Pantau Berat Badan Bayi secara Berkala dengan 7 Timbangan Digital Ini

Tinggi dan berat badan menjadi panduan tolak ukur pertumbuhan bayi

26 Juli 2021

Pantau Berat Badan Bayi secara Berkala 7 Timbangan Digital Ini
Instagram.com/acraftmanagerie

Perkembangan setiap bayi berbeda-beda, Ma. Ada yang lebih cepat dalam beberapa hal seperti penambahan berat badan, ada juga yang tidak.

Dilansir dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), masa pertumbuhan tercepat seorang anak adalah pada 1000 hari pertama kehidupan (1.000 HPK), yang dinilai sejak awal kehamilan hingga ulang tahun kedua bayi. Pada masa ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya.

Jika ada gangguan pertumbuhan yang tidak terdeteksi dan tidak diintervensi menyebabkan efek jangka panjang yang dapat menurunkan kualitas hidup anak, Ma.

Berat badan bayi biasanya menjadi salah satu tolak ukur pertumbuhan . Karena itu sangat penting untuk mengikuti pertumbuhan berat badannya.

Normalnya, berat badan akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia bayi. Mama harus memantau dan mencatat pertumbuhannya.

Agar penambahan berat badan bayi dapat terpantau, Mama dapat membeli sebuah timbangan khusus untuk bayi. Tapi timbangan apa yang cocok untuk si Kecil? Yuk, simak rekomendasi timbangan untuk bayi dari Popmama.com berikut ini, Ma.

1. Beurer Baby Scale

1. Beurer Baby Scale
Shopee.co.id

Detail unit pengukuran lima gram pada timbangan ini membuat pemantauan penambahan berat badan menjadi lebih mudah.

Timbangan bayi dari Beurer ini dilengkapi dengan abrasion-resistant rubber feet yang membuatnya tidak mudah bergeser dari tempatnya. Memiliki bentuk permukaan cekung sehingga mengurangi risiko si Kecil jatuh saat ditimbang.

Timbangan dari Beurer memiliki garansi sampai lima tahun sejak tanggal pembelian. Jadi Mama tidak perlu khawatir jika produk bermasalah.

Harga Rp 1.250.000

2. GEA Timbangan Digital

2. GEA Timbangan Digital
Shopee.co.id

Dengan harganya yang ekonomis, timbangan bayi dari GEA tetap memiliki berbagai fungsi yang tidak kalah dengan timbangan lain.

Layar LCD yang lebar memudahkan Mama untuk melihat hasil pengukuran. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan memori untuk menyimpan dan membandingkan hasil pengukuran. Mama dapat menyimpan data pengukuran berat badan beberapa bayi di rumah.

Harga Rp 309.000

Editors' Picks

3. Laica Children’s Scale

3. Laica Children’s Scale
Tokopedia.com/Alkes-Jakarta

Timbangan Laica memiliki berat tak lebih dari 3 kg dengan dimensi 55 cm x 29,5 cm x 14,5 cm. Memiliki tatakan yang dapat dilepas, timbangan ini dapat digunakan sambil tiduran atau berdiri.

Timbangan dari Laica menggunakan baterai tipe 6LR61. Memiliki detail unit pengukuran hingga 10 gram, Mama bisa mendapatkan hasil yang akurat untuk berat badan si Kecil. Selain berat badan, timbangan digital ini juga dapat mengukur tinggi badan si Kecil, Ma.

Harga Rp 1.067.500

    4. OneMed Timbangan Bayi Digital

    4. OneMed Timbangan Bayi Digital
    Carousell.com

    Timbangan bayi digital dari OneMed dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar. Mampu menyimpan data delapan pengguna lengkap dengan riwayat datanya. Jadi Mama dapat menyimpan data beberapa pengguna, misalnya jika ada lebih dari satu bayi di rumah.

    Timbangan ini memiliki kapasitas pengukuran maksimal 25 kg, menggunakan empat baterai AAA. Dengan LCD yang besar, membuat Mama lebih mudah melihat hasil penimbangan.

    Harga Rp 469.000

    5. Rossmax Qutie

    5. Rossmax Qutie
    Rossmax.com

    Timbangan bayi dari Rossmax dilengkapi dengan berbagai fungsi yang menarik. Selain fungsi tera, juga memiliki fungsi HALT untuk mengukur berat saat bayi sedang aktif bergerak.

    Tidak lama setelah digunakan, timbangan ini akan mati dengan sendirinya. Jadi tidak masalah jika Mama lupa untuk menekan tombol off pada timbangan.

    Memiliki detail unit pengukuran hingga 5 gram dengan kapasitas minimum 100 gram dan kapasitas maksimumnya 20 kg.

    Harga Rp 1.100.000

    1. Serenity Digital Baby Scale

    1. Serenity Digital Baby Scale
    Serenityindonesia.com

    Timbangan bayi digital dari Serenity merupakan salah satu merek timbangan bayi yang mudah digunakan, Ma. Timbangan ini secara otomatis menyala bila Mama meletakkan si Kecil di atasnya dan akan mati secara otomatis beberapa saat setelah digunakan.

    Dilengkapi dengan papan pengukur tinggi badan, jadi Mama pun dapat memantau perkembangan tinggi badan bayi. Timbangan dari Serenity memiliki fungsi ”Block” yaitu mengunci angka timbangan walaupun sang Bayi sedang bergerak.

    Serenity digital baby scale juga dilengkapi dengan low power indicatoryang akan memberi informasi jika baterai hampir habis. Selain itu, timbangan ini juga dilengkapi dengan bantalan empuk yang membuat si Kecil merasa nyaman saat ditimbang.

    Harga Rp 600.000

    7. Unique Baby Scale

    7. Unique Baby Scale
    Alibaba.com

    Tidak semua bayi merasa nyaman saat ditimbang, sebagian mungkin ada yang menangis. Apakah bayi mama termasuk dalam kelompok yang tidak suka ditimbang?

    Jika ya, Mama dapat mencoba timbangan bayi dari Unique ini. Timbangan ini dilengkapi dengan fitur tambahan berupa musik . Musik ini akan menarik perhatian bayi sehingga ia tidak rewel saat dilakukan penimbangan.

    Timbangan ini memiliki detail unit pengukuran hingga 10 gram, menggunakan baterai AA sebanyak empat buah.

    Timbangan bayi dari Unique ini juga dilengkapi fungsi tera, indikator baterai, dan indikator overload sehingga makin aman digunakan.

    Harga Rp 708.000

    Itulaah tujuh rekomendasi timbangan bayi yang bisa Mama pilih. Pemantauan berat dan tinggi badan bayi penting untuk dilakukan. Ini untuk mengetahui apakah bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

    Nah, timbangan mana yang akan Mama beli?

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.