Beri Anak Motivasi Berpuasa Penuh dengan 7 Kado Istimewa Ini!

Hadiah tidak harus selalu barang, lho Ma!

15 Mei 2019

Beri Anak Motivasi Berpuasa Penuh 7 Kado Istimewa Ini
Pxhere

Puasa sudah setengah jalan. Apakah si Anak sudah semakin terbiasa atau malah sedang jenuh dan ingin menyerah?

Mengajarkan anak berpuasa perlu dilakukan sejak dini agar ia terbiasa melakukan hal tersebut dikemudian hari. Saat ia sudah menginjak usia 7 tahun, maka Mama dapat mulai mengajarkannya berpuasa. Mulailah untuk membiasakannya berpuasa setengah hari jika ia belum mampu.

Namun usahakan untuk mengajarkannya berpuasa sehari penuh. Atau untuk meringkankannya, Mama dapat mengajarkan anak untuk berpuasa full selama satu hari, lalu berpuasa setengah hari di keesokannya.

Nah, untuk menambah motivasinya berpuasa, Mama dapat memberikannya hadiah. Namun bukan berarti Mama menjanjikannya dari awal ya!

No, jangan pernah menjanjikan anak bahwa ia akan mendapatkan hadiah jika berpuasa selama satu bulan full.

Jika dibiasakan seperti itu, maka mindset-nya bukan lagi untuk beribadah dan mendapatkan pahala, namun lebih kepada hadiah yang Mama janjikan.

Cukup jelaskan padanya untuk melakukan puasa di bulan Ramadan karena sudah ada dalam ketentuan Islam. Perkara diberikan hadiah atau tidak, cukup Mama dan Papa saja ya yang perlu tahu.

Nah, jika memang Mama dan Papa berencana untuk memberikan hadiah padanya setelah sukses melewati puasa Ramadan, maka artikel dari Popmama.comyang satu ini dapat menjadi solusi!

Berikut 7 kado yang dapat Mama dan Papa berikan pada anak sebagai penghargaan telah berpuasa selama satu bulan.

Check it out!

1. Mengajaknya berlibur ke tempat impiannya

1. Mengajak berlibur ke tempat impiannya
Unsplash/josh howard

Bukan hanya mainan, seorang anak pasti memiliki tempat impiannya sendiri untuk ia kunjungi. Dari mulai Dufan atau Dunia Fantasi hingga Disney Land.

Nah, ketika Mama sudah mengetahui tempat impiannya yang hingga sekarang belum tercapai, maka jadikanlah tempat tersebut kado terindah untuknya yang sudah berpuasa full selama satu bulan.

Selain menyenangkan hati, kado berlibur ke tempat impian juga akan meninggalkan momen yang indah di hidupnya. Melalui kado tersebut, ia juga akan merasa dihargai dan disayang oleh Mama dan Papa.

Nah, sebelum kehilangan momen bahagia, jangan lupa untuk berfoto-foto ria!

2. Peralatan salat yang lucu dan kekinian

2. Peralatan salat lucu kekinian
Pixabay/ebrahim

Salah satu tujuan Mama mengajarkan anak berpuasa adalah agar ia dapat mempertebal keimanannya. Selain berpuasa, Mama juga perlu memanfaatkan momen tersebut untuk mengajarkan anak salat tepat waktu serta berdzikir dan bershalawat.

Nah, agar tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja, ada baiknya jika Mama meningkatkan motivasinya untuk terus dekat kepada yang kuasa dengan memberikannya kado berupa peralatan salat yang lucu dan kekinian.

Belikanlah peralatan salat sesuai dengan warna favoritnya ataupun kartun kesukaannya. Jika ia menyukai mermaid, Mama juga dapat membelikannya mukenah dengan tambahan glitter pada beberapa bagian.

Dijamin deh ia jadi lebih semangat untuk beribadah!

3. Uang tunai untuk ditabung

3. Uang tunai ditabung
Flickr/Adam Cohn

Tidak hanya orang dewasa saja yang senang jika diberikan uang tunai atau yang biasa disebut dengan THR (Tunjangan Hari Raya). Nyatanya, anak-anak pun juga gembira jika diberikan uang.

Namun untuk menghindarinya membeli barang-barang yang tidak berguna, maka ajarkanlah ia untuk menabungkan uang yang telah diberi.

Jelaskan juga padanya bahwa tabungan akan sangat terasa manfaatnya ketika ia sedang sangat membutuhkan uang.

Dengan mengajarkannya menabung, Mama juga dapat memberikannya pengertian untuk tidak berfoya-foya di kemudian hari.

Editors' Picks

4. Peralatan yang dapat mengasah hobi dan kreativitasnya

4. Peralatan dapat mengasah hobi kreativitasnya
Unsplash/kai oberhauser

Setiap anak pastinya memiliki hobi yang sangat ia minati, bukan?

Misalnya seperti melukis, bernyanyi, atau bahkan menari. Nah, untuk membuatnya semakin berkembang, maka tidak salah jika Mama membelikannya peralatan yang dapat menyokong hobi dan kreativitas si anak.

Jika ia menyukai seni lukis, maka belikanlah peralatan lukis yang lengkap. Begitupun jika ia menyukai musik, belikanlah alat musik yang ingin ia mainkan dan pelajari.

Bermanfaat, bukan?

5. Memasak makanan favoritnya

5. Memasak makanan favoritnya
Unsplash/alyson mcphee

Bagaimanapun rasa masakan Mama, pasti anak menyukainya. Apalagi jika ia memiliki makanan favorit tersendiri.

Nah, memasak makanan favoritnya bisa menjadi pilihan kado yang tepat untuk Mama berikan padanya nih!

Mengingat ia telah berpuasa sekian lama serta menjaga hawa nafsunya terhadap makanan, maka memasakan makanan favoritnya dapat menjadi kado yang ia senangi.

Mama dapat memasaknya dalam porsi besar, lalu mengajarkannya untuk berbagi makanan dengan teman-temannya di sekolah.

6. Perlengkapan sekolah dambaannya

6. Perlengkapan sekolah dambaannya
Unsplash/celia ortega

Agar anak lebih semangat untuk bersekolah, maka membelikannya perlengkapan sekolah merupakan salah satu ide yang brilian.

Namun sebelum membelinya, Mama perlu mengetahui perlengkapan apa yang sedang ia butuhkan saat ini. Jika sepatunya sudah tidak layak pakai, maka belikanlah ia sepatu sekolah yang ia idam-idamkan.

Namun jika ia lebih membutuhkan ransel, maka belikanlah ransel dengan model yang ia gemari. Dengan memberikannya kado tersebut, motivasi belajar dan beribadahnya pun juga akan meningkat.

7. Pujian dan kasih sayang

7. Pujian kasih sayang
Unsplash/blaise vonlanthen

Kado yang terakhir memang terkesan paling sederhana, namun paling berkesan di hati hingga ia besar nanti.

Pujian dan kasih sayang merupakan kado terindah yang dapat Mama dan Papa berikan pada anak jika memang belum mampu membelikannya hadiah.

Motivasi tidak hanya dapat diukur dari benda yang diberikan, namun sebenarnya motivasi seorang anak ada pada orangtua yang senantiasa mendukungnya tanpa memberikan iming-iming dari awal.

Mama dan Papa dapat menyanjungnya dan memberikannya pelukan hangat saat ia berhasil melalui masa berpuasa selama satu bulan.

Simpel namun tetap berkesan.

Nah, berikut ketujuh kado indah yang dapat Mama dan Papa berikan pada anak untuk memotivasinya berpuasa dan beribadah.

Kira-kira kado seperti apa nih yang akan Mama dan Papa berikan untuknya di tahun ini?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!