Belajar Bersama Anak: Dampak Pencemaran Sungai

Yuk, Ma ajari anak kira-kira apa saja dampak dari pencemaran sungai?

20 Januari 2022

Belajar Bersama Anak Dampak Pencemaran Sungai
Freepik/macrovector

Sungai memiliki peran yang besar bagi kehidupan makhluk hidup, mulai dari habitat hewan dan tumbuhan, serta memenuhi kebutuhan manusia. 

Manfaat sungai sangatlah banyak. Mulai dari menjadi sumber mata pencaharian, membantu kincir air bekerja membangkitkan listrik sampai mencegah terjadinya banjir.

Merawat, menjaga dan bertanggung jawab untuk melestarikan sungai perlu dimiliki semua orang, termasuk Mama dan si Kecil nih. 

Jika sungai tercemar, kotor, dan rusak, maka dampak negatif kerugian akan dirasakan oleh semua makhluk hidup yang memanfaatkannya. 

Bicara tentang kerugiannya, kira-kira apa saja ya dampak dari pencemaran sungai ini? Berikut Popmama.com akan merangkumnya. 

Editors' Picks

1. Pengertian pencemaran sungai

1. Pengertian pencemaran sungai
Freepik/vectorpouch

Dilansir dari rumah.com, pencemaran sungai merupakan salah satu bentuk dari pencemaran air yang membuat sungai menjadi terkontaminasi dan kehilangan fungsinya.

Pencemaran bisa terjadi karena kurangnya rasa tanggung jawab dari manusia dengan membuang berbagai bentuk limbah ke dalam sungai dan mengakibatkan kondisi sungai terus mengalami penurunan.

Air merupakan sumber daya alam yang penting bagi makhluk hidup. Tanpa adanya air yang bersih, makhluk hidup tidak dapat hidup secara normal. Jumlah air yang ada di muka bumi tidak mengalami perubahan, akan tetapi air tersebut mengalami perputaran yang bisa disebut juga sebagai sebuah siklus air.

Mengutip dari situs NASA Climate Kids, siklus air merupakan sebuah proses di mana air yang terdapat pada sungai, laut, danau, dan lainnya akan mengalami sebuah proses penguapan dan berubah menjadi uap air. Uap air inilah yang akan mengalami proses kondensasi yang mengakibatkan air akan jatuh kembali ke tanah dalam bentuk hujan.

Di dalam siklus air, sungai memiliki peran untuk mengaliri air dari arah hulu menuju hilir yang terletak pada laut. Kondisi dari sungai akan mempengaruhi proses siklus yang berlangsung. Sungai yang tercemar akan mengakibatkan siklus air bisa mengalami gangguan. Air sungai yang kotor akan mengalir ke laut dan mencemari seluruh biota yang berada di dalamnya.

Supaya tidak menjadi lebih parah, pencemaran sungai perlu dicegah dan perlu adanya langkah untuk mengembalikan kondisi sungai menjadi seperti sediakala. Mencegah pencemaran sungai bukanlah proses yang mudah.

Oleh karena itulah, perlu adanya kontribusi dari setiap masyarakat untuk bisa ikut serta menjaga kondisi sungai supaya bisa tetap terjaga dengan baik.

2. Penyebab dari pencemaran sungai

2. Penyebab dari pencemaran sungai
Freepik/Vectorpocket

Ada beberapa penyebab dari pencemaran sungai ini yang telah dirangkum dari sumber.belajar.kemendikbud, diantaranya: 

1. Limbah Industri: Jenis limbah yang berasal dari industri dapat berupa limbah organik yang bau seperti limbah pabrik tekstil atau limbah pabrik kertas. Selain itu, limbah anorganik berupa cairan panas, berbuih dan berwarna, serta mengandung asam belerang, berbau menyengat.

Saat limbah industri yang mengandung senyawa-senyawa berbahaya dari sisa kegiatan industri dibuang ke sungai dapat menyebabkan pencemaran. Akibatnya air sungai akan mengalami perubahan warna dan menimbulkan bau menyengat. Salah satu contoh limbah industri ialah cairan yang mengandung minyak, dan akan menganggu kelangsungan hidup biota sungai.

2. Limbah Rumah Tangga: Limbah rumah tangga merupakan limbah yang berasal dari hasil samping kegiatan perumahan. Seperti limbah rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah penginapan (hotel), rumah makan, dan puing-puing bahan bangunan serta besi-besi tua bekas mesin-mesin atau kendaraan. Limbah rumah tangga dapat berasal dari bahan organik, anorganik, maupun bahan berbahaya dan beracun.

3. Limbah Pertanian: Air limbah pertanian sebenarnya tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Sisa obat pembasmi hama seperti insektisida yang dibuang ke sungai dapat menyebabkan sungai kekurangan oksigen dan pada akhirnya menganggu ekosistem sungai.

3. Dampak pencemaran air sungai

3. Dampak pencemaran air sungai
Freepik/upklyak

Dilansir dari ilmugeografi.com, dampak pencemaran air sungai sangat besar bagi kehidupan manusia. Bahkan, keseimbangan ekosistem sungai juga akan terganggu. Dampak lain dari pencemaran air sungai yaitu :

  • Terjadinya banjir air sungai.
  • Timbulnya berbagai penyakit dari mikroba pathogen.
  • Sungai menjadi kumuh & tidak sedap dipandang.
  • Berkurangnya ketersediaan air bersih.
  • Air sungai kekurangan oksigen dan membahayakan kehidupan ikan-ikan di dalamnya.
  • Reaksi kimia di dalam air sungai menjadi lebih cepat.
  • Produktivitas tanaman menjadi terganggu.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang berkaitan dengan pencemaran sungai yang bisa Mama ajarkan pada anak! Semoga bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk