sekecil apapun itu. Kesalahan ini merupakan dosa yang menjauhkan kita dari Tuhan. Maka dari itu kita perlu memohon belas kasihan Tuhan ketika berdoa.

Mama dapat memberitahu si Kecil bahwa mohon pengampunan dosa juga dapat diselipkan di dalam doa malam. Ia merupakan bentuk pengakuan dosa yang ia telah perbuat sepanjang hari.

Membiasakan ini membuat anak mama semakin menyadari kesalahannya dan mau menyerahkannya kepada salib Yesus. 

"Selamat malam Tuhan, aku berterima kasih atas berkat penyertaan yang Engkau berikan. Hari ini ada banyak kesalahan yang kuperbuat. Aku mohonkan pengampunan-Mu agar dapat menghapus dosaku. Bantulah aku untuk tidak mengulanginya kembali di hari esok. Dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus.Amin." 

Membiasakan si Kecil berdoa di malam hari itu penting lho. Oh ya, Mama juga bisa mengajak si Kecil untuk doa bersama sebelum ia tidur.

Itulah doa sebelum tidur katolik yang sederhana dan mudah dihafal. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Mengajarkan Doa Pagi Katolik untuk Anak Sebelum Beraktivitas

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.