10 Tips Sederhana untuk Merawat Kesehatan Mata Anak

Mata adalah jendela dunia yang perlu dijaga kesehatannya

31 Maret 2021

10 Tips Sederhana Merawat Kesehatan Mata Anak
Freepik/User13348820

Anak balita jarang mengerti jika ada yang salah dengan tubuhnya, kecuali jika ia terluka atau sakit. Sebagian besar balita yang belum memahami cara menjaga tubuhnya, seringkali mengabaikan tindakan aman yang mencegah terjadinya masalah.

Mata adalah organ yang sangat sensitif dan kerusakan apapun pada mata tidak mudah ditangani. Maka dari itu, perawatan mata balita adalah hal penting yang harus diingat. Dan untuk mendapatkan mata yang sehat, Mama hanya perlu melakukan beberapa cara sederhana.

Untuk melindungi mata si Kecil, kali ini Popmama.com akan memberikan 10 tips sederhana untuk merawat kesehatan mata anak, berikut ini:

1. Pencegahan harus menjadi garis pertahanan pertama

1. Pencegahan harus menjadi garis pertahanan pertama
Freepik/Jcomp

Daripada mengobati, pertama-tama mengambil tindakan proaktif untuk mencegah cedera, terutama jika menyangkut keindahan mata anak, seperti memastikan anak mengenakan kacamata pengaman setiap kali dia berolahraga atau melakukan aktivitas apa pun yang berpotensi melukai mata.

Pemberian kacamata bisa dilakukan saat anak bermain kembang api, bermain dengan warna, atau sebagainya. Bahkan saat berenang, klorin di dalam kolam bisa melukai mata sehingga Mama perlu ajak anak memakai kacamata renang.

2. Hindari menggunakan mainan keras dan tajam

2. Hindari menggunakan mainan keras tajam
Freepik/Voladora

Bahkan permainan yang kelihatannya tidak berbahaya, seperti bermain dengan mainan atau permainan papan, kesalahan sekecil apapun atau gerakan tangan orang lain yang tidak disengaja dapat menyebabkan mata anak terluka secara tidak sengaja.

Dalam kasus ini, Mama bisa memilih mainan atau benda-benda yang bersifat lunak atau dengan ujung yang tumpul. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan dan tidak melukai mata secara permanen. Namun, benda tajam bisa berisiko.

3. Jangan gunakan kosmetik mata pada anak

3. Jangan gunakan kosmetik mata anak
Freepik/Shutterdin

Mama mungkin ingin memakaikan eyeliner pensil di mata anak, karena terlihat menarik atau bagian dari tradisi yang sudah lama dipegang. Namun zat yang digunakan dalam kosmetik mata yang umumnya ditemukan di pasaran tidak aman untuk mata, terutama untuk anak kecil.

Bahkan pensil mata berkualitas tinggi dapat berisiko mengandung bahan kimia yang tidak aman. Jika bahan kimia ini bersentuhan dengan bola mata, hal itu dapat memengaruhi penglihatan anak.

4. Ajari anak untuk berhenti menggosok mata secara terus-menerus

4. Ajari anak berhenti menggosok mata secara terus-menerus
Freepik/Shapovalphoto

Iritasi pada mata akibat debu adalah situasi yang sering terjadi pada anak, dan tindakan refleksif pertama adalah menggosok mata untuk meredakannya. Namun, menggosok mata terus menerus dapat memperburuk masalah.

Benda luar apa pun yang ada di mata bisa lebih bergesekan dengan bola mata. Selain itu, jika tangan anak sedang kotor dan menggosok mata, hal tersebut dapat menularkan kuman dan bakteri yang kemudian mengakibatkan infeksi mata.

Jika anak sudah menderita konjungtivitis, gesekan mata bisa memperburuknya. Ajari si Kecil untuk menahan diri agar tidak menggosok mata, dan sebagai gantinya ajari anak untuk membersihkan tangan dan menggunakan air untuk membersihkan mata dengan cara yang benar.

Editors' Picks

5. Kurangi paparan dengan perangkat digital

5. Kurangi paparan perangkat digital
Freepik/Jes2ufoto

Perangkat dan layar digital dalam segala bentuk dan ukuran hampir tidak dapat dihindari di zaman sekarang. Anak segala usia senang bermain video game atau menonton video di ponsel.

Hal ini mengakibatkan anak duduk selama berjam-jam, atau bermain video game dalam waktu yang lama, akibatnya, mata anak terus-menerus fokus pada titik tertentu selama proses berlangsung.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan penglihatan, yang menyebabkan masalah penglihatan pada usia yang sangat muda.

6. Jaga jarak yang baik dari layar saat menonton televisi

6. Jaga jarak baik dari layar saat menonton televisi
Freepik

Kebanyakan anak senang menonton kartun dan acara favorit di televisi selama berjam-jam. Walaupun membuat anak menjadi lebih tenang, hal ini membuat mata anak tegang yang pada akhirnya menyebabkan masalah penglihatan.

Jadi, buat aturan di rumah untuk menonton televisi dengan duduk di sofa yang diletakkan agak jauh dari layar. Pastikan ruangan memiliki penerangan yang baik sehingga satu-satunya sumber cahaya bukanlah cahaya dari televisi yang menyebabkan mata tegang.

7. Pertahankan pola makan seimbang yang mendukung perkembangan mata

7. Pertahankan pola makan seimbang mendukung perkembangan mata
Freepik/Racool_studio

Pola makan yang sehat diperlukan untuk pertumbuhan tubuh yang optimal, dan mata juga memerlukan perhatian khusus. Sayuran berdaun hijau dan makanan kaya zat besi dapat meningkatkan penglihatan anak yang lebih tajam.

Buah-buahan seperti pepaya, mangga, dan lainnya yang terutama berwarna kuning, mengandung beta-karoten dalam jumlah yang baik, yang membantu perkembangan penglihatan si Kecil.

8. Istirahatkan mata dan tubuh dengan cukup

8. Istirahatkan mata tubuh cukup
Freepik/Pvproduction

Anak mungkin tidak terlalu memperhatikan, namun mata juga butuh istirahat. Untuk anak yang beraktifitas dengan menyaksikan televisi, ponsel, dan diikuti dengan bermain video game, dapat membuat mata menjadi stres.

Pastikan anak cukup tidur di malam hari, agar mata bisa beristirahat. Gantikan aktivitas malam hari dengan aktivitas yang tidak membutuhkan fokus mata. Seperti berjalan-jalan di taman, atau bermain permainan yang bergantung pada aktivitas fisik.

Atau anak juga bisa hanya berbaring dengan mata tertutup sambil mendengarkan dongeng dan musik.

9. Manfaatkan kacamata hitam saat berpergian keluar rumah

9. Manfaatkan kacamata hitam saat berpergian keluar rumah
Freepik

Matahari bisa menjadi sangat cerah pada waktu-waktu tertentu, terutama pada musim panas dan pada waktu puncak sore hari.

Jika keluarga sedang bepergian atau sedang berlibur di mana anak bisa menghabiskan banyak waktu di luar, penting agar matanya mendapatkan perlindungan, sama seperti menggunakan tabir surya untuk kulit.

Belilah kacamata hitam untuk anak, hal ini juga meningkatkan penampilan anak menjadi lebih menarik, selain itu juga memberikan tingkat perlindungan yang efektif dari sinar UV matahari.

10. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur

10. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur
Freepik/Hryshchyshen

Mama harus membawa anak untuk tes mata setidaknya setahun sekali ke dokter mata atau ke optik terdekat.

Jika anak pernah mengeluhkan tentang masalah yang berhubungan dengan mata atau tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas, ia mungkin menderita infeksi atau mungkin membutuhkan kacamata, yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu oleh dokter mata, untuk mengetahui tindakan tepat apa yang diperlukan.

Seperti sebuah motto yang hampir diketahui setiap orang, mata adalah jendela menuju dunia. Dan anak memperoleh banyak informasi hanya dengan mengamati dan melihat segala sesuatu di sekitarnya.

Pastikan anak dapat menjalani hidupnya dengan indah, dengan cara menerapkan perawatan mata dengan baik, dan memastikan penglihatan anak pada masa kanak-kanak terbebas dari masalah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.