Mengapa Kucing Punya Kebiasaan Menjilat? Ceritakan Artinya ke Anak Yuk

Si Kecil suka bermain dengan peliharaannya? Kucing menjilat itu pertanda mereka sayang lho!

1 Maret 2021

Mengapa Kucing Pu Kebiasaan Menjilat Ceritakan Arti ke Anak Yuk
Freepik/Jcomp

Anak mama pastinya pernah memegang ataupun bermain dengan kucing bukan? Hewan lucu itu memang senang sekali diajak bermain. Namun tiba-tiba saja si Kecil jadi panik dan takut setelah kucing menjilat mereka.  

Tidak salah sih jika si Kecil merasa tidak nyaman bahkan sakit ketika dijilat. Sebab pada lidah kucing terdapat papila, duri kecil yang menghadap ke bagian belakang. Papila inilah yang akan menyebabkan sensasi gatal  pada jilatan kucing. 

Meskipun begitu, jilatan kucing tidak memiliki maksud untuk melukaimu ataupun si Kecil kok. Ketika kucing menjilatmu, itu tandanya mereka sayang dan merasa nyaman berada di dekatmu. 

Di samping itu ternyata masih ada lho pesan tersembunyi dari kebiasaan menjilat kucing. Bersama popmama.com yuk kita cari tahu apa saja maksud kebiasaan kucing tersebut!

1. Menunjukkan kasih sayang

1. Menunjukkan kasih sayang
Freepik

Setiap hewan memiliki cara berbeda menunjukkan rasa kasih sayang mereka. Jika anjing menunjukkan rasa kasih sayang mereka dengan cara mendekat dan bermain bersamamu, kucing menunjukkannya dengan cara menjilatmu. 

Kucing senang sekali menjilat majikannya, itu merupakan ungkapan rasa sayangnya karena telah merawat mereka dengan baik. Anak-anak kucing misalnya melakukan hal tersebut seperti manusia memberikan pelukan sebagai bahasa kasih kepada orang-orang yang mereka cintai.

2. mempererat ikatan dengan sang majikan

2. mempererat ikatan sang majikan
Freepik/freepic.diller

Salah satu alasan utama mengapa kucing suka menjilat si Kecil karena ini merupakan cara mereka mempererat relasi dengan manusia. Kucing terbiasa menerima hal tersebut sedari kecil, mereka mendapatkannya dari kedua orangtua mereka.  

Kucing betina terbiasa menjilati anak-anaknya sebagai cara menyikat, membersihkan kulit, sekaligus menunjukkan afeksi. Ini membangun ikatan yang kuat antara anak kucing dengan keluarga juga kelompok sosial mereka.

Kebiasaan tersebut akan terbawa secara alami sampai kucing bertumbuh dewasa. Maka tidak heran jika ia menjilat si Kecil sebagai cara memperkuat hubungan dengannya. 

Editors' Picks

3. Cara kucing membersihkan diri

3. Cara kucing membersihkan diri
Pexels/Buenosia Carol

Tahu tidak, ternyata kucing menjilat diri itu merupakan cara mereka memberihkan diri. Air liur kucing dapat membantu membersihkan kotoran dan bau yang melekat pada rambut mereka. 

Lidah kucing sendiri dikenal memiliki kemampuan mengangkat kotoran dari rambut. Kucing terbiasa saling menjilat satu sama lain untuk membantu membersihkan tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau sendiri. 

Oh ya, perlu kamu ketahui, kucing hanya mau "memandikan" kucing atau mahluk lainnya yang dirasa aman. Ini berarti jika kucing menjilat si Kecil, itu tandanya mereka mempercayai dan merasa aman berada di dekatnya. 

4. Tanda mereka merasa stres

4. Tanda mereka merasa stres
Freepik/prostooleh

Kebiasaan menjilat ternyata bukan saja cara mereka menunjukkan rasa nyaman dan sayang pada anak mama. Ternyata kucing juga melakukan kebiasaan ini ketika mereka merasa stres, tidak nyaman, atau bahkan cemas. 

Perilaku menjilat ketika sesuatu saat cemas ini sebenarnya sangatlah umum terjadi pada kucing dan hewan lainnya. Kucing akan menjilat anak mama atau benda-benda di sekitarnya ketika mereka merasa ada sesuatu yang menganggu. 

Ketika menyadari hal tersebut terjadi secara terus-menerus, kamu dapat menanyakan masalah tersebut pada dokter hewan. Namun jika kamu mengetahui apa yang menyebabkan kucing stres, kamu dapat mengalihkan atau menjauhkannya dari hal tersebut.

5. Cara kucing merawat bulunya

5. Cara kucing merawat bulunya
Pexels/Emily Hopper

Kita sebelumnya mengetahui bahwa kebiasaan menjilat kucing sebenarnya merupakan cara mereka "mandi". Tidak cuma mandi, kebiasaan ini juga menjadi cara kucing menyisir dan merawat bulunya. 

Perlu si Kecil ketahui, pada lidah kucing terdapat papila yang berfungsi seperti kait. Papila inilah yang membantu kucing untuk merapikan dan menyisir bulunya agar kembali halus. 

Perawatan ini juga membantu kucing menghilangan rambut lepas dari bulunya. Induk kucing terbiasa melakukan ini untuk menjaga, mengharumkan, dan menjalin relasi yang baik dengan anak-anaknya.

6. Kucing tidak ingin berbagi sesuatu

6. Kucing tidak ingin berbagi sesuatu
Freepik/wIrestock

Kucing merupakan hewan yang senang sekali menandai wilayah ataupun benda milik mereka, Kucing melakukan hal tersebut dengan cara menjilat apa yang mereka anggap sebagai kepunyaan mereka. 

Jilatan kucing bersifat teritorial. Maka dari itu, ketika kucing menjilat ia secara tidak langsung mengungkapkan bahwa itu adalah kepunyaannya. Dan ia tidak mau membagikannya pada kucing yang lain.

Jika Mama memelihara banyak kucing, Mama dapat melihat persaingan menjilat kucing-kucing yang saling memperebutkan juga mempertahakan wilayah dan benda peunyaan mereka. Lucu ya.

7. Menciptakan bau kelompok mereka sendiri

7. Menciptakan bau kelompok mereka sendiri
Pexels/Pixabay

Kucing umumnya hidup secara berkelompok. Mereka dapat membedakan anggota kelompok mereka berdasarkan bau yang khas. Kucing membentuk bau kelompok yang membantu mengetahui lingkaran sosial mereka.

Bau ini sangatlah penting di alam liar, sebab ini juga merupakan cara bagi kucing untuk menandai wilayah atau teritori mereka. Bau juga dapat menjadi cara kucing memperingati hewan lain untuk menjauhi teritorinya.

Ketika si Kucing menjilatmu atau si Kecil, itu tandanya mereka melihatmu sebagai bagian dari kelompok ataupun teritori mereka. Juga sebagai cara memberitahu kucing lainnya siapa dirimu. 

Ternyata ada banyak ya arti dari kebiasaan menjilat kucing. Mulai sekarang si Kecil untuk tidak perlu lagi takut ketika dijilat kucing. Itu tandanya mereka percaya lho pada anak mama. Yuk ajak si Kecil mencari tahu hal-hal baru guna memperluas pengetahuannya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.