11 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Anak yang Sembelit

Lakukan cara-cara ini untuk mengatasi anak yang sulit BAB

23 Februari 2021

11 Pengobatan Rumahan Mengatasi Anak Sembelit
Freepik/User9023173

Jika Mama pernah mengalami sembelit saat dewasa, Mama jadi tahu betapa tidak nyamannya hal itu. Sekarang bayangkan jika si Kecil yang mengalami sembelit. Anak sulit memahami apa yang terjadi di perutnya, dan bergantung pada usianya, anak tidak selalu dapat menyampaikan gejalanya.

Anak mungkin bisa mengalami sembelit untuk beberapa waktu sebelum Mama menyadarinya. Sembelit adalah sulit buang air besar, biasanya kurang dari tiga kali dalam 1 minggu. Dalam banyak kasus, sembelit anak bersifat jangka pendek dan sembuh dengan pengobatan.

Namun Mama tak perlu khawatir, ada banyak cara alami untuk membantu meredakan sembelit pada anak. Mama bisa membantu mengatasi sembelit anak di rumah, dan kebanyakan pengobatan telah didukung oleh penelitian.

Berikut ini Popmama.com akan membahas 10 pengobatan rumah untuk meredakan sembelit pada anak. Yuk simak cara mengatasi anak sembelit di bawah ini!

1. Perbanyak minum air putih

1. Perbanyak minum air putih
Freepik/A3pfamily

Kurang minum hingga dehidrasi dapat menyebabkan anak mmengalami sembelit. Untuk mencegah hal ini, penting untuk memberikan anak air minum yang cukup dan tetap terhidrasi. Sembelit juga dapat diatasi dengan meminum air soda.

Air soda dapat membantu mengembalikan cairan tubuh dan membuatnya bergerak kembali. Dilansir dari Medicalnewstoday.com, beberapa penelitian juga menemukan air bersoda lebih efektif daripada air minum dalam meredakan sembelit.

Namun, minum minuman berkarbonasi seperti soda manis bukanlah ide yang baik untuk anak, karena minuman ini dapat memiliki efek kesehatan yang berbahaya dan dapat memperburuk sembelit.

Beberapa orang dengan sindrom iritasi usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) menemukan bahwa minuman berkarbonasi justru memperburuk gejala, sehingga harus menghindari air soda dan minuman berkarbonasi lainnya.

2. Berikan anak jus lemon

2. Berikan anak jus lemon
Freepik

Jus lemon berfungsi sebagai obat yang bagus untuk sembelit pada bayi dan balita. Lemon kaya akan Vitamin C, yang membantu menarik air ke dalam usus. Ketika kadar air meningkat di usus, ini membantu melunakkan tinja dan merangsang buang air besar.

Campur jus setengah lemon dalam segelas air hangat, tambahkan madu ke dalamnya dan berikan kepada anak. Idealnya, sebaiknya dikonsumsi pagi hari ketika perut masih kosong.

Meminumnya di pagi hari juga dapat merangsang buang air besar anak, dan membantu meringankan sembelit. Selain jus lemon, Mama juga bisa memberikan jus prune dan jus apel kepada si Kecil jika ia menderita sembelit.

3. Berikan anak madu atau biji rami

3. Berikan anak madu atau biji rami
Freepik/Luis-molinero

Madu membantu memperkuat sistem kekebalan dan juga membantu sistem pencernaan. Tambahkan 1-2 sendok madu ke segelas susu dan berikan kepada anak di pagi hari saat perut masih kosong.

Selain itu, flax seed atau biji rami juga dapat membantu anak dalam mengatasi sembelit. Rebus beberapa biji rami dalam air selama beberapa waktu, lalu saring dan berikan air tersebut kepada anak. Selain mengatasi sembelit, biji rami juga dapat membantu mencegah sembelit.

4. Ajak anak untuk rutin berolahraga dan mandi air hangat

4. Ajak anak rutin berolahraga mandi air hangat
Freepik/User28489021

Jarang melakukan aktivitas fisik bisa menyebabkan masalah pencernaan dan penurunan metabolisme, yang memperparah gejala sembelit. Pastikan Mama dapat menjaga balita agar tetap sibuk dalam beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari, yang membantunya dalam merangsang buang air besar.

Pastikan anak juga bermain di luar ruangan, setidaknya selama satu jam setiap hari. Untuk meredakan sembelit, Mama juga bisa memandikan anak dengan air hangat. Tambahkan beberapa sendok soda kue ke dalam air mandinya, dan biarkan anak bersantai di dalamnya selama 10 hingga 15 menit.

Editors' Picks

5. Sertakan makanan berserat dalam dietnya

5. Sertakan makanan berserat dalam dietnya
Freepik

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak serat dapat membantu pergerakan usus. Jika sereal beras adalah bagian dari makanan anak, gantilah dengan sereal yang berasal dari biji-bijian barley.

Bersamaan dengan pemberian sereal barley, Mama juga bisa memberikan jus buah untuk anak, perpaduan ini akan membuat anak terbebas dari sembelit.

Pastikan Mama juga memasukkan sayuran seperti kacang-kacangan, bayam, ubi jalar, dan brokoli, serta buah-buahan seperti jeruk dan aprikot dalam makanan anak si Kecil untuk mencegah sembelit.

Kemudian, Mama juga bisa memberikan sirup jagung kepada anak, karena sirup jagung mengandung protein berbasis gula. Protein ini juga memainkan peran kunci dalam merangsang pergerakan usus pada anak.

6. Berikan anak buah blackberry

6. Berikan anak buah blackberry
Freepik

Blackberry dapat membantu anak dalam menstimulasi gerakan peristaltik. Peristaltik merupakan gerakan tak sadar di saluran pencernaan yang terjadi secara bergelombang dan membantu mendorong makanan ke depan.

Ini membantu mengatur ulang gerakan usus ke rutinitas biasa dan membantu anak buang air besar dengan lancar kembali. Mengkonsumsi blackberry yang mengencerkannya dengan air saat perut kosong, dapat efektif dalam membantu mendapatkan hasil yang diinginkan.

7. Berikan anak campuran pisang dan air panas

7. Berikan anak campuran pisang air panas
Freepik

Percayakah Mama jika pisang dapat menyembuhkan sembelit pada anak? Dilansir dari Parenting.firstcry.com, pisang ternyata adalah obat yang cukup populer untuk mengatasi sembelit.

Menggabungkan pisang dengan air panas, dan mengkonsumsinya di pagi hari, diketahui dapat membantu pencernaan, yang pada gilirannya bisa membantu meredakan masalah sembelit.

8. Susu magnesium juga bisa diberikan

8. Susu magnesium juga bisa diberikan
Freepik

Banyak orang yang juga menggunakan susu magnesia atau susu magnesium dikenal dapat mengobati sembelit sebagai bentuk pencahar.

Ini terutama berfungsi dengan mendorong air ke dalam usus, yang memicu pergerakan usus. Tetapi susu magnesium ini hanya boleh digunakan hanya untuk durasi yang singkat. Mama dapat mencampurkan satu sendok susu bubuk anak dengan susu magnesium dan memberikannya kepada anak.

Namun sebaiknya, sebelum mencoba alternatif ini Mama perlu berkonsultasi dengan anak tentang cara pemberiannya yang tepat.

9. Beri asupan probiotik

9. Beri asupan probiotik
Freepik/User21638329

Probiotik dapat membantu anak dalam mencegah sembelit kronis. Probiotik adalah bakteri hidup menguntungkan yang secara alami ada di usus, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus. Seringkali orang yang mengalami sembelit kronis disebabkan karena memiliki ketidakseimbangan bakteri di ususnya.

Mengkonsumsi lebih banyak makanan atau minuman dengan probiotik dapat membantu meningkatkan keseimbangan ini dan mencegah sembelit.

Dilansir dari Medicalnewstoday.com, penelitian di tahun 2019 menemukan bahwa mengonsumsi probiotik selama dua minggu dapat membantu mengobati sembelit, meningkatkan frekuensi tinja, dan konsistensi tinja.

10. Bagi anak dengan intoleransi laktosa, coba hindari produk susu

10. Bagi anak intoleransi laktosa, coba hindari produk susu
Freepik/Wertinio

Beberapa anak yang memiliki intoleransi dengan produk berbahan susu, mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan sembelit karena efeknya pada pergerakan usus. Ini termasuk anak yang tidak toleran terhadap protein susu sapi atau intoleransi laktosa.

Jika Mama mencurigai adanya intoleransi produk susu, Mama bisa membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat didiagnosis.

Dokter mungkin merekomendasikan untuk sementara menghilangkan susu dari makanan, sambil meningkatkan makanan kaya kalsium lainnya, untuk melihat apakah itu memperbaiki gejala sembelit pada anak.

11. Pengobatan Triphala

11. Pengobatan Triphala
Freepik/User22978605

Triphala, seperti namanya, merupakan kombinasi dari tiga tumbuhan obat, yaitu adalah amalaki, bibhitaki, dan haritaki.

Triphala memiliki banyak manfaat dan biasanya dikonsumsi dengan susu. Cara penggunaannya yaitu dengan menambahkan sesendok triphala ke susu hangat dan berikan kepada anak sebelum tidur. Pengobatan ini diklaim sebagai obat herbal yang efektif untuk sembelit.

Pengobatan dengan Triphala ini juga menjadi salah satu pengobatan rumahan India paling populer untuk sembelit pada balita.

Nah itulah 11 pengobatan rumah untuk meredakan dan cara mengatasi anak sembelit. Namun jika Mama sudah melakukan cara-cara di atas dan pengobatan tidak berhasil, sebaiknya Mama langsung membawa anak untuk berkonsultasi dengan dokter agar diberikan perawatan dan pengobatan yang lebih efektif mengobati sembelit anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.