4 Cara Membiasakan si Kecil agar Suka Makan Sayur

Yuk, biasakan si Kecil makan sayur, Ma

5 Desember 2021

4 Cara Membiasakan si Kecil agar Suka Makan Sayur
Freepik

Kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi tumbuh kembang anak. Hal tersebut bisa didapatkan dengan menerapkan menerapkan pola hidup yang sehat.

Pola hidup sehat itu sendiri harus dibiasakan sejak dini, Ma. Sebab, di usia tersebut merupakan masa-masa awal dari perkembangan dan pertumbuhan fisik dan otaknya.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan memengaruhi kualitas kesehatan dan juga imun tubuh yang diperlukan si Kecil dalam menunjang produktivitas sehari-hari.

Meski tidak mudah, Mama bisa menyiasatinya dengan memberikan si Kecil untuk makan sayur.

Havid M, CEO Mamang Sayur mengatakan bahwa membiasakan anak untuk makan sayur memang sulit, tetapi bisa disiasati dengan mengolah sayur semenarik mungkin agar makan sayur terasa nikmat. Namun, Mama tidak perlu khawatir.

Sebab, MamangSayur menyediakan beragam resep masakan menarik yang dapat diakses dengan mudah di aplikasi, sehingga kebutuhan sayur berkualitas dapat terpenuhi.

Berikut ini telah Popmama.com rangkum 4 cara membiasakan si Kecil makan sayur yang bisa Mama coba. Disimak yuk, Ma!

1. Membuat jus sayur dengan tambahan buah

1. Membuat jus sayur tambahan buah
Pexels/polina-tankilevitch

Mengutip Harvard School of Public Health ,nutrisi sayur dan buah dapat meminimalisir gangguan pada mata, gangguan pencernaan, penyakit jantung, stroke, hingga risiko kanker.

Mengolah sayur menjadi jus dan menambah buah-buahan, si Kecil akan lebih mudah menerima sayur tersebut. Dengan begitu, Mama tidak perlu bersusah payah untuk memaksakan si Kecil makan sayur.

Mama bisa mencampurkan sayur, seperti brokoli, wortel, bit, seledri, bayam, dan kale dengan buah yang kaya akan protein dan memiliki rasa manis. Selain itu, Mama juga bisa mencampurkannya dengan yoghurt, sehingga rasa pahit dari sayur tidak akan terlalu berasa saat si Kecil meminumnya.

Editors' Picks

2. Memberi reward untuk anak yang memakan sayur

2. Memberi reward anak memakan sayur
Pexels/cottonbro

Biasanya, anak-anak akan semakin bersemangat dan termotivasi apabila diiming-imingi reward. Dengan begitu, anak akan terbiasa makan sayur secara perlahan, bahkan bisa menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya.

Akan tetapi, Mama jangan memberikan reward yang berlebihan ya. Sebab, pemberian reward yang berlebihan akan membuat anak akan selalu mengharapkan hadiah setiap makan sayur.

Selain itu, Mama juga bisa mengapresiasinya dalam bentuk pujian.

3. Kreasikan sayur semenarik mungkin

3. Kreasikan sayur semenarik mungkin
Freepik/rawpixel-com

Sayuran yang telah diolah atau dicampurkan dengan bahan makanan lainnya bisa disajikan dalam bentuk lain.

Sebagian besar orang yang mengkreasikan sayu memang bertujuan untuk menambah ketertarikan anak untuk makan sayur.

Mama bisa menyajikannya dalam bentuk dan penataan yang unik, seperti membuat sayuran menjadi puding, membuat bentuk hewan di atas nasi menggunakan potongan sayuran, memotong sayur dengan cetakan khusus agar membentuk pola yang lucu, hingga membuat karakter favorit si Kecil.

Selain itu, Mama juga bisa menambahkan daging pada capcay atau menambahkan saus keju pada sayur.

4. Ganti variasi sayur tiap hari

4. Ganti variasi sayur tiap hari
Freepik

Supaya si Kecil tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja, Mama harus mengganti variasi sayur setiap harinya.

Dengan mengganti variasi sayur setiap hari, rasa penasaran si Kecil mengenai menu baru akan tergugah, sehingga memungkinkan ia memakan makanan tersebut.

Selain itu, Mama juga dapat mengetahui variasi sayur mana yang si Kecil sukai.

Itulah 4 cara membiasakan si Kecil untuk makan sayur. Kualitas sayuran yang baik adalah salah satu kunci utama dalam menerapkan 4 cara membiasakan si Kecil untuk makan sayur tersebut. Yuk dicoba di rumah, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.