15 Makanan yang Mengandung Vitamin B untuk Anak

Vitamin B merupakan vitamin yang memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh anak

16 Desember 2020

15 Makanan Mengandung Vitamin B Anak
Freepik/prostooleh

Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian anak menjadi tanggung jawab kita sebagai orangtua. Terlebih di usia tumbuh kembang si Kecil yang membutuhkan asupan nutrisi bergizi untuk proses perkembangannya.

Salah satu vitamin yang memegang peran penting dalam tubuh anak ialah vitamin B. Zat ini bisa membantu pertumbuhan, perkembangan, serta fungsi lain pada tubuhnya.

Vitamin B merupakan delapan vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel tubuh. Kedelapan zat ini diantaranya B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12 yang disebut juga dengan vitamin B kompleks.

Mengingat manfaatnya yang penting bagi pertumbuhan si Kecil, maka sebagai orangtua, Mama perlu memenuhi asupan vitamin B harian anak dengan ragam jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B diantaranya ialah daging, telur, dan susu. Tak hanya itu saja, berikut ini Popmama.com telah merangkum 15 jenis makanan yang mengandung vitamin B untuk anak. Dicatat yuk, Ma!

1. Daging merah

1. Daging merah
Freepik/Racool_studio

Tahukah Mama, bahwa pada daging merah terdapat kandungan vitamin B yang dapat dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan vitamin B si Kecil lho!

Tak hanya vitamin B saja, Ma. Daging merah juga akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi lain yang menjadi sumber energi bagi tubuhnya. Salah satunya kandungan zat keratin yang bekerjasama dengan vitamin B untuk mengolah karbohidrat menjadi energi.

Baik untuk kesehatan mental dan menghindari anak yang kekurangan gizi nih, Ma.

2. Dada ayam

2. Dada ayam
Freepik/Timolina

Bukan tanpa alasan jika orang yang sedang menjalankan diet memilih mengonsumsi dada ayam sebagai sumber protein hariannya. Hal ini karena daging bagian dada ayam tanpa kulit menjadi sumber protein tinggi bagi tubuh, Ma.

Protein dan vitamin B pada dada ayam juga mampu membantu tubuh anak dalam membentuk dan menyimpan energi lebih banyak. Terlebih ketika si Kecil adalah tipekal anak yang sangat aktif bergerak setiap harinya.

Vitamin B pada dada ayam ini akan berperan menjaga sistem kekebalan tubuh anak, serta memberikan perlindungan terhadap kanker sejak dini. Mama bisa mengkreasikan ragam menu menggunakan dada ayam agar disukai si Kecil.

3. Susu

3. Susu
Unsplash/Nikolai Chernichenko

Susu menjadi asupan yang sangat penting baik untuk anak-anak, ataupun orang dewasa. Sebab dalam susu terdapat kandungan vitamin B yang akan memberikan efek rileks pada otot dan syaraf otot.

Kandungan vitamin B yang terkandung dalam susu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sejak usia dini.

Saat ini sudah banyak jenis susu yang bisa Mama temukan di pasaran. Mama bisa memilih yang sesuai dengan usia dan kebutuhan si Kecil ya!

4. Telur

4. Telur
Pexels/ Ekrulila

Telur menjadi bahan makanan yang banyak ditemui sebagai lauk makanan. Selain memiliki rasa yang lezat, telur juga menjadi sumber energi karena kandungan protein tinggi yang baik untuk tubuh.

Mama bisa memberikan si Kecil telur untuk membantu mempercepat proses metabolisme tubuhnya. Hal ini karena kandungan protein dan vitamin B kompleks pada telur yang baik dijadikan sumber energi utama dan gizi yang cukup.

5. Kembang kol

5. Kembang kol
Parents/Paula Hible

Sayur satu ini juga mungkin akan disuka anak mama karena berbentuk seperti bunga dan berwana putih yang mirip seperti brokoli, Ma. Sayuran satu ini memiliki rasa manis dan tekstur yang renyah sehingga akan sangat digemari anak-anak.

Mama bisa segera menyajikan kembang kol ini dalam keadaan segar untuk menjaga kandungan vitamin B pada sayuran tersebut. Selain kandungan vitamin B, kembang kol juga memiliki kandungan asam lemak omega-3, vitamin K, fosfor, kalium, dan sumber protein yang tinggi.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam kembang kol ini dipercaya mampu menyerang radikal bebas dalam tubuh karena mengandung karotenoid. Selain itu, zat tersebut juga mampu mencegah risiko kanker dan jantung sejak dini, Ma.

6. Bayam

6. Bayam
Pixabay/Showmeyourflowers

Sayuran hijau satu ini menjadi sayur yang banyak digemari oleh banyak orang, yaitu sayur bayam. Selain mudah ditemukan dan harganya terjangkau, bayam juga memiliki kandungan vitamin B yang sangat mudah dicerna oleh tubuh anak.

Selain itu, bayam juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mengatasai permasalahan sembeli, melindungi lambung, serta mencegah penumpukan racun di area usus besar. 

Kaya akan manfaat banget nih, Ma. Cocok diberikan si Kecil yang sedang dalam proses tumbuh kembang!

Editors' Picks

7. Kacang almond

7. Kacang almond
Freepik

Jenis kacang-kacangan juga dipercaya kaya akan kandungan vitamin B yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah kacang almond. Tak hanya vitamin B, almond juga mengandung riboflavin dan l-carnitin yang dapat membantu kecerdasan otak si Kecil.

8. Kacang mete

8. Kacang mete
tasteofhome.com

Tak hanya kacang almond, kacang mete pun memiliki kandungan vitamin B kompleks tinggi yang membantu protein dalam memecahkan karbohidrat menjadi sumber energi. 

Tak hanya itu, Ma. Kacang mete juga mengandung magnesium dan kalsium yang berkhasiat dalam memperkuat kepadatan tulang dan mampu mencegah kerapuhan pada tulang anak sejak usia dini.

9. Ikan tuna

9. Ikan tuna
Freepik/lifeforstock

Sebagai salah satu jenis ikan yang mengandung vitamin B12 tinggi, ikan tuna sangat baik untuk tumbuh kembang anak-anak mama. Sebab tak hanya vitamin B12 tinggi, ikan tuna juga kaya akan protein tanpa lemak, fosfor, selenium, dan vitamin A, dan vitamin B3. 

Sangat cocok dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil nih, Ma!

10. Salmon

10. Salmon
Freepik

Ikan salmon mungkin dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan sumber asam lemak omega-3 tinggi. Namun tak hanya itu saja, Ma. Ternyata, ikan salmon juga menjadi jenis ikan yang mengandung vitamin B12 tinggi.

Dengan kandungan protein tinggi pada ikan salmon, tentunya akan membantu mencukupi kebutuhan harian anak serta membantu proses tumbuh kembangnya. 

11. Keju

11. Keju
Freepik/pch.vector

Jika si Kecil menggemari makanan yang memiliki rasa asin, keju bisa menjadi pilihan bagi Mama dalam memberikan makanan yang bergizi. Selain tinggi vitamin B12 karena terbuat dari olahan susu, dalam keju juga terkandung kalsium, protein, vitamin A, fosfor, riboflavin, magnesium, dan seng (zinc) yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

Bisa dijadikan camilan atau pun diolah sesuai dengan makanan kegemaran anak Mama nih, dicoba yuk!

12. Yoghurt

12. Yoghurt
Freepik

Serupa dengan keju, yoghurt juga merupakan jenis makanan yang terbuat dari olahan susu yang mengandung vitamin B12 tinggi untuk kesehatan tubuh. 

Jika si Kecil menyukai makanan yang memiliki rasa sedikit asam, yoghurt bisa Mama jadikan pilihan sebagai makanan pendampingnya yang akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Mama juga bisa lho menyajikan yoghurt dengan berbagai toping yang disukai anak, seperti kacangan-kacangan atau buah-buahan menyegarkan yang ia suka.

13. Melon

13. Melon
Pixabay/JillWellington

Beralih ke buah-buahan yang mengandung vitamin B, buah melon dipercaya kaya akan kandungan vitamin B yang lengkap nih, Ma!

Kandungan tersebut tentunya dapat membantu sistem kerja jantung dan akan mencegah risiko serangan jantung pada anak sejak dini. Buah satu ini juga menjadi jenis buah yang memberikan efek segar, mencegah stres, dan juga melancarkan pasokan oksigen menuju otak.

14. Apel

14. Apel
Pexels/Matheus Cenali

Tak hanya melon, apel juga menjadi jenis buah lainnya yang mengandung beragam jenis vitamin B di dalamnya. Kandungan vitamin B pada apel ini mampu memberi reaksi neurotransmiter pada otak anak yang nantinya dapat membantu meningkatkan fungsi memorinya.

Selain kandungan vitamin B, apel juga memiliki kandungan flavonol yang memiliki fungsi dalam mencegah radikal bebas. Itulah mengapa apel menjadi buah yang baik dalam menangkal radikal bebas, Ma.

15. Pisang

15. Pisang
Freepik/lifeforstock

Untuk menghindari anemia pada anak sejak dini, Mama bisa memberikan anak buah pisang yang memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Buah yang identik warna kuning ini menjadi salah satu buah kegemaran anak-anak karena rasanya yang lezat.

Tak hanya lezat, pisang juga menjadi salah satu jenis buah yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terkena penyakit jantung. Jadi, bisa menjadi pencegahan awal sejak anak usia dini nih, Ma.

Nah, itu tadi sederet makanan yang mengandung vitamin B untuk anak. Mama bisa mengkreasikan ragam makanan di atas untuk disajikan anak setiap harinya.

Semoga infromasinya bermanfaat ya, Mama!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.