7 Wisata Edukasi Seru di Daerah Jabodetabek yang Wajib Mama Kunjungi

Ajak si Kecil lebih dekat dengan alam serta berinteraksi langsung dengan binatang

10 November 2018

7 Wisata Edukasi Seru Daerah Jabodetabek Wajib Mama Kunjungi
ancol.com

Akhir pekan sudah tiba. Mama sudah punya rencana untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga kali ini? Kalau belum, 7 tempat wisata edukatif yang berlokasi di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berikut ini mungkin bisa dijadikan pilihan.

Ketujuh tempat ini bukan hanya sekedar tempat bermain biasa lho, Ma, tetapi juga menggabungkan konsep antara edukasi dan hiburan (edutainment).

Konsep edukasi yang ditawarkan dalam bentuk interaksi langsung dengan alam, hewan dan tanaman.

Jadi disini, anak mama bisa merasakan langsung (experience) bagaimana rasanya memerah sapi, memberi makan hewan, bahkan menaiki sampan atau perahu yang ditarik oleh sapi!.

Selain itu, ada juga berbagai macam permainan seru yang memacu adrenalin, seperti flying fox dan masih banyak lagi.

Dimana saja sih tempatnya?

1. Scientia park

1.	Scientia park
Popmama.com/AstriDiana

Daya Tarik taman yang terletak di jalan Scientia Boulevard, Gading Serpong, Tangerang ini ada pada kelengkapan fasilitasnya. Selain berbagai macam permainan seru yang melatih ketangkasan anak, taman ini juga ada area satwa yang berisi kelinci, budidaya ikan hingga penangkaran kupu-kupu yang bisa dikunjungi oleh anak-anak.

Mama mengawasi si Kecil bermain sambil bersantai dibawah pepohonan rindang dan deretan tanaman hijau yang menyegarkan mata.

Jam operasional : 05.00 – 23.00 (weekend)

Harga tiket masuk : Rp 50.000/orang (weekend)

2. Planetarium Jakarta

2.	Planetarium Jakarta
tamanismailmarzuki.jakarta.go.id

Ingin mengajak si Kecil ke tempat dengan suasana yang berbeda? Coba saja ajak ke planetarium yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Cikini Raya, Jakarta.

Disini, anak mama dapat melihat secara langsung suasana langit bertabur bintang di malam hari, serta berkenalan dengan ‘penghuni tata surya’ seperti kilasan meteor, satelit dan rasi bintang.

Jam operasional : 10.00 – 14.00

Harga tiket masuk : Rp 12.000 (dewasa) dan Rp 5000 (anak-anak)

3. Kuntum Farmfield

3.	Kuntum Farmfield
Popmama.com/AstriDiana

Kini Mama tak perlu jauh-jauh pergi keluar kota untuk mengunjungi peternakan dan perkebunan. Pasalnya, di Bogor ada peternakan yang bisa Mama kunjungi bersama si Kecil, namanya Kuntum Farmfield.

Disini anak-anak bisa melihat berbagai macam hewan seperti sapi, domba, kerbau dan kelinci dari dekat. Kita bahkan bisa memberi makan hewan dan berinteraksi secara langsung. Mama bisa mengajak si Kecil masuk ke dalam kandang kelinci untuk menggendongnya.

Mama tak perlu khawatir dengan kebersihan lingkungannya, sebab area di Kuntum Farmfield ini dirawat dengan baik sehingga kebersihan dan kenyamanannya tetap terjaga.

Jam operasional : Senin – Minggu, jam 08.00 – 18.00

Harga tiket masuk : Rp 45.000 (senin-jumat) & Rp 50.000 (weekend dan hari libur)

Editors' Picks

4. Petualangan Dinosaurus, Taman Legenda

4.	Petualangan Dinosaurus, Taman Legenda
tamanlegenda.id

Anak mama pecinta dinosaurus? Kalau begitu Mama harus mengajaknya ke Taman Legenda yang berada di dalam area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di dalam area Taman Legenda terdapat wahana petualangan dinosaurus yang tentunya terdapat berbagai macam jenis dinosaurus.

Serunya lagi, sosok dinosaurus berbentuk patung raksasa ini juga dilengkapi dengan audio yang mirip dengan suara asli dinosaurus. Sehingga suasana menegangkan di dalam hutan penuh dino pun terasa semakin menegangkan.

Harga tiket masuk : Rp 25.000 (tiket masuk Taman Legenda saat weekend) dan Rp 30.000 (tiket masuk wahana petualangan dinosaurus).

5. Taman Wisata Lebah

5.	Taman Wisata Lebah
Popmama.com/AstriDiana

Tak jauh dari gerbang tol Cibubur terdapat tempat wisata menarik yang harus Mama kunjungi bersama si Kecil, yakni Taman Wisata Lebah. Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa tempat ini merupakan tempat penangkaran lebah serta pembuatan madu.

Suasana di sepanjang area taman ini terasa sejuk berkat deretan pohon rindang dan tanaman hijau. Di beberapa tempat terdapat deretan kotak kayu sarang lebah madu yang diternak dengan tutup berwarna cerah.

Disini, anak mama bisa mengamati proses pembuatan madu hingga memegang langsung sarang lebah!

Jam operasional : Senin – Minggu, jam 08.00 – 16.00

Harga tiket masuk : gratis

6. Pelita Desa Ciseeng

6.	Pelita Desa Ciseeng
Popmama.com/AstriDiana

Pelita Desa Ciseeng merupakan komplek rekreasi dan edukasi yang berlokasi di desa Putat Nutug, Ciseeng. Area seluas 3 Ha ini diisi dengan berbagai macam permainan outbond seru, seperti flying fox, two line bridge, climbing dan masih banyak lagi.

Selain itu, anak mama juga berkesempatan mempelajari cara menanam padi dan membuat aneka jenis pupuk.

Jam operasional : jam 09.00 – 17.00

Harga tiket masuk : Paket edukasi Rp 125.000

7. Kandank Jurank Doang

7.	Kandank Jurank Doang
Facebook/KandankJurank

Awalnya, Kandank Jurank adalah sekolah alam yang didirikan oleh artis Dik Doang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tempat yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan ini berubah menjadi destinasi wisata seru untuk anak – anak.

Jenis kegiatan yang ditawarkan oleh paket-paket wisata disini cukup bervariasi dan menarik. Mulai dari bermain lumpur, menanam padi di sawah, memandikan kerbau, menangkap ikan hingga berbagai macam permainan outbond seru yang melatih keberanian anak.

Kisaran harga paket wisata : Rp 120.000 – Rp 135.000. Tiket permainan saja berkisar Rp 15.000 – Rp 20.000/anak

Yuk Ma, ajak si Kecil berkenalan lebih dekat dengan alam sekitar. Ada banyak manfaat yang bisa Mama peroleh dari perkembangan motorik anak daripada hanya sekedar mengajaknya ke mal.

Selamat berlibur!