Hal yang Harus Dilakukan Jika Anak Melihat Orangtua Berhubungan Intim

Terlihat anak saat berhubungan intim, bisa menjadi ingatan tersendiri baginya. Segera lakukan ini!

28 Juli 2020

Hal Harus Dilakukan Jika Anak Melihat Orangtua Berhubungan Intim
Freepik.com

Sebagai orangtua, kita diwajibkan menjaga dan mendidik anak sepnuh hati. Tak hanya memberikan asupan makanan bergizi dan sekolah yang bagus, sebagai orangtua juga harus bisa mendidik mental anak agar lebih baik dan siap mengahdapi masa depan.

Meski usianya masi terhitung balita, anak-anak juga bisa alami gangguan pikiran, Ma. Salah satunya ketika ia tak sengaja melihat Mama dan Papa sedang berhubungan intim.

Seperti yang dikutip dari Today’s Parent, anak-anak yang melihat dan mengetahui orangtuanya sednag berhubungan seks akan memberikan berbagai macam dampak pada dirinya.

Perlu diketahui, daya ingat anak sangtalha tajam, terlebih pada usia balita.

Anak usia ini akan lebih mudah menyerap apa yang ia lihat disekitarnya dalam jangka panjang. Itulah mengapa orangtua harus berhati-hati dan memastikan anak tidak akan melihat saat orangtua sedang berhubungan intim.

Namun jika sudah terlanjur diketahui anak, Mama dan Papa bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk menjelaskan kepada anak melihat orangtua berhubungan intim. Disimak yuk Ma, rangkuman Popmama.com berikut ini!

1. Jangan pura-pura tidak tahu

1. Jangan pura-pura tidak tahu
parenting.firstcry.com

Meski terlihat canggung, Mama tidak bisa berpura-pura bahwa anak tidak mengetahuinya. Ungkapkan kebenarannya tanpa perlu malu dengan seks. 

Usia si Kecil memang masih belita, namun ia sudah dapat mengingat dengan jelas apa yang ia lihat, Ma. Jadi jangan sampai anak dibiarkan tanpa penjelasan dari Mama dan Papa, ya!

Editors' Picks

2. Jelaskan seperlunya dengan mudah

2. Jelaskan seperlu mudah
Freepik

Biasanya orangtua akan kalang kabut saat anak mereka mengetahui bahwa orangtuanya sedang berhubungan intim. Di kondisi ini biasanya Mama atau Papa akan mudah mengatakan sesuatu yang salah atau berlebihan.

Untuk itu, orangtua harus meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri sebelum menjelaskan pada anak.

Mama bisa menjelaskan seperlunya dan tidak terlalu detail, sebab jika terlalu detail dan panjang itu hanya akan membuat anak merasa bingung.

Untuk usia anak 3 sampai 5 tahun mungkin ia masih belum memahaminya, Mama bisa menjelaskan secara sederhana seperti, "Mama dan Papa berpelukan karena kita saling mencintai," untuk merespon anak usia balita.

3. Mengedukasi tentang seks pada anak

3. Mengedukasi tentang seks anak
Freepik/ jcomp

Tujuan membicarakan ini adalah agar orangtua menjawab dengan jujur tanpa berlebihan. Mama bisa menjelaskan setelah insiden anak masuk ke dalam kamar orangtua, biasanya baik dilakukan keesokan harinya.

Anak biasanya merasa malu atau gugup untuk membahasanya, itulah mengapa orangtua harus datang padanya terlebih dahulu untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Posisikan Mama adalah sebagai anak, ajak anak bicara dengan situasi yang nyaman dan mudah dipahami. Meski usianya terlalu dini untuk diedukasi seputar seks, anak tetap memerlukan edukasi ini agar tidak salah pemikiran.

Baca juga:

Cara Menjelaskan ke Anak Jika Melihat Orangtua Berhubungan Intim

4. Memulai dengan meminta maaf

4. Memulai meminta maaf
Freepik

Keesokan harinya, saat situasi mulai tenang Mama bisa mendatangi anak untuk meminta maaf terlebih dahulu sebelum menjelaskan.

Mengapa perlu meminta maaf? Anak mungkin merasa ketakutan dan merasa gugup dengan apa yang ia lihat. Untuk itu Mama bisa mengatakan padanya, “Semalam waktu masuk ke kamar Mama, maaf ya. Mama sama Papa lupa mengunci pintu kamar.”

Setelah itu Mama bisa menjelaskan pada anak apa yang terjadi. Seperti pembahasan sebelumnya seputar edukasi seks, akan lebih baik jika Mama menggambarkan seks adalah sebagian dari hal normal yang terjadi dalam pernikahan antar orangtuanya.

5. Katakan bahwa itu bukanlah hal yang jahat atau menakutkan

5. Katakan bahwa itu bukanlah hal jahat atau menakutkan
huffingtonpost.com

Anak usia balita mungkin akan mengira bahwa apa yang dilihatnya adalah sesuatu yang jahat atau menakutkan dan perlu diatasi.

Biasanya anak akan mengira bahwa Papa sedang menyakit Mama. Oleh karena itu, Mama dan Papa bisa menjelaskan padanya bahwa itu bukanlah sesuatu yang jahat atau menyakiti satu sama lain.

Jelaskan bahwa Mama dan Papa sedang menikmati momen pribadi, bukan saling menyakiti. Cukup penjelasan sampai situ agar anak tidak bingung ya, Ma.

Nah, itu dia 5 hal yang bisa Mama dan Papa lakukan saat terpergoki anak sedang berhubungan intim. Untuk itu, pastikan kunci kamar selalu terkunci saat sedang bermesraan ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.