Sangat Kreatif, Ini 10 Karakter Anak Remaja yang Lahir di Bulan Juni

Anak yang lahir di bulan Juni punya kepribadian yang unik, termasuk selera humornya yang tak biasa

4 Juni 2021

Sangat Kreatif, Ini 10 Karakter Anak Remaja Lahir Bulan Juni
Freepik/Wayhomestudio

Selama ini, kita mungkin mengetahui bahwa yang berperan besar dalam menentukan sifat dan perilaku anak adalah faktor biologis, yakni gen yang diturunkan dari kedua orangtua. Akan tetapi, bulan kelahiran dari anak juga memberikan informasi terkait karakter anak lho, Ma. 

Remaja yang lahir di bulan Juni cenderung bersifat positif, seperti sangat optimistis dan kreatif. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa karakter unik yang tak dimiliki anak dari bulan lain. 

Kali ini, Popmama.com bakal membahas tuntas 10 karakter anak remaja yang lahir di bulan Juni. Baca terus sampai akhir ya, Ma!

1. Sangat optimistis

1. Sangat optimistis
Freepik/Stockking

Remaja kelahiran bulan Juni memiliki semangat dan tingkat kebahagiaan yang tinggi. Hal ini menyebabkan mereka tidak mudah mengalami Seasonal Affetive Disease (SAD), yakni gejala depresi ataupun putus asa yang kerap terjadi tiap tahun akibat perubahan iklim. 

Dengan adanya sikap optimistis yang tinggi, anak memandang segala sesuatu secara positif. Bahkan sifat ini juga bakal membuatnya lebih sehat dan bahagia.

2. Kreatif

2. Kreatif
Freepik/Frimufilms

Tidak hanya optimistis namun bisa dikatakan kalau remaja kelahiran bulan ini sangatlah kreatif lho, Ma. Karakter tersebut muncul karena rasa keingintahuan dan minat belajar mereka yang tinggi sehingga anak mampu memikirkan ide-ide yang fresh nan baru. 

Selain itu, mereka juga dikenal sebagai fast thinkers yang mampu dengan mudah merealisasikan sesuatu yang ada dalam pikiran. Kendati demikian, anak cenderung sulit fokus terhadap satu hal tertentu.

3. Punya tekad tinggi

3. Pu tekad tinggi
Freepik/Wayhomestudio

Tekad kuat dan paham betul tentang apa yang mereka inginkan juga termasuk karakter dari remaja kelahiran bulan Juni. Itulah yang memungkinkan anak memiliki tujuan yang sangat spesifik sehingga bisa saja menyulitkan dirinya sendiri dalam menggapai hal tersebut. 

Tapi tentang saja, Ma karena sifat optimistis dan kreatif yang dimiliki si Anak akan membantu mereka menemukan jalan hingga sampai ke tujuan akhir yang diimpikannya.

4. Intuitif

4. Intuitif
Freepik/Asierromero

Anak mama cenderung memiliki intuisi atau inner feeling yang cukup kuat. Bahkan, kemampuan ini akan semakin kuat dan akurat seiring mereka bertambah dewasa.

Sifat intuitif ini memungkinkan anak untuk mendeteksi bahaya dari lingkungan sekitar. Itu sebabnya, Mama gak perlu bingung kalau anak tiba-tiba menjauh dari seseorang. Bisa saja mereka merasakan sesuatu yang janggal dari orang tersebut.

Editors' Picks

5. Suka berteman

5. Suka berteman
Freepik/Pressfoto

Remaja kelahiran bulan Juni pada umumnya memiliki sifat ekstrovert sehingga membuat mereka memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Rasa empati dan friendly yang secara alami mereka miliki juga membuat anak gemar berada di antara banyak orang. 

Selain itu, anak juga berkharisma dan penyayang sehingga sangat dikenal sebagai pemersatu dan pemererat hubungan dalam lingkungan pertemanannya.

6. Punya selera humor yang unik

6. Pu selera humor unik
Freepik/Lookstudio

Anak remaja yang lahir bulan Juni pada umumnya adalah orang yang humoris dan unik. Alih-alih mudah dimengerti, selera humor mereka bisa saja terkesan berbeda dan tidak semua orang mampu menangkap maksudnya. 

Kondisi ini bisa terjadi karena mereka cenderung melihat hal dalam pandangan yang antimainstream alias unik. Mungkin Mama takut anak malah dianggap aneh dan akhirnya dijauhi teman-temannya.

Tapi tak perlu khawatir, karena semakin bertambah usia nantinya anak akan mampu menyesuaikan humor mereka. Bisa saja anak mama jadi dikenal sebagai individu yang lucu dan mampu menghibur banyak orang. Wajar saja kalau banyak teman yang suka bermain dengannya karena keunikannya.

7. Senang bertualang

7. Senang bertualang
Freepik/Rawpixel.com

Anak yang lahir di bulan Juni tak takut mengambil risiko. Sudah natural bagi mereka untuk senang bertualang dan mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekelilingnya.

Kegemaran dalam bertualang inilah yang menjadi sebuah faktor pembeda dari anak lainnya. Dengan adanya karakter tersebut, anak kelak menjadi seorang pemimpin hebat dan dapat diandalkan.

8. Cenderung Moody

8. Cenderung Moody
Freepik/Master1305

Salah satu tantangan bagi Mama dalam membesarkan anak kelahiran bulan Juni ialah terkait emosi mereka. Sebagian besar dari mereka memiliki cyclothymic temperament sehingga anak sering sekali mengalami mood swing alias mood yang berubah-ubah. 

Sulit untuk memahami apa yang mereka rasakan karena setiap emosi, mulai dari kebahagiaan, amarah, hingga kesedihan, sering bergonta-ganti setiap harinya. Meskipun begitu, suasana hati anak juga mudah kembali normal dan positif lagi dengan cepat. 

9. Pandai bernegosiasi

9. Pandai bernegosiasi
Freepik/Pvproductions

Terlepas dari sifatnya yang moody, ada satu karakter yang sangat unik yang belum tentu bisa ditemukan pada remaja kelahiran bulan lainnya. Siapa yang sangka kalau mereka ini handal dalam bernegosiasi.

Mereka cenderung tak senang terikat kepada aturan yang ketat sehingga kelak di kemudian hari, buah hati Mama akan menjadi individu yang teguh pada pendirian dan akan selalu mempertahankan apa yang mereka anggap benar.

Itu sebabnya dengan karakter yang kuat ini, anak mampu memenangkan argumen dalam setiap diskusi.

10. Pemaaf

10. Pemaaf
Freepik/Drobotdean

Yang terakhir, kepribadian anak remaja yang lahir di bulan Juni juga termasuk ke dalam individu yang pemaaf. Hal ini karena mereka sering memandang suatu hal dari dua perspektif yang berbeda. 

Dengan memahami bahwa segala sesuatu memiliki sisi baik dan buruknya, ini membuat anak menjadi mengerti mengapa seseorang melakukan sesuatu sehingga mereka tumbuh menjadi individu yang baik hati dan mudah memaafkan.

Itulah 10 karakter anak remaja kelahiran bulan Juni. Dengan mengetahui sifat dan perilaku anak, Mama akan menjadi lebih mudah mengerti dan memahami apa yang mereka inginkan.

Tidak hanya itu saja, Mama juga akan mendapatkan gambaran tentang tindakan apa saja yang perlu diambil untuk membantu tumbuh kembang anak.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.