4 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Buku Anak

Agar bermanfaat, sesuaikan buku dengan usianya ya Ma

18 Juni 2020

4 Hal Harus Diperhatikan Dalam Memilih Buku Anak
Pexels/cottonbro

Sebagai orangtua, tentu kita menginginkan yang terbaik untuk anak di masa depan. Salah satunya mengininkan anak yang memiliki kegemaran pada buku dan literasi sejak kecil, sebab buku memiliki segudang manfaat yang baik untuk perkembangan anak.

Tak melulu bermain, anak diharapkan dapat memiliki waktu khusus untuk membiasakan membaca berbagai buku yang sesuai dengan usianya.

Perlu Mama ketahui untuk tidak asal memilih dan membacakan buku pada anak, ternyata ada seni memilih buku cerita juga lho!

Tetapi, seberapa manfaatnya buku bagi anak juga tergantung pada kesesuaian buku yang dibacakan padanya, Ma.

Seperti yang diunggah oleh Mama Saskhya Prima selaku Co-Founder Tiga Generasi terkait hal-hal yang harus diperhatikan orangtua dalam memilih buku untuk buah hatinya.

Berikut Popmama.com telah merangkum apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih dan membelikan buku untuk anak. Sesuaikan dengan tahap perkembangan anak ya, Ma.

1. Perhatikan usia anak

1. Perhatikan usia anak
Freepik/jcomp

Untuk menyesuaikan buku yang akan dipilih untuk anak, pertama Mama harus menyesuaikan tahap perkembangannya sesuai dengan usia anak. 

Untuk anak usia 2-3 tahun, Mama sudah bisa mengenalkan buku berbahan kertas sebab ia sudah bisa membalikkan buku sendiri tanpa perlu dibantu. Pilih juga buku yang interaktif dengan berbagai media dan disertai kalimat/kata yang repetif dan mudah diingat anak. Pilih juga buku yang bisa memperkenalkan karakter cerita populer dan hal-hal yang ingin Mama ajarkan padanya.

Berbeda untuk usia anak 4-5 tahun yang tentunya lebih beragam. Pada usia ini biasanya anak sudah bisa menunjukkan tipe gambar/cerita kesukaannya dan sudah bisa memilih buku pilihannya sendiri. Anak juga sudah bisa mengasosiasikan cerita dengan kehidupannya, sehingga Mama bisa memilihkan buku cerita dengan pesan moral yang lebih kompleks.

Editors' Picks

2. Bentuk fisik buku yang dipilih

2. Bentuk fisik buku dipilih
Pexels/Lina Kivaka

Sebelum memilih buku, Mama perlu memperhatikan fisik buku yang akan dipilih. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

  • Perhatikan keterangan hazardous buku dan pilih buku dengan pinggiran yang tidak tajam ya, Ma!
  • Perhatikan kemudahan anak dalam membuka halaman, membawa serta memegang buku.
  • Perhatikan juga apa saja stimulus yang menjadi fitur pada buku.

3. Visual yang tertera pada buku

Agar anak dapat memahami buku sesuai dengan tahapan usianya, Mama bisa memerhatikan visual yang terdapat pada buku yang dipilih. Visual yang tertera biasanya berupa ukuran gambar/ilustrasi buku, warna-warna gambar di buku, dan gambar-gambar yang menjadi familiar bagi anak selama membaca buku tersebut.

4. Perhatikan kata yang tertulis dalam buku

4. Perhatikan kata tertulis dalam buku
Freepik

Seberapa banyak kata dan seberapa panjang cerita dalam buku juga bisa menjadi pertimbangan yang sesuai dengan pemahaman dan minat anak. Kembali lagi ke tahap awal yaitu usia, pilih buku dengan kata yang tidak terlalu banyak sesuai usia anak ya, Ma.

Selain memudahkan anak untuk memahami cerita yang tertulis, tentunya agar anak tidak mudah bosan dalam melihat kata yang begitu banyak dalam satu halaman buku.

Itu dia hal-hal yang harus Mama perhatikan sebelum memilih dan membelikan buku pada anak.

Mendidik anak untuk terbiasa membaca sejak kecil memang baik, tetapi perhatikan hal-hal di atas agar anak merasakan manfaat dari membaca buku ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.