7 Tips Aman dan Nyaman Staycation di Hotel bersama Anak

Yuk, jadikan staycation Mama dan keluarga jadi anti drama

28 Mei 2022

7 Tips Aman Nyaman Staycation Hotel bersama Anak
Pexels/PNW Production

Masih mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia membuat banyak tidak bisa melakukan banyak kegiatan di luar rumah. Alhasil, rasa jenuh pun banyak dirasakan sejumlah orang.

Sebagai salah satu cara untuk mencegah kejenuhan dan stres di masa pandemi, serta mulai diberlakukannya kebijakan new normal, staycation atau menginap di hotel menjadi alternatif yang dipilih oleh banyak orang.

Jika dalam waktu dekat ini Mama dan Papa memutuskan untuk mengajak si Kecil staycation bersama, berikut Popmama.com telah merangkum 7 tips aman dan nyaman staycation bersama anak.

Bikin liburan singkat keluarga jadi anti drama nih, Ma!

1. Pilih hotel dengan standar prokes ketat

1. Pilih hotel standar prokes ketat
Freepik

Meski kasus penyebaran virus corona sudah mulai berkurang, namun sebagai orangtua tetap perlu waspada dan memberikan perhatian khusus bagi buah hati tercinta.

Salah satu tips utama saat memutuskan staycation bersama si Kecil di masa pandemi adalah memilih hotel dengan standar prtokole kesehatan (prokes) yang ketat. Mulai dari sanitasi ruangan, pengecekan suhu tubuh, dan lainnya.

Selain adanya prokes yang memadai dari pihak hotel, kita sebagai pengunjung pun perlu menerapkan hal serupa demi liburan yang aman dan nyaman bersama keluarga.

2. Pilih lokasi hotel yang masuk dalam zona hijau

2. Pilih lokasi hotel masuk dalam zona hijau
Pexels/Max Vakhtbovych
Lokasi karantina di Surabaya, Jawa Timur

Mengingat masih dalam masa pandemi yang belum juga usai, Mama dan Papa bisa memilih hotel yang masuk dalam zona hijau atau aman dari kasus Covid-19.

Tujuannya adalah untuk menghindari risiko terjadinya penyebaran virus corona pada anggota keluarga, termasuk anak-anak yang ikut serta dalam staycation ini. 

Editors' Picks

3. Pilih hotel yang family friendly

3. Pilih hotel family friendly
Freepik/Kuprevich

Tak sekadar memilih hotel untuk menginap bersama anak, pastikan juga hotel yang Mama dan Papa pilih cukup bersahabat untuk anak ya. Khususnya hotel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk anak seperti playground atau pun kolam renang.

Dengan adanya fasilitas tersebut, si Kecil bisa menikmati liburan singkatnya tanpa harus berada di dalam ruangan saja. Namun, pastikan untuk tetap perhatikan prokes yang ada antar sesama pengunjung ya, Ma!

4. Buat kegiatan yang menyenangkan untuk si Kecil

4. Buat kegiatan menyenangkan si Kecil
Freepik/Gpointstudio

Jika fasilitas untuk anak yang disediakan hotel masih belum beroperasi, Mama bisa menyiasatinya dengan menyusun kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan si Kecil.

Misalnya membawa sedikit maianan kesukaan anak untuk bermain bersama, atau mengajak anak bermain air di dalam kamar mandi hotel. Lakukan kegiatan apapun yang seru dan menyenangkan agar si Kecil tidak merasa bosan saat harus di kamar saja, Ma.

5. Bawa persediaan camilan kesukaan anak

5. Bawa persediaan camilan kesukaan anak
Pixabay/avitalchn

Staycation identik dengan banyaknya camilan yang disediakan untuk menemani liburan singkat bersama orang terkasih. Nah, cara ini juga bisa kok Mama terapkan saat mengikutsertakan si Kecil.

Mama bisa membawa persediaan camilan kesukaannya untuk menemani waktu santai saat menginap di hotel. Dengan begitu, anak pun akan merasa nyaman dan betah saat harus berada di dalam kamar. 

Tetapi perlu diingat, Ma. Pastikan memberikan camilan dalam jumlah yang sewajarnya ya! Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena terlalu berlebihan mengonsumsi camilan, Mama bisa mengganti camilan yang lebih sehat untuk anak konsumsi.

6. Bawa medical kita untuk anak dan keluarga lainnya

6. Bawa medical kita anak keluarga lainnya
Freepik/pvproductions

Untuk membuat liburan singkat bersama si Kecil tetap aman dan nyaman, pastikan Mama juga membawa medical kit yang diperlukan ya, Ma.

Adapun medical kita yang diperlukan di masa pandemi ini adalah persediaan masker lebih, tisu basah, hand sanitizer, sabun cuci tangan, cairan disinfektan, vitamin, dan obatan lainnya yang sekiranya dibutuhkan.

7. Menentukan kamar dan tempat tidur yang memadai

7. Menentukan kamar tempat tidur memadai
Freepik/katemangostar

Jika ingin liburan bersama anak menjadi lebih nyaman, pastikan Mama dan Papa memilih hotel dengan jenis kamar dan tempat tidur yang memadai. Misalnya memilih tempat tidur bertipe double bed atau king bed agar lebih luas.

Selain pemilihan tempat tidur, Mama juga bisa memilih kamar dengan tipe connecting room jika memboyong seluruh anggota keluarga. Fasilitas kamar seperti ini banyak dipilih oleh keluarga yang membawa banyak anak.

Kamar tipe ini nantinya sudah dilengkapi dengan pintu penghubung yang lebih memudahkan orangtua dalam mengawasi anak-anak mereka di kamar lainnya. Jadi lebih luas deh, Ma!

Nah, itulah tips aman dan nyaman staycation bersama anak di masa pandemi. Yuk, coba tips di atas agar liburan keluarga menjadi lebih bermakna tanpa drama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk