7 Alasan Bercanda dengan Anak Itu Penting, Jangan Emosi Terus Ma!

Yuk ajak si Kecil bercanda di tengah-tengah kesibukan sehari-hari, Ma

18 Oktober 2021

7 Alasan Bercanda Anak Itu Penting, Jangan Emosi Terus Ma
Pexels/Ketut Subiyanto

Kehadiran anak dalam sebuah keluarga memberikan kebahagiaan tersendiri. Setiap orangtua berusaha untuk membesarkan anak dengan sebaik mungkin. Berbagai cara dilakukan agar anak bisa menjadi manusia yang hebat nantinya.

Namun sayangnya, beberapa orangtua terlalu sibuk untuk menyiapkan kebahagiaan anak di masa depan hingga lupa bagaimana rasanya dan apa manfaatnya bercanda dengan anak. 

Anak juga manusia yang bisa merasakan berbagai macam emosi yang ada di dalam dirinya.

Mereka bisa merasakan kesepian saat tidak ada orangtua di sampingnya, begitupun sebaliknya.

Ketika tidak ada anak yang menemani Mama dan Papa, maka sebagai orangtua tentu akan merasakan kesepian karena tak menemukan canda tawa dari anak. 

Untuk itu, Popmama.com ingin para orangtua tahu apa pentingnya bercanda bersama anak bagi orangtua itu sendiri ataupun bagi si Anak. 

Simak hingga akhir, inilah penjelasan bercanda dengan anak itu penting!

1. Bercanda bersama anak dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak

1. Bercanda bersama anak dapat meningkatkan kepercayaan diri anak
Pexels/Pixabay

Mengapa bercanda bersama anak bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri mereka? Karena orangtua adalah anggota keluarga terdekat yang mengetahui siapa jati diri anak. Anak juga manusia yang membutuhkan validasi tentang keberadaannya di dunia ini.

Dengan meluangkan waktu bercanda bersama mereka, setidaknya anak merasa lebih dekat dan merasa bahwa orangtuanya paham siapa mereka sebenarnya. Anak akan berani lebih terbuka bercerita apapun yang dirasakan. Dan validasi pertama yang ia dapatkan bukanlah dari orang lain, melainkan dari orangtua yang selalu bisa menerima mereka apa adanya. 

2. Orangtua jadi bisa belajar mendidik dengan tidak melibatkan emosi

2. Orangtua jadi bisa belajar mendidik tidak melibatkan emosi
Pexels/Michael Morse

Meluangkan waktu bersama anak untuk ikut mendengarkan cerita mereka dan bercanda bersama memang tidaklah mudah. Apalagi untuk orangtua yang memiliki pekerjaan di kehidupan sehari-hari. Namun cobalah untuk sebentar meluang waktu sekadar bercanda membahas lelucon bersama mereka.

Secara bertahap nanti orangtua akan paham bagaimana karakter anak. Senangnya diperlakukan seperti apa dan apa yang sedang mereka butuhkan. Sehingga ada momen di mana orangtua dan anak akan terlibat obrolan yang lebih terbuka. Menyampaikan dengan baik tanpa perlu melibatkan emosi dalam mendidik si Anak. 

Editors' Picks

3. Mengetahui kecerdasan emosi anak melalui bercanda bersama

3. Mengetahui kecerdasan emosi anak melalui bercanda bersama
Pexels/Victoria Borodinova

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah yang menyinggung hati dan perasaannya, bahkan dengan candaan sederhana apapun itu. Para orangtua bisa belajar untuk mengetahui secara sederhana dengan melibatkan mereka dalam kegiatan bercanda, dan anak pun bisa merasa lebih dekat dengan orangtuanya.

Bagaimana anak akan merespone setiap candaan dan bagaimana pula cara mereka mengatasinya. Apa mereka akan merajuk dan diam atau justru memberi perlawanan. Namun jangan disengaja menyakiti perasaan anak ya, Ma Pa. Biarkan semua mengalir di dalam kegiatan sehari-hari ketika keluarga sedang terlibat dalam sebuah candaan. 

4. Menghilangkan stress. Mama dan Papa bisa jadi lebih semangat

4. Menghilangkan stress. Mama Papa bisa jadi lebih semangat
Pexels/Yulianto Poitier

Dilansir dari website mayoclinic.org bahwa tertawa ataupun bercanda dapat menghilangkan stress, karena dengan tertawa akan menurunkan detak jantung dan tekanan darah, maka hasilnya perasaan siapapun yang sedang bercanda akan lebih dan santai.

Itu juga yang akan dirasakan ketika Mama dan Papa bercanda dengan anak. Tidak perlu jauh-jauh mencari cara untuk dapat menghilangkan stress dari penatnya kegiatan seharian atau pekerjaan yang menumpuk di kantor. Ajak saja anak untuk berbincang dan bertanya kegiatan mereka bagaimana, setelahnya selipkan candaan-candaan yang membuatnya juga ikut terbawa suasana. 

Bukankah tawa anak adalah ketenangan berharga yang mahal harganya, Ma, Pa?

5. Bercanda bersama bisa membangun pikiran yang positif untuk anak dan orangtua

5. Bercanda bersama bisa membangun pikiran positif anak orangtua
Pexeks/Gustavo Fring

Banyaknya kegiatan yang dilakukan orangtua sehingga mungkin dampaknya bisa langsung kepada anak. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan timbulnya pikiran yang negatif untuk keduanya. Untuk itu, agar bisa mendapatkan pikiran yang positif, bercandalah dengan anak.

Bercanda bersama anak akan membantu para orangtua untuk sedikit menghilangkan pikiran negatif yang dibawa orangtua ke rumah dari banyaknya kegiatan. Dengan bercanda dan tertawa bersama, orangtua yang ingin melampiaskan pikiran negatif akan berpikir dua kali untuk melakukannya karena tidak ingin merusak momen, dan akhirnya pikiran negatif orangtuapun pelan-pelan akan hilang. 

6. Anak akan mendapatkan memori yang indah untuk bisa dikenang

6. Anak akan mendapatkan memori indah bisa dikenang
Pexels/August de Richelieu

Bercanda bersama anak akan membuat anak memiliki memori indah yang akan terus diingat. Banyak sekali anak yang merasa trauma karena memiliki memori buruk dengan keluarganya. Tidak jarang juga mereka membandingkan kebahagiaan orang dengan kebahagiaan mereka karena mereka tidak memiliki memori yang indah untuk bisa dibagi.

Menciptakan memori yang indah pada anak dapat membantu pertumbuhan anak menjadi lebih baik. Ia akan merasa diterima dan kehadirannya benar-benar diinginkan diperlukan dalam keluarga. Sehingga perlu membangun komunikasi secara terbuka, bercanda dan tertawa bersama. 

7. Meningkatkan kesehatan tubuh orangtua dan anak dengan bercanda bersama

7. Meningkatkan kesehatan tubuh orangtua anak bercanda bersama
Pexels/ PNW Production

Bercanda dan tertawa artinya menghilangkan sejenak apa yang mengganggu di pikiran dan membiarkan pikiran negatif yang bisa mengganggu kesehatan tubuh untuk hilang. Mama dan Papa bisa bersama meningkatkan kesehatan tubuh dengan bercanda. Bisa diselingi dengan melakukan kegiatan memasak bersama, berkebun, piknik dan lain-lain. 

Sehat itu mahal harganya, lalu untuk apa kita menyepelekan hal kecil yang bisa membantu kita agar bisa tetap hidup sehat. Bercanda tidaklah sulit, hanya perihal meluangkan waktu. Sertakan anak untuk meningkatkan perkembangannya, perlu lakukan komunikasi agar anak merasa dekat dan merasa dihargai ya Ma, Pa.

Itulah beberapa alasan mengapa para orangtua perlu bercanda dengan anak. Semoga bisa tetap menjaga komunikasi dengan anak ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.