TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Tren Pesta Ulang Tahun Anak di Tahun 2022

Rayakan hari spesial si Kecil dengan seru dan kekinian

8 Desember 2021

10 Tren Pesta Ulang Tahun Anak Tahun 2022
Freepik

Ulang tahun merupakan momen yang membahagiakan untuk anak-anak. Hari di mana mereka memperingati hari kelahirannya. 

Di hari yang spesial ini, tidak sedikit orangtua yang membuat perayaan ulang tahun untuk menambah kebahagiaan sang buah hati. Di samping itu, jika dilihat dari segi sains, perayaan ulang tahun pun memiliki manfaat lain, Ma.

Menurut Professor of Psychology and Director of the Children’s Research Lab at the University of Texas at Austin, Dr. Jacqueline Woolley, Ph. D., untuk anak-anak usia pra-sekolah, pengalaman tahunan dari perubahan satu waktu ke waktu yang lain sangat penting: karena tidak ada penyebab fisik yang jelas atau langsung, seperti jenis perubahan lainnya. 

Untuk itu, dengan adanya perayaan hari ulang tahun dapat membantu anak memahami bahwa dirinya kini sudah bertambah usia dan sudah tumbuh besar. 

Namun, adanya pandemi selama dua tahun terakhir ini membuat para orangtua harus merayakan ulang tahun anak di rumah saja bersama keluarga. 

Kini, pandemi sudah mulai mereda. Mama dan Papa dapat membuat perayaan ulang tahun di  luar rumah bersama banyak orang tersayang agar pesta lebih berkesan untuk anak. Hal itu bisa mulai dilakukan di tahun 2022 mendatang. 

Akan tetapi, kira-kira dekorasi pesta seperti apa ya yang cocok untuk perayaan ulang tahun anak di tahun 2022? 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa informasi mengenai tren pesta ulang tahun di tahun 2022 yang bisa Mama coba. Benar-benar kekinian banget, lho. Simak yuk, Ma! 

1. Watermelon party

1. Watermelon party
partyslate.com

Potongan buah semangka yang menyegarkan sepertinya akan menjadi tema perayaan ulang tahun yang hits 2022 mendatang. Pasalnya, Indonesia merupakan negara iklim tropis yang mengalami musim panas yang lebih panjang dibanding dengan musim hujan. 

Mama dapat mendekorasi tempat pesta si Kecil dengan menggunakan warna cerah seperti semangka seperti merah, pink, atau hijau.

Senada dengan tema yang diangkat, Mama dan Papa pun bisa memesankan kue bertema semangka untuk perayaan ulang tahun tersebut. Tak lupa camilan yang disediakan pun bertema semangka agar sama dengan tema dan pastinya membuat suasana pesta menjadi lebih segar dan sejuk. 

Selain itu, melalui buah semangka ini Mama dan Papa bisa menciptakan beberapa kegiatan menyenangkan selama pesta berlangsung lho. Misalnya, membuat perlombaan makan semangka tercepat dan yang menang akan mendapat hadiah. Wah, pasti jadi seru banget deh acara ulang tahun anak mama!

2. Pesta dengan bingkisan yang menggemaskan

2. Pesta bingkisan menggemaskan
partyslate.com

Walaupun kasus Covid-19 sudah menurun tetapi virus tersebut belum hilang, Ma. Maka tak ada salahnya jika Mama dan Papa mengadakan pesta ulang tahun si Kecil secara virtual atau perayaan yang singkat tanpa makan di tempat. 

Untuk melaksanakan acara seperti itu, penting untuk Mama dan Papa menyediakan bingkisan yang menggemaskan untuk anak-anak. 

Contohnya, karena perayaan yang singkat, anak-anak dapat memakan kue yang telah Mama dan Papa kemas dalam sebuah jar yang indah. Dengan demikian, anak-anak pun akan senang saat pulang dari pesta anak mama. Ia pasti tidak sabar untuk membuka jar cake tersebut. 

Jika perayaan ulang tahun si Kecil dilaksanakan secara virtual, kue dalam jar ini bisa Mama dan Papa kirimkan ke rumah teman-teman anak mama melalui ojek online atau yang lainnya. 

Wah, seru banget nih. Pesta ulang tahun yang aman, nyaman, dan menyenangkan. 

3. Wujudkan mimpi anak dengan menjadi tokoh idolanya 

3. Wujudkan mimpi anak menjadi tokoh idolanya 
Instagram.com/hamidahrachmayanti

Salah satu tema yang dapat Mama dan Papa terapkan dalam ulang tahun si Kecil adalah kartun animasi kesukaannya. Sebab, melalui perayaan tersebutlah anak mama bisa menjadi apa yang diidamkan dan disukainya. 

Misalnya, anak mama sangat suka Frozen. Maka Mama bisa membuat si Kecil mengenakan dress princess Elsa, kemudian Mama menjadi Anna dan Papa menjadi Pangeran Hans. 

Kemudian, ruangan pesta didekorasi semirip mungkin semirip mungkin dengan istana Elsa. Tak lupa menyajikan kue dengan karakter Frozen. 

Contoh lainnya, misalnya anak laki-laki mama sangat menyukai Spiderman. Maka Mama dapat menggunakan konsep tersebut untuk perayaan ulang tahunnya. Mama dapat membiarkan si Kecil menggunakan kostum Spiderman, menyediakan kue dengan karakter spiderman, serta mendekorasi ruangan bernuansa merah dan biru.

Tema ini pasti akan membuat anak mama sangat senang karena apa yang diidolakannya terwujud di kehidupannya. 

4. Pesta dengan tempat bermain anak

4. Pesta tempat bermain anak
partyslate.com

Selama pandemi, aktivitas anak-anak menjadi lebih terbatas, termasuk dalam hal bermain. Mereka harus bermain di rumah dan menyapa teman melalui virtual. 

Kini, keadaan pandemi sudah mulai mereda dan semoga terus mereda hingga di tahun 2022 mendatang. Dengan begitu, Mama dan Papa bisa mengadakan pesta ulang tahun dengan menyediakan tempat bermain untuk anak. 

Konsep pesta ulang tahun seperti ini tidak perlu terlalu serius dan diisi dengan begitu banyak rangkaian acara. Mama dan Papa bisa melaksanakan beberapa acara inti seperti doa bersama dan tiup lilin, kemudian selebihnya bebaskan anak untuk bermain di tempat yang telah disediakan. 

Pesta ulang tahun ini mampu membuat anak kembali bersosialisasi dengan teman-temannya. Wah, menyenangkan sekali ya!

Editors' Picks

5. Pillow party di taman 

5. Pillow party taman 
partyslate.com

Saat ini, piknik sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Semua ingin melepas penat dengan menikmati udara yang sejuk. Maka dari itu, pillow party (pesta bantal) masuk ke dalam tren pesta ulang tahun anak di tahun 2022. 

Pesta bantal ini biasanya mengusung konsep dekorasi bohemian atau warna-warna pastel. Namun, untuk anak-anak dekorasi yang lebih cocok yakni warna-warna pastel. Agar pesta terlihat lebih cerah. 

Dalam perayaan pesta ini, semua bantal akan disusun mengitari meja. Susunan seperti ini membuat pesta bantal terasa lebih intimate karena jarak duduk yang saling berdekatan. Sehingga sesama para orangtua yang mengantarkan anak ke pesta ulang tahun menjadi lebih akrab satu sama lain. 

Selain itu, biasanya tempat di luar ruangan membuat anak-anak menjadi lebih leluasa untuk bermain bersama teman-temannya. 

Pesta bantal ini membuat suasana ulang tahun tidak terlalu kaku dan pastinya anak-anak pun menjadi senang. Boleh banget nih dicoba, Ma! 

6. Garden party modern 

6. Garden party modern 
Soumae.org

Sebenarnya konsep ini tidak berbeda jauh dengan pillow party. Bedanya, garden party modern biasanya diset menggunakan meja dan bangku seperti meja makan pada umumnya. Jadi tidak duduk lesehan seperti pillow party. 

Pesta ini pun akan membuat para tamu undangan semakin dekat satu sama lain karena bangku yang disediakan pun akan berdekatan dan berhadapan dengan orang lain. Anak-anak dan orangtua yang datang ke pesta jadi semakin akrab deh. 

Keren banget ya konsepnya. Yuk dicoba! 

7. Unicorn party

7. Unicorn party
festalab.com.br

Unicorn atau kuda poni sampai saat ini masih terus digandrungi oleh anak-anak perempuan. Pasalnya bentuk mereka sangat lucu dan warna-warnanya sangat indah sehingga tak bosan untuk dilihat. 

Dengan begitu, Mama bisa menggunakan konsep unicorn untuk pesta ulang tahun si Kecil di tahun depan nih. 

Mama bisa mendekorasi pesta ulang tahun anak dengan warna-warna unicorn seperti pink muda, putih, ungu, dan biru muda. Warna-warna soft seperti itu cocok banget untuk anak perempuan mama yang sangat feminim. Sebab, warnanya girly banget, dijamin si Kecil pasti suka. 

8. Ice cream party 

8. Ice cream party 
espacoinfantil.com.br

Makanan manis dan menyegarkan ini bisa Mama jadikan konsep untuk ulang tahun si Kecil. Sebab, semua anak-anak pasti menyukai es krim. Jadi, setiap tamu yang datang ke pesta ulang tahun anak mama pasti akan senang. 

Mama bisa mendekorasi ruangan dengan warna-warna yang pastel. Kemudian sediakan pula kue untuk anak dengan hiasan es krim agar sesuai dengan tema. 

Selanjutnya, karena pesta ini bertema es krim, jangan lupa sediakan es krim untuk dimakan bersama-sama oleh anak-anak. Wah pasti mereka bahagia deh! 

Kemudian, jika ingin memberi bingkisan untuk dibawa pulang oleh anak-anak, Mama bisa mengemasnya di dalam sebuah kardus yang didesain seperti es krim. 

Konsep ini memang sangat menggemaskan dan pastinya menyenangkan. Patut dicoba! 

9. Candy party 

9. Candy party 
cakeandconfetti.com

Tidak hanya es krim, permen pun menjadi salah satu camilan favorit anak-anak. Jadi, konsep permen pun bisa diangkat menjadi tema untuk ulang tahun anak mama. 

Mama bisa mendekorasi pesta ulang tahun dengan warna-warna soft yang manis seperti permen. 

Selain itu, Mama juga bisa menyediakan berbagai jenis permen yang bisa dicoba oleh anak-anak. Dengan begitu, mereka pasti akan senang. Sebab, makanan manis dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh. Suasana pesta pasti akan jadi lebih menyenangkan deh. 

10. Charcuterie party 

10. Charcuterie party 
partyslate.com

Charcuterie merupakan suatu kegiatan populer dalam dunia memasak yang berasal dari Prancis. Aktivitas ini masuk kategori seni menyusun aneka makanan pada sebuah papan kayu dengan ukuran tertentu.  

Mama bisa banget mengusung konsep ini untuk ulang tahun si Kecil. Perayaan tersebut akan bernuansa elegan dan mewah. 

Untuk mempermudah Mama dan Papa melaksanakan perayaan ini, cobalah untuk mengadakan pesta ulang tahun si Kecil di restoran. Dengan demikian, Mama tak perlu melakukan dekorasi serta membuat makanan, minuman, dan camilan yang estetik.

Konsep seperti ini bisa diterapkan untuk pesta ulang tahun anak perempuan maupun anak laki-laki. Silakan dicoba, Ma! 

Nah itulah beberapa perayaan ulang tahun anak yang akan tren di tahun 2022. Semoga dapat membantu mengurangi rasa galau Mama dalam menentukan konsep ulang tahun si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk