5 Cara Atasi si Kecil Bersikap Galak pada Orang Lain

Bingung deh si Kecil suka galak dan judes terhadap orang

6 Desember 2018

5 Cara Atasi si Kecil Bersikap Galak Orang Lain
parentinghub.co.za

Si Kecil yang masih balita kelihatan galak maupun judes terhadap orang lain. Perilaku anak yang galak seperti suka membentak pada temannya, terkadang membuat kita khawatir karena bisa jadi ia akan dijauhi oleh teman-temannya. 

Perilaku anak yang galak juga membuat Mama jadi merasa terganggu dan bingung dengan tingkah lakunya.

Apabila menghadapi masalah seperti ini, sebaiknya orangtua menghabiskan waktu bersama anak.

Sebab bisa jadi mereka sedang membutuhkan rasa aman. Mungkin saja dia sedang mengalami tekanan dari sekolah, teman bermain atau lingkungan.

Nah, pada saat seperti ini seharusnya orangtua harus memahami bahwa ada sesuatu dengan si Kecil.

Untuk mengatasi masalah tersebut, simak yuk hal apa saja yang harus Mama lakukan sebagai orangtua:

1. Tenangkan anak

1. Tenangkan anak
HerFamily.ie

Jika anak bersikap galak atau mengeluarkan kata-kata tidak pantas diiringi intonasi keras terhadap orang lain, sebaiknya orangtua mengajak anak menjauh atau menghindar dari temannya.

Bawa ia ke tempat yang tenang, kemudian tanyakan alasan dia bersikap agresif kepada orang.

Kemudian berikan penjelasan, pengarahan, bimbingan kepadanya. Katakan pada mereka bahwa berperilaku seperti itu tidak baik dan kemungkinan terjadi ia tidak disukai oleh orang.

2. Jalin komunikasi

2. Jalin komunikasi
PBS

Anak sering bersikap galak kepada siapa saja, jadi di sini sebagai orangtua perlu menjalin komunikasi yang baik dengan mereka.

Cara tersebut bisa dimulai dengan mendengarkan apa saja yang menjadi keluhan atau kekesalan mereka.

Saat mendengar keluhan anak-anak, Mama pun harus melakukannya dengan pendekatan kasih sayang dan tidak terbawa emosi.

Ketika orangtua mampu menjalin komunikasi dengan baik serta bijak, maka anak-anak bisa mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan segala isi hatinya kepada orangtua.

Dengan begitu si Kecil akan menghilangkan sikap galaknya terhadap siapa saja.

Baca juga: Pengaruh Dongeng pada si Kecil Menurut Najelaa Shihab

Editors' Picks

3. Peluk anak

3. Peluk anak
Pexels/Bruce Mars

Pada umumnya anak butuh rasa aman dan nyaman untuk mendapatkan perhatian yang tepat dari orangtua. Saat anak bersikap galak terhadap seseorang, hal tersebut bisa jadi ia membutuhkan perhatian pada orang sekitarnya.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, orangtua harus bisa mencari cara bijak. Saat mendapati mereka berperilaku tidak menyenangkan, Mama harus memeluknya.

Peluklah anak sesering mungkin, usap lembut kepala atau punggungnya. Katakan juga bahwa Mama sangat menyayanginya dan ia harus menjadi anak yang baik dengan melakukan hal-hal terpuji.

Langkah tepat seperti ini anak akan lebih tenang dan tidak menjadi anak yang agresif.

Baca juga: Kenali Penyebab Si Kecil Tidak Suka Dipeluk

4. Beri contoh yang baik

4. Beri contoh baik
Freepik

Sebagai orangtua harus menyadari hal ini: orangtua adalah guru pertama bagi anak-anaknya dan rumah merupakan sekolah pertama bagi mereka.

Sebagai guru yang baik, orangtua harus mengajarkan hal-hal baik. Usahakan ya Ma selalu mengucapkan kata-kata yang lemah lembut untuk anak, tujuannya agar mereka mengucapkan kata-kata yang baik pula saat berbicara dengan orang lain.

Tak hanya sekedar ucapan, orangtua juga wajib menunjukkan sikap bijaksana agar dia juga melakukan sesuatu yang baik kepada siapa saja.

Jadi, apabila orangtua menginginkan anak-anak bisa mengendalikan sikap galak atau agresifnya, maka Mama juga harus bisa mengontrol diri dengan cara tidak bersikap keras di depan mereka.

5. Menyeleksi tontonan

5. Menyeleksi tontonan
Pexels/Lisa Fotios

Seiringnya waktu, banyak sekali tontonan tidak pantas ditayangkan di televisi. Hal ini secara tidak langsung membuat anak-anak rentan terpapar hal-hal yang mengandung unsur kekerasan.

Untuk mencegahnya, jauhkan anak dari televisi maupun gadget. Mama bisa mengarahkan pada buku bacaan, permainan edukatif dan interaksi sosial dengan teman sebayanya.

Tapi jika ia ingin menonton televisi, cara yang terbaik adalah menemaninya. Mama pun juga bisa menjelaskan sebuah tayangan yang pantas maupun tidak pantas ditonton oleh anak-anak.

Kemungkinan besar sifat dan sikap si Kecil dapat dibentuk oleh lingkungan di mana mereka dibesarkan. Hal ini yang mengharuskan peran orangtua untuk memberikan teladan yang baik sejak dini kepada anak-anaknya.

Baca juga: Keuntungan Jika Mama Melepaskan Kebiasaan Menonton TV pada si Kecil