Selain Sandra Dewi, Ini Artis yang Lahiran dengan Metode Hypnobirthing

Agar lahiran lebih rileks gunakan metode hypnobirthing, Ma!

28 Juli 2021

Selain Sandra Dewi, Ini Artis Lahiran Metode Hypnobirthing
Instagram.com/sandradewi88/oliviajensen

Rasa khawatir atau takut ketika ingin melahirkan pasti dirasakan pada setiap ibu hamil. Agar merasa rileks, tenang dan tidak takut ketika melakukan prosesi melahirkan, Mama dapat mencoba metode Hypnobirthing. 

Hypnobirthing adalah suatu metode melahirkan yang mengandalkan teknik relaksasi agar ibu hamil merasa siap menghadapi persalinan. Teknik ini mempelajari pemahaman tentang pernapasan, relaksasi, visualisasi, nutrisi, pembentukan tubuh, dan praktik meditasi. 

Dilansir dari What to Expect, hypnobirthing mengajarkan teknik relaksasi yang melembutkan tubuh saat melahirkan. Bagi beberapa ibu hamil, teknik ini dapat membantu mengalihkan perhatian dari intensitas persalinan, membuat pengalaman persalinan menjadi lebih positif dan tidak terlalu menakutkan.

Teknik relaksasi ini juga pernah dicoba oleh beberapa artis Tanah Air saat ingin melahirkan buah hatinya. Nah ini Ma deretan artis yang melahirkan dengan metode hypnobirthing, Popmama.com telah merangkumnya.

Intip pengalamannya yuk, Ma!
 

1. Fiona Anthony

1. Fiona Anthony
Instagram.com/fionaanthony

Istri dari aktor Dion Wiyoko, Fiona Anthony telah melahirkan buah hatinya pada 17 Juli 2021 lalu. Bayi perempuan yang bernama Gianna Mae Wiyoko dilahirkan secara prematur. Diketahui bahwa saat usia kandungan baru menginjak 35 Minggu, Fiona sudah melahirkan Gianna. 

Melalui akun Instagram Fiona, ia menceritakan bahwa telah mengikuti metode hypnobirthing. "Kemarin baru selesai sesi hypnobirthing pertama bareng Ibu @lannykuswandi Kelasnya dua jam tapi impactnya luar biasa. Aku dan @dionwiyoko merasakan kedekatan yang lebih dengan dedek bayi."

Kemudian Fiona juga menceritakan sedikit mengenai sesi pertamanya dalam belajar hypnobirthing. Pada sesi pertama, Fiona menyebutkan lebih banyak memperkenalkan apa itu hypnobirthing dan seperti apa proses kehamilan atau kelahiran itu. 

"Sejak pulang dari sesi kemarin sore, aku jauh lebih peka dengan pergerakan dedek bayi." tulis Fiona setelah mempelajari hypnobirthing. 
 

2. Ardina Rasti

2. Ardina Rasti
Instagram.com/ardinarasti6

Melahirkan anak kedua, Ardina Rasti telah melakukan persalinan normal. Pada 30 Juni 2021 lalu, Rasti melahirkan anak laki-laki keduanya yang bernama Awan Biru Araya. 

Saat awal kehamilan Awan, Rasti sempat menceritakan bahwa melakukan metode hypnobirthing. Metode ini juga Rasti lakukan saat kehamilan anak pertamanya, Anara. "Masih belum lupa, betapa indah pengalaman pertama selama hamil hingga persalinan @anaralangit yang damai dan tenang berkat sesi hypnobirthing di @provclinic bersama mami Lani dan team" tulis Rasti dalam captionnya. 

Kemudian setelah melahirkan Awan, Rasti mengaku bahwa kelas hypnobirthing sangat berpengaruh pada proses kelahiran kedua anaknya. Tidak lupa juga rasa terima kasih Rasti kepada seluruh instruktur hypnobirthing yang selalu mengajari dirinya dan sang Suami apa itu arti kompak, damai, dan terus berkoneksi dengan janin. 
 

Editors' Picks

3. Olivia Jensen

3. Olivia Jensen
Instagram.com/oliviajensen

Artis cantik bernama Olivia Jensen, saat kehamilan pertamanya juga ikut melakukan metode hypnobirthing untuk merasa siap dan mengurangi segala ketakutan dan kecemasannya. 

Hal ini telah diungkapkan oleh akun Instagram doula yang mendampingi Olivia Jensen bahwa banyak pelajaran yang dapat diambil dari proses persalinan hypnobirthing. "Sebuah pembelajaran yang berharga untuk kita semua bahwa persalinan adalah peristiwa alami yang merupakan bagian dari kehidupan kita," tulis akun @jamilatus.sadiyah.

4. Caca Tengker

4. Caca Tengker
Instagram.com/cacatengker

Pemilik nama Alsi Mega Marsha Tengker atau populer dengan nama Caca Tengker ini menjelang persalinan kedua telah mengikuti kelas hypnobirthing bersama Lanny Kuswandi. 

Caca juga bercerita mengenai pengalamannya menjalani hypnobirthing ini, ia menjelaskan bahwa semakin yakin usaha yang dijalani nantinya tidak akan sia-sia mau apapun hasil akhirnya, afirmasi positif bikin energi ikut semakin positif. 

Caca menambahkan bahwa hal yang paling dirindukan ketika sesi kelas hypnobirthing adalah relaksasi, di mana rasanya badan menjadi lebih ringan dan cukup menenangkan, serta rasa cemas dan takut bisa berkurang perlahan. Rasa terima kasih juga Caca berikan pada Lanny Kuswandi yang senantiasa membantu dalam kelas hypnobirthing. 
 

5. Chacha Frederica

5. Chacha Frederica
Instagram.com/chafrederica

Siapa yang tidak kenal nama Chacha Frederica? Pesinetron yang memiliki darah keturunan Belanda-Tionghoa-Jawa ini ikut merasakan metode hypnobirthing pada kehamilan pertamanya. 

Pada unggahan Chacha di Instagramnya saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, ia mengaku tetap menjalankan olahraga meskipun dilanda oleh rasa malas. Tak hanya itu, Chacha juga berbagi cerita manfaat berjemur dan yoga bagi ibu hamil dan janin. 

Chacha melakukan sejumlah gerakan olahraga yang diberikan oleh Lanny Kuswandi, doula dan pengembang hypnobirthing yang mendampinginya. 

"Jalan cepat 1 jam setiap hari, tapi baru mampu 30 menit, bu. Squat kalo bisa 100, kalo enggak bertahap semampunya. Duduk di gymball dengan 4 gerakan, yaitu muter searah jarum jam, muter lawan arah, maju mundur, dan kanan kiri. Tapi pinggulnya aja, badannya tetap tegap ya," jelas Chacha di Instagram. 
 

6. Sandra Dewi

6. Sandra Dewi
Instagram.com/sandradewi88

Cerita mengharukan dari artis bernama Sandra Dewi saat melahirkan anak keduanya. Sandra sempat merasa bersalah karena selama kehamilan keduanya terlalu fokus memerhatikan anak pertamanya yaitu Raphael karena tahu jika adiknya lahir nanti, Raphael akan kurang mendapat perhatian. 

"Ketika sama Mikha, gue ada rasa bersalah sama Rafa sehingga gue lupa ajak ngobrol si Mikha di dalam (perut)," ungkap Sandra Dewi dikutip dari vlog Daniel Mananta Network.

Sampai akhirnya pada usia delapan bulan, kondisi bayi Mikha di dalam perut dengan keadaan sungsang. Sandra sempat mencari tahu di internet bahwa semakin besar bayi, semakin susah untuk balik lagi ke semula. 

Hingga akhirnya Sandra menemukan metode hypnobirthing dan langsung menghubungi Lanny Kuswandi serta menceritakan keadannya saat itu. 

Dalam video yang diunggah oleh channel Pro V Clinic, Sandra mengaku bahwa dirinya dan sang Suami dengan mengikuti hypnobirthing, komunikasi dengan janin, dan latihan-latihan lainnya itu benar-benar membuat janin kembali ke posisi semula. 
 

7. Nadia Mulya

7. Nadia Mulya
Instagram.com/nadiamulya

Presenter cantik Nadia Mulya, telah melahirkan anak keempatnya pada 12 Januari 2019 lalu. Melahirkan di usia 38 tahun, Nadia mampu membuktikan dirinya berhasil melewati proses persalinan normal.

Nadia juga mengungkapkan bahwa sebelum melahirkan ia sempat belajar mengenai metode hypnobirthing. Pendamping Nadia yang mengajari hypnobirthing, mengajarkan Nadia untuk selalu tersenyum walaupun rasa sakit akibat kontraksi tidak tertahankan. 

Selain menjalankan hypnobirthing, Nadia juga rajin olahraga boxing. Meskipun sudah hamil tujuh bulan, Nadia tidak takut untuk melakukannya dan tidak membatasi kesibukannya. Nadia mengaku sudah menjalankan hal seperti ini mulai dari anak pertamanya. 

Itu dia deretas artis yang melahirkan dengan metode hypnobirthing. Menarik banget ya Ma metode hypnobirthing, sangat bisa membuat Mama rileks menjelang persalinan. Kira-kira Mama yang sedang hamil tertarik untuk mencobanya nggak, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.