Untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh Anak, Berikan 5 Makanan Baik Ini

Sayangi anak dengan menjaga pola makan sehat 

16 Februari 2020

Untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh Anak, Berikan 5 Makanan Baik Ini
Freepik

Musim pancaroba memang kerap membuat kesehatan anak-anak menjadi tidak menentu.

Dengan banyaknya bakteri, parasit, virus dan radikal bebas maka orangtua perlu meningkatkan daya tahan tubuh mereka. 

Dikutip dari Avogel.co.uk, anak-anak mudah terkena virus. Rata-rata orang dewasa akan terserang flu 2-4 kali setahun, sedangkan anak-anak 2 kali lebih mungkin terkena infeksi virus ini. Itu karena resistensi imun terhadap infeksi lebih rendah pada anak.

Mulai dari sekarang, bantu memperkuat sistem kekebalan anak untuk melawan infeksi berbagai penyebab penyakit. 

Berikut Popmama.com berikan 5 daftar makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak, diantaranya :

1. Bayam membantu tubuh untuk mengikat oksigen

1. Bayam membantu tubuh mengikat oksigen
Freepik/Racool_studio

Pastikan bahwa anak mendapatkan vitamin A dan E yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan yang kuat.

Dikenal sebagai makanan super, bayam yang kaya nutrisi dan zat besi dapat mengikat oksigen di dalam tubuh dan mencegah risiko anemia pada anak.

Health.Clevel and Clinic mengatakan, untuk membantu anak-anak menghindari sakit penting mendorong kebiasaan yang baik dan mengambil langkah-langkah dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka sejak usia dini.

Selain itu, sayuran sehat ini mengandung beta karoten dan pigmen yang nantinya berubah menjadi vitamin A saat dicerna tubuh. Nutrisi tersebut bisa meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi.

Editors' Picks

2. Brokoli melindungi tubuh dari kerusakan

2. Brokoli melindungi tubuh dari kerusakan
Pixabay/ExplorerBob

Ketika daya tahan tubuh dalam kondisi baik, penyakit akan dengan mudah dihalangi.

Ya, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak nutrisi yang melindungi tubuh dari kerusakan. 

Dilansir dari Family Education, semua makanan mungkin menyehatkan. Tapi beberapa makanan lebih baik daripada yang lain, terutama untuk anak-anak. Brokoli memasok banyak vitamin dan mineral dalam dosis sehat membantu menangkal kerusakan sel anak.

Di mana brokoli kaya akan vitamin A, C, dan E yang bertindak sebagai molekul antioksidan.

3. Buah citrus membersihkan tubuh anak dari racun

3. Buah citrus membersihkan tubuh anak dari racun
Freepik/drobotdean

Sistem kekebalan anak tidak sekuat orang dewasa. Ketika mereka tumbuh, tingkat kekebalannya mencapai kematangan di awal masa remaja.

Sementara buah citrus seperti jeruk adalah sumber mineral dan vitamin C untuk membangun sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan produksi sel darah putih.

Menurut Food.NDTV.com, infeksi tidak peduli seberapa berbahayanya bagi tubuh.

Cara terbaik untuk mengatasinya dengan pemberian vitamin C yang dalam membantu meningkatkan energi dan membersihkan tubuh anak dari racun.

Bahkan beberapa jenis buah citrus juga kaya akan bio flavonoid, yakni bertugas membunuh radikal bebas penyebab kanker pada anak usia dini.

4. Kacang almond merupakan sumber vitamin E

4. Kacang almond merupakan sumber vitamin E
Pixabay/Alexei_other

Kacang almond merupakan sumber vitamin E yang memegang peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh.

Very Well Family menjelaskan, sekolah adalah banyak tempat di mana anak-anak belajar mengembangkan keterampilan sosial dan menjadi individu yang mandiri. Tapi ini juga bisa menjadi tempat di mana mereka mengambil kuman dan membawa pulang penyakit.

Dengan beberapa kebiasaan sehat seperti mengonsunsi seperempat cangkir kacang almond, kabdungan riboflavin, niacin dan vitamin B sangat bagus untuk sistem pertahanan tubuhnya.

5. Yogurt melawan kuman lain yang membuat anak sakit

5. Yogurt melawan kuman lain membuat anak sakit
Freepik

Cuaca sedang tidak menentu. Mau tak mau, tubuh anak harus siap diterpa hujan deras maupun terik panas matahari yang bisa menimbulkan berbagai gejala penyakit.

Healthline memaparkan,
probiotik digunakan untuk mengisi kembali bakteri baik dalam tubuh. Di mana probiotik membantu pencernaan, menyerap nutrisi dan melawan kuman lain yang membuat anak sakit.

Ya, yogurt rendah lemak meningkatkan imunitas pada anak. Selain itu, yogurt kaya akan vitamin D yang meregulasi sistem daya tahan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

Demikianlah kelima daftar makanan baik untuk menjaga kekebalan tubuh anak. Jangan sampai orangtua melewatkan menu makanan si Kecil.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.