Kenalkan Anak pada 'Game Lab', Tempat Kreatif Produksi Game

Game lab ini dibuat untuk semangat para gamers dalam menciptakan game sendiri

20 Mei 2022

Kenalkan Anak 'Game Lab', Tempat Kreatif Produksi Game
Press Release/Kingston Gaming Lab

Apakah anak mama senang bermain game? Yup memang tak sedikit anak yang senang bermain game, baik di ponsel pintar atau di komputer. Namun pernahkah anak terpikirkan untuk belajar merangkai game buatan sendiri?

Pasti menyenangkan sekali, bukan?

Nah anak mama, dapat belajar memproduksi game-nya sendiri di sebuah tempat bernama 'Game Lab'.

Game Lab adalah lingkungan pemrograman untuk membuat animasi dan game sederhana, dengan objek dan karakter yang berinteraksi satu sama lain.

Di sini anak bahkan bisa merancang animasi atau game, kode dengan blok, atau JavaScript agar permainan berfungsi, lalu bagikan aplikasi dalam hitungan detik.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa tempat Game Lab yang tersebar di seluruh dunia. Lihat yuk ada di mana saja!

Editors' Picks

1. ATEC (Dallas, Amerika Serikat)

1. ATEC (Dallas, Amerika Serikat)
atec.utdallas.edu

Pertama adalah ATEC yang merupakan bagian dari University of Texas in Dallas, Amerika Serikat. Di sini, para siswanya dapat belajar bekerja dalam lingkungan profesional, yang disimulasikan menggunakan alat dan mesin permainan yang relevan dan berkualitas.

Mereka juga memiliki beberapa fasilitas yang menunjang proses pembuatan game, seperti:

  • Penelitian kreatif animasi
  • Lab Animasi CG
  • Lab Studi Media Kritis
  • Lab Animasi eksperimenta.l.
  • Lab Game
  • Lab Penelitian Game
  • Lab Mograf
  • Lab Tangkap Gerak
  • Lab Penelitian Sistem Narasi
  • Studio untuk Memediasi Permainan

ATEC telah menghasilkan beberapa game yang dapat dimainkan dengan kualitas tingkat profesional. Misalnya seperti, Telemancer: September's Story, Galaxy Busters Elite, Drosera, 123 Date with Me, Jetpack Penguin, dan masih banyak lagi.

2. Drexel University RePlay (Filadelfia, Amerika Serikat)

2. Drexel University RePlay (Filadelfia, Amerika Serikat)
replay.drexel.edu

Sebuah universitas di Filadelfia, Amerika Serikat mengembangkan Game Lab-nya sendiri. 

Game Lab ini dimiliki oleh Departemen Media Digital Drexel memiliki jurusan Seni Game dan Produksi yang meningkatkan keterampilan dasar desain, seni, pemrograman, pemodelan 3D, animasi, produksi audio, dan video, dan penggunaan alat-alat industri seperti Maya.

Fakta menarik di universitas ini adalah, mereka memiliki jurusan Media Digital adalah salah satu program tertua di Amerika Serikat.

Mereka memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang para calon pengembang dalam membuat game, seperti:

  • Teater 3D 80 kursi
  • Studio Layar Hijau/Tangkapan Gerak
  • Studio Rekaman Audio
  • 2.5 Ton kendaraan Platform Gerak 3DOF
  • Unit VR CAVE dan ROVR stereoskopik
  • 100+ Teknologi Boxx Dual-Monitor & workstation Mac Pro
  • Konsol dan pengontrol Wii, Xbox 360, dan Playstation III
  • 16 Kamera Vicon sistem penangkapan gerak (mocap)
  • Pemindai 3D
  • Pelacak Mata
  • Proyektor teater stereoskopik 3D
  • 2 Layar Sentuh Multisentuh 32"
  • Tablet Wacom
  • Unit iPod touch/iPad
  • Phantom haptics
  • Dan masih banyak lagi.

Dari Game Lab ini, Drexel University RePlay juga telah meraih sejumlah prestasi, seperti Rekor Dunia Guinness 2014 sebagai 'Tampilan Videogame Arsitektur Terbesar' dan Juara 1 Proyek Mahasiswa Terbaik dalam Penghargaan Unity 2013 di Unite Conference.

3. Kingston FURY Gaming Lab (Taiwan)

3. Kingston FURY Gaming Lab (Taiwan)
Press Release/Kingston Gaming Lab

Jika dua tempat di atas mengharuskan calon pengembang untuk mengambil mata kuliah, ada Game Lab yang bisa digunakan oleh para gamers di seluruh dunia, yaitu Kingston FURY Gaming Lab

Kingston FURY, salah satu divisi dari Kingston Technology, mendukung semangat para gamer dengan meresmikan Kingston FURY Gaming Lab pertama di dunia yang berlokasi di kantor APAC di Hsinchu Science Park, Taiwan. 

Langkah ini sekaligus menunjukkan komitmen Kingston dalam menciptakan ekosistem game yang komprehensif.

Mereka mengintegrasikan solusi dan teknologi game yang menarik dengan menghadirkan pengalaman lebih mendalam melalui gabungan solusi memori dan penyimpanan Kingston FURY pada pengaplikasian kehidupan nyata. 

“Kami menantikan para gamer, overclocker, dan mitra untuk berpartisipasi dalam penyempurnaan dan optimalisasi produk Kingston FURY sekaligus membantu kami dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang” ucap Kevin Wu, Sales/Marketing and Business Development Vice President of APAC. 

Game lab yang dibangun oleh produsen produk memori dan solusi teknologi ini, dirancang untuk mewujudkan energi penuh semangat. Dengan desain ruangan memiliki nuansa merah menyala dan hitam pekat.

Pencahayaan Game lab ini, juga dilengkapi dengan LED yang menyerupai efek pencahayaan RGB yang menarik dan telah digunakan para gamer di seluruh dunia. 

Salah satu fasilitas yang menarik dari Kingson FURY Gaming lab ini adalah, ruang gaming-nya yang terbagi atas tiga zona, yaitu: 

Zona A

Pilar berbentuk DRAM merupakan area permainan interaktif dimana pengunjung dapat mengetahui tipe gamer manakah mereka, serta produk yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Zona B

Tempat dimana modder PC top dunia untuk merancang tiga build PC: FURY Racing Spacecraft, Memory Nexus, dan FURY Jet Pack. Mod pada zona ini mendorong semangat dan citra inovatif.

Zona ini ditujukan untuk memberikan ruang bagi para gamer dalam meningkatkan kemampuan mereka.

Tiga PC dan satu laptop yang ditampilkan di Zona B dilengkapi dengan berbagai produk Kingston FURY, termasuk memori DDR5, SSD Renegade PCIe 4.0, dan SODIMM DDR5 Impact terbaru untuk laptop dan mesin dengan faktor bentuk kecil yang memenuhi kebutuhan gamer mainstream dan ekstrim. 

Zone C 

Memberikan gambaran yang lebih dalam terkait proses perakitan Kingston dan aliansi strategisnya dengan mitra industri guna memastikan kompatibilitas dan kinerja platform berjalan dengan sempurna. 

Tak hanya gaming lab, Kingston FURY juga menampilkan efek pencahayaan RGB baru untuk memori DDR5, menampilkan 16 preset termasuk countdownfireworksflames, dan ritme efek khusus dikendalikan oleh perangkat lunak Kingston FURY CTRL.

Di sini para pengguna dapat mengatur warna dan kecepatan skema pencahayaan agar sesuai dengan estetika game mereka. Memori Kington FURY Beast DDR5 RGB akan tersedia pada kuartal kedua tahun ini. 

Nah itulah tempat Game Lab di seluruh dunia yang dapat menunjang para gamer untuk tetap kreatif dan inovatif dalam hal menciptakan game. Jika anak mama tertarik mengunjunginya, pastikan Mama juga hadir untuk mendampingi anak selama di sana ya!

Yuk kita doakan agar segera ada game lab di Indonesia! Agar anak-anak dan gamers dari tanah air dapat menunjukkan kegigihannya dalam memproduksi game.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk