5 Cara Melatih agar Anak Selalu Berkata Jujur

Membangun karakter anak yang selalu berkata jujur

2 Januari 2021

5 Cara Melatih agar Anak Selalu Berkata Jujur
Freepik/Katemangostar

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang berkepribadian baik. Orangtua pasti berharap jika anaknya akan menjadi seseorang yang dapat dipercaya dan selalu berkata jujur.

Agar anak memiliki karakter yang jujur, orangtua perlu mendidik dan melatih agar anak terbiasa berkata jujur. Sebab, untuk membangun karakter yang baik perlu dilatih dan dibiasakan sejak anak masih kecil.

Melatih ucapan jujur ini penting. Sebab, ucapan ibarat seperti dua sisi mata pisau. Bila ucapan itu adalah ucapan yang baik dan jujur maka ucapan itu akan bermanfaat.

Namun sebaliknya, jika yang diucapkan adalah kebohongan maka akan melukai. Sedangkan yang orangtua harapakan, anak akan selalu mengucapkan perkataan yang jujur untuk kebaikannya.

Ada beberapa cara melatih anak selalu berkata jujur. Kali ini, Popmama.com telah merangkumkan beberapa hal yang bisa Mama lakukan. Simak informasi berikut ini ya!

1. Berikan panutan sebagai orangtua yang selalu berkata jujur

1. Berikan panutan sebagai orangtua selalu berkata jujur
Freepik/prostooleh

Dalam sebuah pepatah mengatakan, “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.” Artinya, anak akan memiliki sifat yang tidak jauh dari sifat orangtuanya. Sebab, selain karena faktor genetik, orangtua juga menjadi guru atau panutan pertama anak salama awal kehidupannya.

Untuk melatih agar anak selalu berkata jujur, yang pertama kali orangtua harus lakukan adalah selalu berkata jujur. Orangtua adalah contoh yang akan paling sering dicontoh.

Editors' Picks

2. Selalu tepati janji yang sudah diucapkan

2. Selalu tepati janji sudah diucapkan
Bellamysorganic.com.au

Terkadang orangtua sering mengiming-imingi hadiah untuk membujuk anak agar mau melakukan apa yang orangtua katakan. Misal, “Ayo, Nak, makan yang banyak. Nanti Mama kasih es krim kalau nasinya habis.” Namun, setelah anak menyelesaikan makanannya, orangtua akan berkelit berbagai alasan agar anak tidak makan es krim.

Hal tersebut ternyata akan membuat anak merasa mengucapkan sesuatu yang tidak dilakukannya adalah hal yang diperbolehkan. Oleh karena itu, selalu menepati ucapan adalah salah satu cara melatih agar anak selalu berkata jujur.

3. Biasakan untuk selalu menghargai kejujuran anak

3. Biasakan selalu menghargai kejujuran anak
Freepik/Yanalya

Membiasakan untuk selalu menghargai kejujuran anak juga merupakan sebuah cara untuk melatih agar anak selalu berkata jujur. Walaupun hal yang diungkapkan anak adalah sebuah kesalahan yang telah diperbuatnya, Mama tetap harus menghargainya karena telah berani mengatakan yang sebenarnya.

Hal tersebut akan membuat kemungkinan anak berbohong menjadi sangat kecil mengingat orangtuanya akan mendengarkannya walau ia telah melakukan kesalahan. Tetapi jangan lupa untuk tetap menasihatinya dengan cara yang baik.

4. Jangan ucapkan dia adalah pembohong

4. Jangan ucapkan dia adalah pembohong
Freepik/Sheremetaphoto

Jika mendapatkan anak berkata bohong, jangan sampai terucap dari mulut Mama dengan mengatakan dirinya sebagai pembohong. Ucapan orangtua terhadap anak sangat memengaruhi mental dan sikapnya hingga ia dewasa. 

Sikap yang bisa Mama lakukan adalah dengan mengungkapkan bahwa Mama sangat tidak suka saat anak berkata bohong. Beritahukan bahwa Mama akan sangat menghargainya jika ia berani berkata jujur.

5. Berikan nasihat saat anak terlihat berbohong

5. Berikan nasihat saat anak terlihat berbohong
Shutterstock/Tom Wang

Cara melatih agar anak selalu berkata jujur yang perlu Mama lakukan adalah memberikan nasihat saat anak terlihat berkata bohong. Berikan konsekuensi-konsekuensi jika seseorang berkata bohong. Misalnya, ia akan menjadi tidak dipercaya oleh temannya, sulit mendapatkan teman, dan berbagai konsekuensi lainnya.

Pada dasarnya anak adalah makhluk yang sangat jujur. Namun, pengaruh lingkungan dan faktor lainnya membuat dirinya bisa saja berbohong. Oleh karena itu, orangtualah yang harus menanamkan nilai kebaikan dan menerapkan cara melatih kejujuran kepada anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.