7 Manfaat Sehat Konsumsi Oatmeal untuk Ibu Hamil

Jadikan oatmeal sebagai salah satu menu favorit Mama selama hamil

23 Mei 2019

7 Manfaat Sehat Konsumsi Oatmeal Ibu Hamil
Freepik

Oatmeal saat ini tengah naik daun untuk dijadikan menu sarapan, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Wajar saja sebab oatmeal merupakan salah satu asupan yang menyehatkan.

Makanan ini memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, menjadikannya sebagai menu sarapan maupun makanan sehari-hari dianggap baik.

Tak terkecuali untuk ibu hamil. Konsumsi oatmeal juga akan memberikan banyak manfaat kesehatan, baik bagi tubuh Mama maupun janin.

Apa saja ya kandungan sehat yang bermanfaat dari oatmeal untuk ibu hamil?

Berikut rangkuman informasinya dari Popmama.com:

1. Menjadi sumber asupan karbohidrat kompleks

1. Menjadi sumber asupan karbohidrat kompleks
Pexels/Foodie Factor

Nasi putih sampai saat ini masih menjadi salah satu sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi, tapi tahukah Mama bahwa oatmeal justru menjadi sumber karbohidrat yang menyehatkan?

Ya, oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Ini berarti saat mengonsumsi oatmeal, Mama akan menjadi lebih cepat kenyang namun dengan asupan kalori yang lebih sedikit.

Konsumsi oatmeal juga mencegah Mama merasa lapar berlebihan, sehingga turut membatasi nafsu makan Mama. Selain itu, kandungan gula dari sumber karbohidrat kompleks biasanya juga lebih kecil, sehingga Mama juga akan terhindari dari risiko diabetes gestasional.

2. Mengandung serat untuk pencernaan

2. Mengandung serat pencernaan
Pexels/Jeshoots.com

Saat hamil seringkali Mama mengalami masalah pencernaan, mulai dari sembelit atau bahkan hingga diare. Nah, salah satu cara yang bisa Mama lakukan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah dengan mencukupi kebutuhan serat.

Serat yang tinggi dalam oatmeal akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan, dengan begitu Mama pun akan terhindari dari masalah terkait pencernaan.

Selain tu, serat yang dimiliki dalam oatmeal juga membantu mencegah Mama mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan selama hamil.

Bahkan serat dalam oatmeal juga termasuk dalam jenis serat larut yang mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat alias low density lipoprotein (LDL). Dengan begitu, konsumsi oatmeal akan membantu menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Mencukupi zat besi untuk mencegah anemia

3. Mencukupi zat besi mencegah anemia
Pexels/Alexander Mils

Zat besi merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting untuk selalu dipenuhi oleh ibu hamil. Sebab komponen ini membantu mencegah terjadinya anemia, yang rentan dialami ibu hamil.

Zat besi bekerja dengan membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh, sehingga kadar hemoglobin (Hb) dalam tubuh Mama lebih terkendali.

Apabila Mama mengalami kekurangan asupan zat besi saat hamil, Mama berisiko mengalami anemia dan kadar Hb yang rendah.

Editors' Picks

4. Memenuhi kebutuhan asam folat

4. Memenuhi kebutuhan asam folat
Pixabay/RitaE

Selain zat besi, asam folat juga menjadi salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil. Terutama sebagai nutrisi untuk membantu proses perkembangan otak janin.

Memenuhi kebutuhan harian dari asam folat akan mengurangi risiko bayi lahir dengan masalah sumsum tulang belakang.

Selain dari sayuran berdaun hijau dan susu, asam folat juga bisa Mama dapatkan dari konsumsi asam folat.

5. Memberikan protein untuk proses perbaikan sel

5. Memberikan protein proses perbaikan sel
Pixabay/Sonja_Paetow

Tak cuma karbohidrat, oatmeal juga mengandung protein yang bermanfaat untuk proses perbaikan sel dalam tubuh. Dengan begitu, perbaikan jaringan pada janin seperti jaringan otot, tulang, kulit dan mata juga akan menjadi lebih terbantu.

Selain itu, protein juga dibutuhkan ibu hamil untuk pembentukan dan meningkatkan sistem imun.

6. Sumber kalsium untuk menguatkan tulang

6. Sumber kalsium menguatkan tulang
PIxabay/Hans

Seiring pertambahan usia kehamilan, janin yang tumbuh semakin besar membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan giginya. Ketika asupan kalsium Mama kurang, maka ia akan mengambilnya dari tulang Mama.

Jika berlangsung terus-menerus, lama-kelamaan tulang Mama juga akan menjadi rapuh. Nah, kepadatan tulang pun perlu dijaga dengan mengonsumsi sumber kalsium yang sehat, salah satunya dari oatmeal.

7. Penuhi magnesium untuk mencegah diabetes

7. Penuhi magnesium mencegah diabetes
Pixabay/Pixiemay

Selain rendah serat dan gula untuk menurunkan risiko diabetes, konsumsi oatmeal juga baik karena memiliki magnesium.

Magnesium bermanfaat untuk mengatur kadar insulin dan gula dalam darah. Dengan gitu, rutin konsumsi oatmeal pun dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional pada ibu hamil.

Tak cuma enak, oatmeal juga faktanya memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan kehamilan Mama bukan? Yuk mulai rutin mengonsumsi oatmeal mulai saat ini, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;