Ajarkan 3 Kebaikan yang Membawa Kegembiraan pada Anak Selama Ramadan

Mengajarkan kebaikan selama Ramadan, maka setelah ini akan menciptakan anak dengan versi yang baru

24 April 2020

Ajarkan 3 Kebaikan Membawa Kegembiraan Anak Selama Ramadan
Flickr.com/ilawars

Makin besar, maka anak semakin pintar dan penurut. Nggak juga lho, Ma. Ada saat-saatnya anak merasa malas dan kurang peduli pada orang di sekitarnya. 

Termasuk membantu Mamanya atau saudaranya yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan. 

Wah, padahal saat bulan Ramadan setiap kebaikan yang dilakukan akan mendapat ganjaran pahala yang melimpah. Nah, Mama perlu beritahukan pada si Kecil, penting untuk memperbanyak berbuat kebajikan selama bulan Ramadan.

Agar anak makin termotivasi berikut Popmama.com berikan tips mengajarkan kebaikan pada anak yang membawa kegembiraan selama Ramadan.

1. Mengajarkan anak bersedekah

1. Mengajarkan anak bersedekah
Freepik/rawpixel.com

Bersedekah kepada orang lain yang kurang beruntung bisa menjadi cara membangun rasa peduli dan belas kasih anak pada sesama. Mama bisa mengajak anak untuk belajar tentang empati pada kondisi anak-anak di keluarga lain.

Dengan bersedekah mereka bisa berbagi sambil membayangkan jika dirinya berada di posisi orang lain. 

Ajarkan anak untuk lebih bersyukur atas apa yang ia miliki sekarang. Ingatkan untuk lebih rajin beribadah dan berterima kasih pada Sang Pencipta.

Editors' Picks

2. Membiasakan anak untuk suka menolong dan membantu

2. Membiasakan anak suka menolong membantu
Freepik

Saling tolong-menolong bila ada yang butuh bantuan adalah kebiasaan yang harus dimiliki oleh si Kecil sejak dini.

 Ajak anak mama ikut menyiapkan makanan berbuka puasa. Selain dia jadi suka membantu, kegiatan ini bisa membuat Mama semakin dekat dengan anak.

Dengan rutin melakukan hal seperti ini maka Mama sudah mengajarkan kebiasaan suka membantu pada anak.

3. Membuat anak untuk suka berbagi

3. Membuat anak suka berbagi
Freepik

Mengapa ada anak yang sulit berbagi pada orang lain. Enggan mengijinkan mainannya dipinjamkan ke temannya.

Apakah anak mama seperti ini?

Bulan Ramadan menjadi momen yang pas untuk mengubah segalanya. Kebaikan ketiga yang bisa diajarkan ke anak mama adalah coba membuat anak untuk suka berbagi.

Lebih dari sekadar meminjamkan, ajarkan anak untuk berbagi dan memberikannya pada sesama. Ajak anak memilih barang yang mereka miliki, seperti mainan dan buku cerita. 

Maka barang-barang yang tadi sudah dipilih bisa diberikan kepada anak lain yang kurang beruntung. Dengan melakukan ini, anak sudah belajar bentuk kemurahan hati. 

Tips untuk Memotivasi Anak

Tips Memotivasi Anak
Freepik/prostooleh

Mama bisa mendorong dan menyemangati anak untuk melakukan beragam kebaikan. Jika si Kecil sudah mengikuti ajaran kebaikan dengan benar, maka Mama juga boleh memberikan sedikit hadiah seperti camilan kesukaan si Kecil.

Setelah anak melakukan kebaikan, ia tidak akan merasa sia-sia karena perbuatan baiknya telah dicatat dan ia pun gembira karena ada hadiah kecil dari Mama.

Biar makin semangat Mama juga bisa unggah video dan foto kebaikan anak ke media sosial. Bukan untuk pamer lho Ma, ini hanya untuk mendokumentasikan sebagai milestone anak dan mungkin bisa memotivasi keluarga lainnya sambil meramaikan tagar #bekinderwithkinderjoy #kindnesswithkinderjoy.

Seperti media rilis tertulis yang diterima Popmama.com bahwa Kinder Joy menciptakan gerakan bagi orangtua dan anak-anak untuk mempraktikan nilai positif. Caranya adalah menyebarkan kegembiraan selama bulan Ramadan dengan berbuat kebaikan pada sesama.

Itulah 3 macam cara untuk mengajarkan kebaikan pada anak agar bisa menjalani Ramadan dengan sempurna tahun ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.