Sehat dan Bahagia, Ini 7 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Mengapa kita perlu berolahraga, apa manfaatnya bagi tubuh?

23 Agustus 2021

Sehat Bahagia, Ini 7 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh
Pexels/yankrukov

Siapa yang suka berolahraga? Apakah anak-anak termasuk salah satunya? Jika belum mungkin harus mulai mencobanya. 

Olahraga bukan hanya kegiatan yang menyenangkan dan seru untuk dilakukan. Di samping itu, olahraga juga merupakan kegiatan yang punya banyak manfaat bagi tubuh, khususnya dalam meningkatkan kesehatan. 

Olahraga ketika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kerja tubuh, dalam mengatur energi ataupun dalam melakukan proses metabolisme. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bersemangat sesuai berolahraga. 

Yuk, langsung saja kita cari tahu apa manfaat olahraga bagi tubuh, sebagai materi pelajaran sekolah kelas 3 SD di Popmama.com

1. Menguatkan otot dan tulang

1. Menguatkan otot tulang
Freepik/User17067123

Olahraga memang membuat tubuh menjadi lelah. Namun ternyata melakukan olahraga dapat menguatkan otot dan tulang tubuh, lho. 

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dapat membantu pertumbuhan otot dan tulang menjadi kuat. Ini berguna sekali lho, mengingat semakin bertambahnya usia kekuatan otot dna tulang akan semakin melemah. 

Ketika rajin berolahraga sedari dini, anak-anak dapat memperlambat  penurunan kekuatan dari otot dan tulang. Di sisi lain, ini juga membantu kalian menjadi lebih bertenaga dan kuat untuk beraktivitas dalam waktu yang lama. 

2. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

2. Menjaga kesehatan fungsi otak
Freepik/pressfoto

Manfaat olahraga yang berikutnya ialah menjaga kesehatan dan fungsi otak. Melakukan olahraga secara rutin bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari gangguan kesehatan yang berbahaya. 

Olahraga memang dikenal sebagai salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan tubuh, menyehatkan jantung, juga menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah. 

Denyut jantung yang lancar dan meningkat akibat rajin berolahraga mendukung kerja jantung dalammemicu aliran darah pembawa oksigen mejadi lebih lacar ke otak dan seluruh bagian tubuh. 

Alhasil produksi hormon yang membantu pertumbuhan sel-sel otak pun ikut meningkat. Membuat otak berfungsi lebih baik lagi. 

Editors' Picks

3. Mengurangi penyakit

3. Mengurangi penyakit
Freepik/Nareekan

Melanjutkan manfaat olahraga bagi tubuh yang sebelumnya di bahas, berolahraga ternyata juga dapat membantu menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit yang berbahaya. 

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kerja tubuh, khususnya dalam meningkatkan proses pembakaran tubuh. Proses pembakaran makanan dalam tubuh yang tidak baik dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit. 

Tubuh yang kekurangan aktivitas jangka pendek akan membuat lemak pada perut meningkat. Lemak inilah yang dapat memicu dua penyakit kronis yang berbahaya, yaitu penyakit jantung dan diabetes. Berbahaya sekali bukan?

4. Membuat tidur lebih nyenyak

4. Membuat tidur lebih nyenyak
Freepik/Asier-relampagoestudio

Kesulitan tidur dimalam hari bisa diatasi dengan melakukan olahraga.

Bahkan cara ini bisa membuat tidur menjadi lebih lelap dan kualitas tidur meningkat.

Kegiatan olaharaga bisa membuat tubuh menjadi rileks dan tidur menjadi lebih nyaman.

Selain itu suhu tubuh yang meningkat akibat olaharaga membantu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan energi

5. Meningkatkan energi
Freepik/jcomp

Menjalankan aktivitas tanpa energi yang cukup rasanya tidak menyenangkan ya. Tubuh mudah terasa lemah dan kegiatannya tidak dapat diselesaikan dengan baik. 

Mungkin salah satu manfaat olahraga bagi tubuh ini dapat membantumu. Olahraga yang dilakukan dengan baik dapat meningkatkan energi lho.

Melakukan olahraga ringan atau senam dapat membantumu meningkatkan energi. Membuatmu lebih siap untuk menyambut hari dengan penuh semangat. Termasuk mengurangi rasa lelah yang membuatmu menjadi malas. 

Olahraga juga dapat meningkatkan mood dan membuatmu merasa lebih baik, tentunya ini akan membuatmu lebih berenergi dan bersemangat untuk melakukan beragam aktivitas. 

6. Mencegah berat badan berlebih

6. Mencegah berat badan berlebih
Freepik/Atlascompany

Berat badan berlebih atau obesitas merupakan gangguan tubuh yang terjadi akibat konsumsi gula terlalu banyak. Kita tentunya tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Memiliki berat badan yang tidak terjaga tentu membuat aktivitas tidak dapat dijalankan dengan maksimal. Selain itu, ini juga menjadi hal utama yang membuat seseorang tidak percaya diri. 

Melalui olahraga yang teratur, tubuh akan mengeluarkan energinya lebih maksimal. Sehingga lebih sedikit lemak yang tersimpan di dalam tubuh akibat tidak terpakai. 

Oahraga yang teratur juga terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Ini berarti proses pembakaran dapat terjadi lebih maksimal dan membantu menurunkan berat badan.

Itulah dia 6 manfaat olahraga bagi tubuh. Ternyata olahraga penting sekali ya. Mulai dari sekarang, jangan lupa berolahraga secara rutin ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.