9 Daftar Lullaby, Lagu Pengantar Tidur untuk Anak

Lagu pengantar tidur apa yang disukai si Kecil?

9 Maret 2021

9 Daftar Lullaby, Lagu Pengantar Tidur Anak
Freepik/Sheremetaphoto

Menyanyikan lagu pengantar tidur untuk anak adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan menenangkannya saat waktu tidur mendekat.

Membiasakan menyanyi atau menyenandungkan lagu dapat menjadi bagian penting dari rutinitas waktu tidur si Kecil, seperti memberi tahu anak bahwa waktu tidur akan segera datang. Seiring pertumbuhannya, Mama juga bisa menyanyikan lagu pengantar tidur ini bersamanya.

Selain dengan menyanyikannya langsung, Mama juga bisa memutar musik atau video musik untuk membantu menidurkan anak.

Untuk memberi Mama inspirasi tentang lagu apa yang harus dinyanyikan, Popmama.com telah mengumpulkan 9 lagu pengantar tidur klasik, serta lagu dari film dan musik populer yang dapat digunakan sebagai pengantar tidur.

Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Twinkle, Twinkle, Little Star

1. Twinkle, Twinkle, Little Star
Freepik/Gpointstudio

Lagu “Twinkle, Twinkle, Little Star” mungkin sudah tak asing lagi di telinga Mama. Lirik lagunya yang berdasarkan dari puisi awal abad ke-19an oleh Jane Taylor, dan musik berdasarkan "Ah! vous dirai-je, maman, "melodi Prancis dari tahun 1761," Twinkle, Twinkle, Little Star "adalah lagu favorit setiap anak.

Kata-katanya mengungkapkan tentang mimpi, keajaiban, dan imajinasi, semua hal yang akan dialami seorang anak ketika melihat ke langit malam. Saat si Kecil semakin besar, Mama juga bisa mulai mengajari anak untuk menyanyikan lagu ini dan bernyanyi bersama.

Berikut adalah lirik lagu Twinkle, Twinkle, Little Star:

2. “Cradle Song” (Brahms’s Lullaby) atau “Wiegenlied”

2. “Cradle Song” (Brahms’s Lullaby) atau “Wiegenlied”
Freepik/Alexeg

Lagu pengantar tidur klasik lainnya, "Cradle Song" atau juga biasa dikenal dengan baris pertamanya, "Lullaby and goodnight". Sebenarnya lagu ini disusun oleh Johannes Brahms yang diterbitkan pada tahun 1868 sebagai "Wiegenlied" untuk kelahiran anak keduanya.

Lirik asli lagu “Cradle Song” ditulis dalam bahasa Jerman yang diambil dari puisi rakyat. Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, lagu ini dapat mendorong anak untuk berbaring, istirahat, dan tidur nyenyak.

Berikut adalah lirik lagu Cradle Song (Brahms’s Lullaby) atau Wiegenlied:

3. All the Pretty Little Horses

3. All the Pretty Little Horses
Freepik/Zilvergolf

Saat menyanyikan atau memutarkan musik "All the Pretty Little Horses", anak dapat tidur dengan cepat agar ia memiliki "semua kuda cantik" saat bangun. Lagu pengantar tidur yang satu ini telah direkam oleh banyak artis populer, dan bahkan menginspirasi sebuah novel dengan judul yang sama.

Mama mungkin juga merasa rileks saat menyanyikan lagu ini untuk anak saat membantunya tertidur.

Berikut adalah lirik lagu All the Pretty Little Horses:

Editors' Picks

4. “When You Wish Upon a Star”

4. “When You Wish Upon a Star”
Freepik/Jateshutter

Lagu “When You Wish Upon a Star” ini muncul dalam film animasi Disney klasik Pinocchio, yang aslinya dirilis pada tahun 1940. Lagu ini merupakan salah satu lagu film Disney dengan peringkat tertinggi dan memenangkan Academy Award tahun 1940 untuk Lagu Original Terbaik.

Liriknya dapat mudah Mama ingat, dan mendorong si Kecil untuk meraih bintang, mengikuti kata hati, dan bermimpi besar.

Berikut adalah lirik lagu When You Wish Upon a Star:

5. "Baby Mine"

5. "Baby Mine"
Freepik/superpeet

Dari film Disney tahun 1941 Dumbo, "Baby Mine" dinyanyikan oleh ibu Dumbo, yang merupakan seekor gajah sirkus yang dikurung dan menggendong Dumbo dengan belalainya. Lagu dan liriknya juga sangat cocok sebagai lagu pengantar tidur, dan memperkuat ikatan antara Mama dan anak, kenyamanan, dan rasa kasih sayang.

Berikut adalah lirik lagu Baby Mine:

6. "You Are My Sunshine"

6. "You Are My Sunshine"
Freepik/Jes2ufoto

Walaupun awalnya bukan lagu pengantar tidur, "You Are My Sunshine" menjadi salah satu lagu pengantar tidur karena liriknya yang menyentuh. Lagu "You Are My Sunshine" dianggap sebagai salah satu lagu yang paling banyak diputar dalam musik pengantar tidur populer di Amerika.

Berikut adalah lirik lagu You Are My Sunshine:

7. “Over the Rainbow”

7. “Over the Rainbow”
Freepik

Lagu “Over the Rainbow” ini berasal dari film The Wizard of Oz, yang telah menjadi salah satu lagu film paling terkenal karena menyentuh hati dan tentang mewujudkan impian. Disusun oleh Harold Arlen dengan lirik oleh Yip Harburg. Lagu "Over the Rainbow" juga telah memenangkan Academy Award pada tahun 1939.

Berikut adalah lirik lagu Over the Rainbow:

8. “Stay Awake”

8. “Stay Awake”
Freepik/Shurkin_son

Dari film Mary Poppins, lagu “Stay Awake” ini ditulis oleh Sherman bersaudara, dinyanyikan oleh pengasuh Mary Poppins. Dikisahkan dalam film tersebut, Mary tidak bisa membuat anak-anak Banks tidur setelah seharian penuh dengan aktivitas.

Jadi Mary menggunakan sedikit psikologi dalam lagu ini, yang akhirnya membuat anak-anak Banks tertidur lelap. Bagi penggemar film, ini akan menjadi cara yang unik agar anak dapat tidur dengan nyenyak.

Berikut adalah lirik lagu Stay Awake:

9. “All Through the Night”

9. “All Through the Night”
Freepik/Geargodz

Lagu “All Through the Night” ini merupakan himne yang terkenal, namun juga bisa digunakan sebagai lagu pengantar tidur anak, banyak yang menganggap lagu ini juga sebagai lagu Natal. Lagu “All Through the Night” ini pertama kali diterbitkan pada 1784, dan kemudian diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Inggris.

Liriknya mendorong anak tidur dan menjanjikan perlindungan dari malaikat pelindung dan orang yang dicintai.

Berikut adalah lirik lagu All Through the Night:

Nah itu dia Ma, 9 inspirasi lagu pengantar tidur untuk anak. Menyanyikan lagu pengantar tidur atau memainkan musik untuk anak sebelum tidur bisa menjadi momen ikatan yang indah sekaligus membantu menidurkan si Kecil.

Dari 9 lagu lullaby penghantar tidur di atas, mana yang menjadi favorit si Kecil Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.